JagatPlay’s 2013 – A Year in Review: Thank You so Much!

Reading time:
December 31, 2013
selamat-tahun-baru-2014

Sebuah tahun yang melelahkan, tetapi juga menyenangkan di saat yang sama, tahun 2013 memang menjadi tahun spesial tersendiri bagi para gamer di seluruh dunia –  bagi Anda dan tentu saja, bagi kami. Disuguhi dengan betapa menariknya plot twist yang ditawarkan Ken Levine di Bioshock Infinite awal tahun, gerbong game-game keren terus meluncur cepat dan tanpa henti di bulan-bulan setelahnya. Kita membicarakan proses reboot yang terhitung berhasil untuk dua nama besar –Tomb Raider, “kegilaan” yang ditawarkan Naughty Dog di The Last of Us, cita rasa RPG yang terpuaskan lewat Ni No Kuni, hingga sensasi gaming luar biasa yang ditawarkan oleh Rockstar di GTA V. Tidak berlebihan rasanya jika menyimpulkan, bahwa tahun 2013 akan menjadi salah satu tahun yang akan terus diingat oleh para gamer, bahkan hingga beberapa generasi ke depan. Ada begitu banyak hal luar biasa selama 365 hari menjalani hidup sebagai seorang gamer kali ini.

Pada akhirnya, tahun 2013 menjadi sebuah pintu gerbang untuk gelombang ekspektasi yang bahkan jauh lebih menarik di tahun 2014 mendatang. Dengan resmi dirilisnya Playstation 4 dan Xbox One sebagai kekuatan baru di industri game, kesempatan untuk menikmati franchise game atau seri game terbaru dalam kualitas visual yang jauh lebih baik kini terbuka lebar. Pelan atau pasti, para developer dan publisher akan berjuang untuk mengoptimalisasi kekuatan baru ini. Di sisi yang lain, ini juga menjadi berita baik bagi para gamer PC dan Nintendo Wii U.

PC? Yups. Para developer kini tidak lagi “terkekang” dengan kelemahan konsol generasi sebelumnya dan menghasilkan proses port yang buruk. Kedekatan arstitektur dan spesifikasi juga membuat banyak developer yang kini mulai melirik PC sebagai pasar utama. Sementara Wii U? Ketika Playstation 4 dan Xbox One baru hendak membangun pondasi, konsol “next-gen” Nintendo ini mulai terlihat matang, apalagi dengan segudang game eksklusif yang siap meluncur sepanjang tahun 2014 mendatang. Satu yang pasti, dinamika yang lahir dari popularitas konsol next-gen yang tentu akan semakin meningkat seiring dengan ketersediaan barang di seluruh dunia, sudah pasti menarik.

JagatPlay – A Year in Review: We are Growing Stronger!

growing stronger
We are growing stronger than before!

Jika tahun 2013 tidak hanya menjadi tahun yang manis bagi para player secara keseluruhan, tetapi juga bagi Jagat Play sendiri. Dengan umur yang masih terhitung sangat “muda” jika dibandingkan dengan situs Indonesia lain yang membahas tentang seluk-beluk industri game, bukan perkara yang mudah untuk menentukan format “JagatPlay” yang bisa diterima oleh sebagian besar pembaca. Namun misinya tetap sama, membangun sebuah situs gaming yang lebih personal, sebuah situs gaming yang dekat dengan komunitasnya sendiri. Sulit untuk menyimpulkan apakah tujuan ini sendiri sudah berhasil dicapai atau tidak selama kurun waktu tahun 2013 ini. Walaupun demikian, tren yang ada memperlihatkan kecenderungan yang begitu positif. JagatPlay perlahan namun pasti, mulai dikenal di kalangan gamer Indonesia, termasuk para penggiat forum-forum gaming raksasa Indonesia. Kami pun tidak hanya sekedar “ada”, tetapi juga mulai tumbuh.

Tumbuh seperti karakter RPG yang dahulu tidak bisa melakukan apapun selain menyerang musuh-musuh kecil di tengah hutan, menjadi seorang petualang yang sudah dikenal NPC-NPC di kota karena satu atau dua misi berat yang berhasil dilakukan. Perjalanan memang masih begitu panjang, namun misi untuk membasmi sang boss terakhir kini terlihat lebih mungkin untuk dilakukan, apalagi dengan format skill yang kian matang. Ditambah dengan companion yang mampu menghasilkan sinergi yang mumpuni, kastil sang raja terakhir yang penuh dengan awan gelap dan gemuruh petir di ujung mata tidak lagi terlihat begitu menakutkan. Mental dan perlengkapan sudah dimiliki, yang ada kini hanyalah keberanian untuk melangkah maju dan tentu saja – bersenang-senang selama menjalani proses tersebut.

Jadi bagaimana dengan tahun 2013 secara keseluruhan untuk JagatPlay? Luar biasa, itu mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan pengalaman yang ada. Kami sendiri berjuang sebisa mungkin untuk melakukan proses review dan preview untuk setiap game baru yang lahir ke pasaran, tentu saja untuk membantu gamer mendapatkan sedikit gambaran apa yang bisa mereka antisipasi dari judul tersebut. Terbatasnya tenaga dan “ide” memang membuat kami sempat melewatkan beberapa judul, apalagi mereka yang bernaung di bawah bendera indie. Sangat disayangkan memang, namun menjadi konsekuensi yang sulit untuk dihindari. Beberapa ide “Top List” yang memuat peringkat game-game dalam kategori tertentu juga ternyata berhasil mendapatkan respon yang hangat dari para Players. Menariknya lagi? Ia menjadi salah satu media “diskusi” dan pelontaran pendapat yang terhitung konstruktif di JagatPlay. Sayangnya, semua gemuruh ini tidak bisa dinikmati oleh salah satu fitur unik JagatPlay – NostalGame. Dengan kehadiran game-game baru yang dirilis dalam jendela yang padat, sulit untuk mencari waktu yang proporsional untuk merilis artikel-artikel NostalGame secara berkala. We are sorry for that..

Format preview dan review akan tetap dipertahankan di tahun 2014 mendatang. Dan semoga saja, lebih banyak waktu untuk kembali
Format preview dan review akan tetap dipertahankan di tahun 2014 mendatang. Dan semoga saja, lebih banyak waktu untuk kembali “menghidupkan” NostalGame.
Next-gen!!
Nueeextt—gueenn..

Bagaimana dengan tahun 2014 nantinya? Misi JagatPlay sendiri tidak banyak berubah, menjadi situs gaming yang bisa Anda andalkan untuk tidak hanya mendapatkan berita-berita terbaru seputar industri game dunia, tetapi juga media diskusi yang cerdas untuk setiap konten yang ia tawarkan. Review dan preview tetap akan meluncur dalam format yang sama, tidak hanya sekedar melemparkan kritik terhadap game-game yang kami mainkan, tetapi juga beragam pandangan yang lebih personal ke dalamnya. Dengan salah satu konsol next-gen yang sudah berada di tangan –  Playstation 4, potensi untuk melihat game-game next-gen terbaru di JagatPlay kini terbuka lebar. Sementara untuk Xbox One? Masih ada begitu banyak pertimbangan sebelum memutuskan apakah konsol ini akan tiba di kantor kami atau tidak. Namun setidaknya, satu platform sudah pasti terwakili di tahun depan.

Yups, kami sedang terobsesi untuk membawa reviewer wanita ke JagatPlay, setidaknya untuk memberikan perspektif ekstra yang mungkin, lebih menarik. Of course, gak ada kriteria fisik sama sekali. But, can you resist a game reviewer if she looked like this? =)) *wink
Yups, kami sedang terobsesi untuk membawa reviewer wanita ke JagatPlay, setidaknya untuk memberikan perspektif ekstra yang mungkin, lebih menarik. Of course, gak ada kriteria fisik sama sekali. But, can you resist a game reviewer if she looked like this? =)) *wink

Kami sendiri masih berjuang keras untuk memastikan JagatPlay tampil sebagai situs gaming berbasis komunitas yang sehat. Tidak hanya sekedar berjalan satu arah, komunikasi diharapkan berjalan dua arah di setiap artikel, dimana Players akan berkesempatan untuk melontarkan argumen, kekhawatiran, atau bahkan optimisme mereka terhadap sekedar berita, developer game, atau franchise game tersendiri. Dua obsesi kami yang berusaha kami penuhi tahun depan? Menangkap lebih banyak coverage terkait game-game online yang tengah populer, baik di seluruh dunia, maupun Indonesia itu sendiri. Karena memang harus diakui, konten game online memang tidak banyak diberitakan oleh JagatPlay. Sementara obsesi terbesar kedua? Mencari game reviewer wanita untuk JagatPlay. Untuk sebuah dunia yang “didominasi” oleh laki-laki, akan menjadi sesuatu yang menarik untuk membaca sebuah sudut pandang yang lebih “feminim” dan berbeda untuk setiap game yang hadir di industri game. It’s a short term goal, but we are really excited to try to achieve both of them..

And Players, You Guys Are Awesomely Awesome!

Bravo Players! Bravo!!
Bravo Players! Bravo!!

Dan pada akhirnya, kesempatan tumbuh JagatPlay di tahun 2013 ini, yang kini pantas untuk menyandang predikat sebagai 5 besar situs game terbesar di Indonesia menurut peringkat Alexa, adalah kontribusi para Players sendiri sebagai sebuah komunitas. Termasuk Anda yang tengah membaca artikel ini, tersenyum, dan mengangguk. Tidak hanya berhasil melahirkan sebagian besar “diskusi sehat” di setiap artikel, Anda berhasil mengubah persepsi bahwa sebagian besar gamer adalah “anak-anak”. Anda melemparkan argumen dengan dasar yang valid, pendapat yang rasional dan konstruktif, dan menghindari semua kalimat-kalimat kasar kenakan-kanakan yang justru menghancurkan kredibilitas Anda sendiri sebagai seorang gamer. Tidak berlebihan rasanya jika kami melontarkan pujian bahwa Players adalah satu komunitas gamer Indonesia terbaik.

Tidak hanya sekedar membangun iklim diskusi yang lebih “sehat”, fakta bahwa Anda tidak segan untuk membagikan setiap artikel menarik JagatPlay melalui beragam perangkat media sosial yang ada – Facebook, Twitter, atau Google Plus sekalipun, menjadi salah satu senjata terampuh JagatPlay untuk menancapkan popularitas yang unik di kalangan gamer Indonesia. Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain sebuah rasa syukur dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya untuk setiap dari Anda yang menyempatkan diri untuk sekedar berbagi artikel yang menurut Anda menarik di JagatPlay. It’s a huge positive impact for us, and we LOVE it! Tidak hanya artikel, beragam gambar-gambar “unik” yang sering kami lontarkan di Fan Page, yang pada awalnya memang ditujukan untuk hiburan semata, ternyata menjadi daya tarik tersendiri.

Kami hiperbola? Sama sekali tidak, karena hal inilah yang kami rasakan. Kami sendiri bahkan cukup terkejut dengan betapa sehatnya komunitas pembaca JagatPlay seperti Anda. Tidak percaya? Lihat saja berapa banyak gamer yang tidak segan dan ragu-ragu untuk menyumbangkan key-key game original mereka – via Steam dan Origin kepada gamer yang lain via fan page JagatPlay? Semuanya dibangun atas dasar kepedulian, keinginan untuk membuat gamer yang lain merasakan sensasi game original itu sendiri. Tidak ada keuntungan sama sekali yang mereka dapat, selain sebuah tribut kecil yang memang tidak terasa signifikan. Melihat momen seperti inilah, kami sendiri kagum dengan identitas Anda sebagai gamer yang tidak hanya cerdas, tetapi juga bersimpati kepada yang lain.

Yeah, you guys are awesomely awesome!

Pada Akhirnya..

tumblr_lnufwj3hap1qj73e2o1_500

Tribute ini ditutup dengan sebuah mimpi dan doa yang sederhana: agar setiap dari Anda, para Players yang sudah lama berlayar dengan  Jagat Play, atau Anda yang baru hendak memulai perjalanan menarik bersama kami, untuk mencicipi dan mendapatkan pengalaman tahun 2014 terbaik dan paling maksimal yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya dari game-game yang akan kita cicipi bersama, tetapi juga kehidupan pribadi kita masing-masing. Semoga tahun ini hadir dengan begitu banyak kesempatan untuk mencapai kehidupan yang lebih berkualitas di semua bidang, sekaligus tetap mudah untuk dinikmati dan menyenangkan. Work harder, play hardest!

Singkat kata, untuk para Players, kami segenap kru Jagat Review dan Jagat Play mengucapkan:

 

SELAMAT TAHUN BARU 2014

dan

SELAMAT MENIKMATI LIBURAN

 

Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…