Preview Tales of Xillia: Rindu JRPG yang Terobati!

Reading time:
August 6, 2013
Tales of Xillia (79)

Tahun 2013 memang menjadi tahun yang manis untuk konsol hitam andalan Sony – Playstation 3. Berhadapan dengan akhir generasi yang sudah berada di depan mata, Sony justru terhitung berhasil membuat pesona konsol lawasnya ini menguat, tentu saja lewat serangkaian game eksklusif berkualitas tinggi. Setelah memenuhi harapan lewat The Last of Us, Playstation 3 kini dihinggapi salah satu franchise JRPG terbaik di industri game – seri Tales dari Namco Bandai.

Keunikan mekanik gameplay di awal kelahirannya membentuk popularitas yang tidak bisa disanggah. Setelah vakum cukup lama dan memenuhi harapan semua gamer pencinta Tales, Namco Bandai akhirnya merampungkan proses translasi untuk seri Tales teranyar – Xillia. Kesempatan untuk menjajal game ini akhirnya tiba!

Kesan Pertama

Dirilis eksklusif untuk Playstation 3, Tales of Xillia merepresentasikan kualitas visualisasi yang sesuai dengan konsol yang satu ini. Walaupun tidak ada yang terhitung spesial di in-game enginenya sendiri, namun kualitas animasi pembuka yang selama ini menjadi identitas seri Tales mampu dihasilkan dengan sangat baik. Sementara di sisi gameplay, sebagai sebuah seri Tales, menjadi hal yang melegakan bahwa Namco Bandai tidak menyuntikkan “inovasi” yang justru mencederai namanya sebagai salah satu franchise JRPG dengan basis fans yang terhitung masif. Ia tetap hadir dengan sensasi yang sama, meninggalkan kesan nostalgia yang akan membuat para fans seri ini kembali jatuh cinta.

Seri Tales dibangun lewat keunikan sistem battle yang untungnya tetap dipertahankan di seri ini. Anda tetap akan dapat bergerak bebas dan saling bertukar serangan Arte secara real-time dengan encounter yang kini terlihat jelas di peta. Mengusung mekanisme battle yang disebut Dual-Raid Linear Motion Battle System, Anda kini lebih mudah membangun kombo serangan dengan AI yang juga responsif terhadap kebutuhan strategis di pertempuran Anda.

Berfokus pada Link mode yang mengaitkan dua karakter dalam irama serangan yang sama, Link Mode memungkinkan gamer untuk tidak hanya menyerang atau saling melindungi, tetapi juga membangun buff menguntungkan tersendiri. The best part? Tales of Xillia memungkinkan Anda untuk mengembangkan karakter sebebas mungkin lewat sistem Lilium Orb, sesuai dengan gaya bermain Anda sendiri. Kustomisasi tampilan karakter juga menjadi nilai jual yang pantas untuk diacungi jempol.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, mengingat waktu gameplay preview ini yang baru memasuki hitungan 10 jam, izinkan kami untuk memberikan screenshot fresh from oven ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran akan apa yang ditawarkan oleh Tales of Xillia ini. Satu yang pasti, ia akan menjadi obat rindu yang mumpuni bagi para penggemar Tales yang sudah merindukan kehadiran sebuah seri terbaru.

Tales of Xillia (1) Tales of Xillia (7) Tales of Xillia (37) Tales of Xillia (39) Tales of Xillia (55) Tales of Xillia (71) Tales of Xillia (81) Tales of Xillia (91) Tales of Xillia (126) Tales of Xillia (146)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…