Emulator PS 4 dan Xbox One untuk PC Mudah Dibuat?

Reading time:
December 10, 2013
xbox one ps 42

Ini mungkin menjadi salah satu kemungkinan yang begitu diimpikan oleh banyak gamer PC di seluruh dunia. Statusnya sebagai platform yang dinamis tidak hanya membuat PC lebih unggul di sisi spesifikasi perangkat keras, tetapi juga fleksbilitas perangkat lunak untuk beragam kepentingan. Salah satu yang cukup populer? Tentu saja emulator. Dengan program-program emulasi seperti ini, para pengguna PC dapat memainkan game-game konsol klasik, langsung di rig mereka, bahkan dengan ekstra perbaikan visual dan framerate yang bisa lebih diandalkan. Walaupun emulator Xbox 360 dan Playstation 3 masih jauh dari impian, namun ada satu fakta menarik yang  mungkin bisa Anda antisipasi dari konsol next-gen. Percaya atau tidak, akan jauh lebih mudah mengembangkan emulator untuk Playstation 4 dan Xbox One.

Hal inilah yang diunngkapkan oleh Ben Vanik – software engineer dalam wawancaranya dengan situs teknologi – Slashdot. Vanik mengungkapkan bahwa persamaan arsitektur x86 yang digunakan Xbox One, Playstation, dan PC akan membuat proses pembuatan emulator menjadi jauh lebih mudah. Berbeda dengan emulator sebelumnya, ia percaya bahwa gamer tidak akan membutuhkan PC hingga berkali-kali lipat lebih kuat untuk dapat menjalankan game PS 4 dan Xbox One dengan kualitas yang sama. Satu-satunya yang dibutuhkan Vanik hanya “keteledoran” Sony dan Microsoft jika sampai mereka tidak mampu menerapkan sistem keamanan yang lebih ketat.

Vanix menyatakan bahwa membuat emulator PS 4 - Xbox One akan jauh lebih mudah daripada PS 3 - Xbox 360 karena kesamaan arsitektur yang ada. Yang mereka butuhkan hanyalah satu hack di sisi hardware yang memungkinkan suntikan homebrew dan sistem operasi Linux.
Vanix menyatakan bahwa membuat emulator PS 4 – Xbox One akan jauh lebih mudah daripada PS 3 – Xbox 360 karena kesamaan arsitektur yang ada. Yang mereka butuhkan hanyalah satu hack di sisi hardware yang memungkinkan suntikan homebrew dan sistem operasi Linux.

Apakah ini berarti kita akan melihat emulator seperti ini dalam waktu dekat? Terlepas dari optimisme yang ia tebarkan, ia juga menegaskan bahwa proses emulasi seperti ini selalu membutuhkan hack di sisi hardware terlebih dahulu. Begitu hacker fisik sudah bisa memasukkan homebrew dan menyuntikkan Linux sebagai basis sistem operasi, para software engineer seperti Vanik hanya perlu membaca informasi apa saja yang dibutuhkan dan membangun emulator dari cara CPU menangani setiap perintah yang ada. Begitu homebrew sudah ada, Vanik meyakini bahwa tidak akan lama hingga emulator Xbox One dan PS 4 menyebar di dunia maya. Tantangan ekstra lainnya tentu saja bergantung pada seberapa baik kini Microsoft dan Sony menyuntikkan sistem keamanan untuk memastikan “mimpi buruk terbesar” mereka ini tidak terjadi.

Sebuah emulator yang mampu menjalankan game Playstation 4 dan Xbox One, di PC yang tidak membutuhkan spesifikasi berat, dan berjalan lancar? Impian begitu banyak gamer PC ini kini hanya bergantung pada seberapa cepat para hacker hardware bisa menyuntikkan homebrew ke dalam dua konsol next-gen ini. Yups, kami bisa melihat sebagian besar dari Anda tengah mengembangkan senyum saat ini..

Source: Slashdot

Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…