Menjajal Battlefield 4 Beta: Skala yang Lebih Masif!

Reading time:
October 8, 2013
battlefield 4

Persaingan antara dua nama FPS terbesar di industri game: Call of Duty dari Activision dan Battlefield dari EA memang akan memasuki babak baru dalam beberapa minggu ke depan. Berhasil menjaring basis fans yang terhitung masif berkat dukungan multiplayer yang luar biasa, EA memang tidak lagi menahan diri untuk memastikan kesuksesan Battlefield 4 untuk tahun 2013 ini. Kehadiran engine terbaru – Frostbite Engine 3.0 tidak hanya menawarkan visualisasi yang terlihat menawan di beberapa trailer dan demo yang sempat ditunjukkan oleh DICE sebelumnya, tetapi juga membuka peluang menghadirkan sensasi gaming yang jauh lebih epik. Beragam penambahan fitur pun tumbuh menjadi kekuatan baru Battlefield 4, khususnya di mode multiplayer.

Bagi Anda yang tidak sabar lagi untuk menantikan kehadiran Battlefield 4 yang siap untuk meluncur akhir Oktober 2013 ini, DICE membuka kesempatan untuk “menikmati” secuil pengalaman tersebut lewat masa beta yang ada. Dibuka untuk umum pada tanggal 4 Oktober 2013 yang lalu, Anda dapat langsung mengunduhnya via Origin dan ikut bergabung dalam masa beta yang akan ditutup pada 15 Oktober 2013 ini. Walaupun tidak sempurna, namun ini menjadi kesempatan terbaik untuk mendapatkan sedikit gambaran seperti apa multiplayer yang akan ditawarkan Battlefield 4. Map yang disediakan hanya satu – “Siege of Shanghai” menjadi pondasi yang sempurna.

Lantas bagaimana kesan pertama yang ditawarkan oleh masa beta Battlefield 4 ini? Kami akan menggalinya sedikit lebih dalam untuk Anda.

Pertempuran Dalam Skala yang Lebih Masif

Welcome to Shanghai!
Welcome to Shanghai!

DICE memang pantas untuk mendapatkan acungan jempol, terlebih karena kebijakan mereka untuk menjadikan “Siege of Shanghai” sebagai map yang  akan menemani masa beta ini. Apa pasal? Percaya atau tidak, map ini boleh terbilang sangat berhasil menjual sensasi Battlefield 4 yang jauh berbeda. Deretan gedung-gedung pencakar langit dan pertempuran di tengah kota memang menawarkan sensasi perang yang lebih epik, terlepas dari ukuran map luas yang memang sudah menjadi andalan Battlefield di masa lalu. Namun kesan masif ini justru kian menguat dengan beberapa penambahan elemen yang ada.

Sensasi ini lahir dari fakta bahwa “Siege of Shanghai” memuat satu paket lengkap pertempuran untuk memfasilitasi semua gaya bermain yang ada. Pertarungan darat, laut, dan udara dirangkum dengan sangat baik, dimana Anda bisa menggunakan ketiga elemen ini untuk mencapai keuntungan tertentu dalam pertempuran. Gedung-gedung tinggi akan menyediakan “rumah” nyaman untuk para sniper, laut akan menjadi tempat infiltrasi yang efektif, dan tank-tank akan memainkan peranan kunci di pertarungan darat. Tidak hanya ketiga elemen dalam satu map, setiap gedung tinggi di dalam map ini juga dapat dimasuki. Menggunakan elevator, Anda bisa menuju ke level tertinggi.

Darat, laut, dan udara, Siege of Shanghai menghantarkan sebuah medan pertempuran yang begitu intense.
Darat, laut, dan udara, Siege of Shanghai menghantarkan sebuah medan pertempuran yang begitu intense.
Map yang begitu luas memungkinkan setiap pemain bermain sesuai dengan perannya masing-masing.
Map yang begitu luas memungkinkan setiap pemain bermain sesuai dengan perannya masing-masing.
User-interface Deploy juga kini disempurnakan untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya tengah terjadi di
User-interface Deploy juga kini disempurnakan untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya tengah terjadi di “lapangan”.

Padat, ini mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan pengalaman yang ditawarkan oleh “Siege of Shanghai”. Dengan aksi yang meluncur dari laut, darat, dan udara, Anda hampir tidak punya waktu untuk bernafas atau sekedar santai menikmati pemandangan yang ada. Anda kini juga diberikan keuntungan strategis tertentu sebelum melakukan deploy ke medan pertempuran. User-interface disempurnakan untuk memperlihatkan gerak-gerik squad secara real-time, sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dalam aksi yang sama.

Levolution, Seberapa Signifikan?

Dua fitur utama yang diklaim akan menghasilkan pengalaman yang berbeda di BF 4: Levolution dan Dynamic Environment sudah dapat dijajal di masa beta ini.
Dua fitur utama yang diklaim akan menghasilkan pengalaman yang berbeda di BF 4: Levolution dan Dynamic Environment sudah dapat dijajal di masa beta ini.

Jika kita membicarakan fitur utama yang membuat dijual oleh DICE sejak pertama pengenalan Battlefield 4 kepada publik, maka kita tidak akan bisa lepas dari dua kata: Levolution dan Dynamic Environment. Kedua fitur ini dianggap sebagai sumber utama untuk menghadirkan pengalaman multiplayer yang lebih dinamis dan unik, dibandingkan dengan seri Battlefield sebelumnya atau bahkan franchise kompetitor yang lain. Masa beta ini menjadi waktu yang tepat untuk menguji impresi pertama yang ditawarkan.

DICE menawarkan Dynamic Environment, sebuah fitur dimana Anda berkesempatan untuk memanipulasi beberapa elemen dalaam medan pertempuran untuk mendapatkan keuntungan tersendiri. Membuka atau menutup pintu, menaikkan palang anti kendaraan, mengaktifkan sumber penerangan, hingga elemen kecil yang bisa terpicu seperti alarm mobil yang mungkin membocorkan taktik stealth Anda. Sayangnya, penerapannya sendiri ternyata tidak terasa signifikan. Ketika pertempuran berlangsung sangat cepat dan kacau, dimana semua pasukan darat berlari kesana dan kemari, hampir tidak mungkin otak Anda akan sempat berpikir untuk sekedar berhenti dan memanipulasi hal-hal kecil ini. Setidaknya, hal inilah yang kami rasakan.

Dynamic Environment memungkinkan Anda untuk memanipulasi beberapa elemen kecil di dalam map untuk menghasilkan keuntungan strategis tertentu.
Dynamic Environment memungkinkan Anda untuk memanipulasi beberapa elemen kecil di dalam map untuk menghasilkan keuntungan strategis tertentu.
Levolution, BAM!
Sayangnya Levolution di Siege of Shanghai ini tidak terasa terlalu signifikan, dan hanya terasa seperti kosmetik belaka. 
Look at that physics!
Look at that physics!
Skala kehancuran yang jauh lebih masif inilah yang menjadi pesona utama Battlefield 4 beta. Mereka ulang salah satu demo epik di E3 2013 yang memungkinkan Anda untuk memerangkap tank di basement? We've done that!
Skala kehancuran yang jauh lebih masif inilah yang menjadi pesona utama Battlefield 4 beta. Mereka ulang salah satu demo epik di E3 2013 yang memungkinkan Anda untuk memerangkap tank di basement? We’ve done that!

Levolution yang tereksekusi di “Siege of Shanghai” dengan robohnya sang gedung utama juga tidak memberikan perubahan strategi pertempuran yang terhitung krusial. Selain penambahan ekstra debu yang mengubah keseluruhan setting, beda jarak pandang sebagai konsekuensi dari fitur ini tidak lantas membuat Anda harus meraba dalam kegelapan. Levolution ini terlihat tak ubahnya sebuah fitur kosmetik, setidaknya di map yang satu ini. Hal yang menarik justru hadir dari skala kehancuran yang kini memang jauh lebih luas berkat kehadiran Frostbite Engine 3.0. Demo yang sempat ditunjukkan oleh DICE terbukti bisa diimplementasikan di demo yang satu ini. Merobohkan langit-langit gedung untuk memerangkap tank? Yeah, we’ve done that!

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…