Emulator PS 4 dan Xbox One untuk PC Mudah Dibuat?

Reading time:
December 10, 2013
xbox one ps 42

Ini mungkin menjadi salah satu kemungkinan yang begitu diimpikan oleh banyak gamer PC di seluruh dunia. Statusnya sebagai platform yang dinamis tidak hanya membuat PC lebih unggul di sisi spesifikasi perangkat keras, tetapi juga fleksbilitas perangkat lunak untuk beragam kepentingan. Salah satu yang cukup populer? Tentu saja emulator. Dengan program-program emulasi seperti ini, para pengguna PC dapat memainkan game-game konsol klasik, langsung di rig mereka, bahkan dengan ekstra perbaikan visual dan framerate yang bisa lebih diandalkan. Walaupun emulator Xbox 360 dan Playstation 3 masih jauh dari impian, namun ada satu fakta menarik yang  mungkin bisa Anda antisipasi dari konsol next-gen. Percaya atau tidak, akan jauh lebih mudah mengembangkan emulator untuk Playstation 4 dan Xbox One.

Hal inilah yang diunngkapkan oleh Ben Vanik – software engineer dalam wawancaranya dengan situs teknologi – Slashdot. Vanik mengungkapkan bahwa persamaan arsitektur x86 yang digunakan Xbox One, Playstation, dan PC akan membuat proses pembuatan emulator menjadi jauh lebih mudah. Berbeda dengan emulator sebelumnya, ia percaya bahwa gamer tidak akan membutuhkan PC hingga berkali-kali lipat lebih kuat untuk dapat menjalankan game PS 4 dan Xbox One dengan kualitas yang sama. Satu-satunya yang dibutuhkan Vanik hanya “keteledoran” Sony dan Microsoft jika sampai mereka tidak mampu menerapkan sistem keamanan yang lebih ketat.

Vanix menyatakan bahwa membuat emulator PS 4 - Xbox One akan jauh lebih mudah daripada PS 3 - Xbox 360 karena kesamaan arsitektur yang ada. Yang mereka butuhkan hanyalah satu hack di sisi hardware yang memungkinkan suntikan homebrew dan sistem operasi Linux.
Vanix menyatakan bahwa membuat emulator PS 4 – Xbox One akan jauh lebih mudah daripada PS 3 – Xbox 360 karena kesamaan arsitektur yang ada. Yang mereka butuhkan hanyalah satu hack di sisi hardware yang memungkinkan suntikan homebrew dan sistem operasi Linux.

Apakah ini berarti kita akan melihat emulator seperti ini dalam waktu dekat? Terlepas dari optimisme yang ia tebarkan, ia juga menegaskan bahwa proses emulasi seperti ini selalu membutuhkan hack di sisi hardware terlebih dahulu. Begitu hacker fisik sudah bisa memasukkan homebrew dan menyuntikkan Linux sebagai basis sistem operasi, para software engineer seperti Vanik hanya perlu membaca informasi apa saja yang dibutuhkan dan membangun emulator dari cara CPU menangani setiap perintah yang ada. Begitu homebrew sudah ada, Vanik meyakini bahwa tidak akan lama hingga emulator Xbox One dan PS 4 menyebar di dunia maya. Tantangan ekstra lainnya tentu saja bergantung pada seberapa baik kini Microsoft dan Sony menyuntikkan sistem keamanan untuk memastikan “mimpi buruk terbesar” mereka ini tidak terjadi.

Sebuah emulator yang mampu menjalankan game Playstation 4 dan Xbox One, di PC yang tidak membutuhkan spesifikasi berat, dan berjalan lancar? Impian begitu banyak gamer PC ini kini hanya bergantung pada seberapa cepat para hacker hardware bisa menyuntikkan homebrew ke dalam dua konsol next-gen ini. Yups, kami bisa melihat sebagian besar dari Anda tengah mengembangkan senyum saat ini..

Source: Slashdot

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…