10 Karakter Muslim Video Game Paling Populer!

Reading time:
July 15, 2013

5. Yusuf Amir (GTA IV: The Ballad of Gay Tony)

yusuf amir

Si orang Timur Tengah yang terkenal gila dan tidak mengenal rasa takut, sosok Yusuf Amir memang menjadi salah satu tokoh sentral di GTA V: The Ballad of Gay Tony.  Lahir di Dubai tahun 1977 silam, kehidupan Yusuf Amir memang harus diakui tidak mencerminkan kualitas Islami yang kuat. Bahkan sang ayah yang konservatif menyebutnya sebagai anak yang boros, pengadat, dan gila seks. Lari dari kehidupan penuh aturan sosial yang mengekang, Amir akhirnya berangkat mencari kehidupan yang baru di Liberty City.

4. Suhadi Sadono (Splinter Cell: Pandora Tomorrow)

suhadi sadono

Hampir tidak ada bukti yang secara eksplisit memperlihatkan Suhadi Sadono sebagai pejuang pemberontakan Muslim, namun fakta ia merupakan warga Indonesia yang memang mayoritas beragam Islam menjadi salah satu bukti paling kuat. Perjuangannya sendiri memang terhitung “mulia”, perang yang ia kobarkan atas nama “Indonesia” sendiri setelah Amerika Serikat dianggap telah menabrak kedaulatan Indonesia sendiri. Perjalanan dan pelatihannya bersama dengan CIA sejak masa remaja memberikannya hampir semua skill yang dibutuhkan.

3. Saladin (Civilization IV)

saladin

Tidak adil memang untuk menyertakan seorang tokoh sejarah nyata dalam list yang satu ini, namun popularitas dan ketangguhan salah satu jenderal perang terbaik di dunia – Saladin memang tidak perlu diragukan lagi. Bersama dengan pengikutnya yang gagah berani, Saladin telah berhasil memenangkan pertempuran-pertempuran epik dunia lewat beragam strategi yang mumpuni. Tidak hanya itu saja, berbagai keputusannya juga membuat ia tidak hanya dihormati oleh kawan, tetapi juga lawan-lawannya. Tidak perlu diragukan lagi, sejarah dengan jelas mencatat agama yang dianut oleh Saladin sebagai Islam. Popularitasnya yang luar biasa membuat sosok yang satu ini tidak pernah terlewatkan dari game-game strategi yang dibuat berdasarkan sejarah dunia nyata. Salah satunya? Tentu saja Civilization.

2. The Prince (Prince of Persia)

prince of persia

Nama yang misterius, The Prince dari Prince of Persia memang tampil seolah merepresentasikan sejumlah cerita 1001 malam, namun dengan cita rasa action yang lebih kental. Seorang anak dari seraogn Sultan di masa setelah Islam menguasai Persia sudah cukup untuk memberikan latar belakang yang tepat untuk menentukan latar belakang agama sosok The Prince sendiri. Latar belakang ini kian jelas setelah franchise ini kembali di-reboot lewat trilogi Sands of Time yang memberikan jalinan cerita yang jauh lebih luas.

1. Altair Ibn La-Ahad (Assassin’s Creed)

altair

Lahir di Masyaf, Syria, Altair adalah sosok assasssin legendaris yang lahir dari memori Desmond. Sepak terjangnya untuk menghancurkan Templar yang ingin menguasai dunia memang menjadi tolok ukur bagi perjuangan para Assassin di generasi selanjutnya. Cita rasa Islami yang tercermin kuat dari sosok Altair, tidak hanya dari hubungannya dengan beberapa karakter lain yang juga memperlihatkan kesan yang sama seperti sang pemimpin – Al Mualim, tetapi juga atmosfer setting yang digunakan. Penggunaan bahasa yang digunakan juga mewakili hal tersebut.

Di atas adalah 10 karakter Muslim Video Game yang tidak hanya populer, tetapi juga terhitung langka di industri game. Artikel ini tentu saja ditulis untuk hiburan semata tanpa ada keinginan dan kebutuhan untuk mendeskriditkan Islam sebagai entitas agama yang mengusung nilai-nilai kemanusiaan yang luar biasa. Fakta bahwa developer tidak pernah secara eksplisit mengemukakan siapa saja agama setiap karakter yang mereka usung membuat proses pemilihan ini terhitung sulit. Namun dengan mempelajari latar belakang sejarah, nama, dan tema cerita yang ada memperkuat dugaan bahwa setiap nama yang tercatat di atas merupakan karakter Muslim

Bagaiamana menurut Anda sendiri? Adakah karakter Muslim di industri game yang seharusnya tidak masuk ke dalam list di atas? Atau Anda mungkin memiliki list yang lebih presisi namun tidak kami sertakan di dalam 10 nama karakter ini? Jangan ragu untuk meninggalkan saran, kritik, dan komentar Anda di bawah ini. Feel free to comment and expand the list..

PS: Thanks for everyone who help me brainstorming last night..

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…