Xbox One Tidak Diprioritaskan untuk Pasar Jepang

Reading time:
July 3, 2013
japan

Sebuah berita gembira yang kemudian dinetralisir dengan berita buruk yang lain, ini tampaknya menjadi kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi konsol generasi terbaru dari Microsoft – Xbox One. Sudah mengkonfirmasikan keikutsertaan mereka pada ajang Tokyo Game Show 2013 yang akan diselenggarakan di Jepang, banyak pihak yang melihat langkah “berani” ini sebagai usaha Microsoft untuk masuk kembali ke pasar yang sulit ini. Namun nyatanya, tidak demikian. Pernyataan terbaru dari CEO dan President dari Microsoft Jepang – Yasuyuki Higuchi seolah membuyarkan harapan tersebut. Higuchi mengkonfirmasikan bahwa pasar Jepang tidak akan mendapatkan Xbox One di gelombang rilis perdana.

Hirugchi menyatakan bahwa Microsoft memang melihat Jepang sebagai negara lapis kedua untuk urusan pasar potensial, alias tidak menjadi prioritas. Dengan kekalahan yang cukup telat di generasi sebelumnya dibandingkan dengan tingkat penjualan Sony dan Nintendo, keputusan untuk tidak merilis Xbox One di Jepang bersamaan dengan negara gelombang pertama dilihat sebagai keputusan yang paling masuk akal. Sebagai konsekuensi dari kebijakan ini, Xbox One baru akan dirilis secara resmi di Jepang pada tahun 2014 mendatang, untuk tanggal rilis yang belum pasti.

xbox one1
CEO dan President dari Microsoft Jepang – Yasuyuki Higuchi mengkonfirmasikan bahwa Jepang tidak akan menjadi prioritas rilis Xbox One. Gamer Jepang baru dapat menikmati konsol ini secara resmi pada tahun 2014 mendatang.

Lantas apa konsekuensinya untuk gamer di luar Jepang seperti kita? Dengan ketidaksiapan Microsoft untuk bersaing dengan Playstation 4 dan Nintendo di pasar Jepang, maka besar kemungkinan ia akan tumbuh menjadi platform yang terasa asing dan tidak diprioritaskan oleh para developer lokal. Apakah ini akan berujung pada minimnya game-game racikan developer Jepang untuk Xbox One? Atau rilis yang lebih lambat dari gelombang pertama akan membuka lebih banyak pilihan game yang justru akan menarik gamer Jepang? Kita tunggu saja.

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…