Bungie: Destiny Lebih Baik Daripada Borderlands

Reading time:
August 1, 2013
borderlands 2

Menjadi sesuatu yang mustahil bagi developer dan publisher saat ini untuk mempertahankan “kemurnian” mekanik gameplay dari sebuah genre. Potensi untuk jatuh pada lubang kebosanan dan sensasi monoton menjadi pekerjaan berat yang harus dihindari. Oleh karenanya, developer mulai  menggabungkan beragam genre  dan menciptakan sebuah mekanik gameplay baru yang inovatif. Salah satu yang terhitung berhasil melakukannya? Tidak lain dan tidak bukan adalah produk andalan Gearbox SoftwareBorderlands. Game FPS yang dibalut dengan sentuhan RPG dan open-world ini terus mendorong gamer untuk bergerak maju. Terlepas dari popularitas yang berhasil ia pertahankan, Bungie Studios tidak takut berhadapan langsung dengan franchise ini. Mereka bahkan berani mengklaim bahwa produk terbaru mereka – Destiny akan tampil lebih baik.

Selepas proyek HALO yang menemani sepak terjang mereka, Bungie Studios akhirnya mempersiapkan Destiny sebagai batu loncatan terbaru mereka. Dibangun cukup lama, Destiny yang akan mengusung genre MMO memang memperlihatkan kesan gameplay yang serupa dengan Borderlands di beberapa demo awal yang ditunjukkan. Dunia yang terbuka luas, beragam monster yang harus dihadapi, segudang loot unik yang bisa didapatkan, cita rasa RPG lewat beragam pohon skill dan kelas karakter, serta beragam misi yang bisa diselesaikan, kemiripan ini tidak terbantahkan. Joe Staten – direktur design untuk Destiny secara terbuka mengakui bahwa mereka sangat terinspirasi oleh Borderlands. Ia bahkan menyatakan bahwa akan menjadi tindakan yang sangat bodoh untuk tidak mengikuti kesuksesan tersebut. Ketertarikan gamer pada loot dan sensasi personal yang ditawarkan setiap senjata di Borderlands dianggap sebagai fitur unik yang luar biasa.

Bungie Studios memanfaatkan celah yang tidak dimanfaatkan oleh Gearbox di Borderlands untuk menyempurnakan pengalaman tersebut di Destiny. Kekuatan utama seperti apa yang ditawarkan? Destiny akan mengusung dunia luas, gamer lain, dan interaksi sosial yang tentu saja lebih baik.
Bungie Studios memanfaatkan celah yang tidak dimanfaatkan oleh Gearbox di Borderlands untuk menyempurnakan pengalaman tersebut di Destiny. Kekuatan utama seperti apa yang ditawarkan? Destiny akan mengusung dunia luas, gamer lain, dan interaksi sosial yang tentu saja lebih baik.

Walaupun demikian, ia meyakinkan Destiny akan tampil jauh lebih sempurna dibandingkan dengan game FPS dari Gearbox tersebut. Bungie memanfaatkan celah yang gagal digunakan oleh Borderlands dan menciptakan Destiny yang lebih sempurna. Dimana kekuatan utama Destiny? Fakta bahwa ia mengusung genre MMO tentu saja memberikan potensi interaksi sosial yang jauh lebih masif dan lebih baik dibandingkan Borderlands. Walaupun sama-sama memungkinkan gamer untuk membangun tim mereka sendiri, Anda tidak akan bertemu dengan tim gamer lain di Pandora. Sementara di Destiny, ini akan menjadi pemandangan umum. Gamer lain akan berperang dan menjalani misi yang sama ataupun berbeda dengan Anda , membuka interaksi dan memungkinkan lebih banyak inovasi gameplay di sisi sosial yang lebih baik.

Destiny sendiri akan diluncurkan untuk Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, dan Xbox One tahun depan, tanpa konfirmasi yang pasti untuk platform PC. Walaupun demikian, Bungie sendiri sempat mengungkapkan bahwa kemungkinan akan hadirnya versi PC masih terbuka lebar.

Borderlands VS Destiny? Apakah klaim dari Bungie Studios ini akan terbukti? Kita tunggu saja.

 

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…