Publisher GTA V: Kami Menang Karena Kami Tidak Mata Duitan

Reading time:
December 4, 2013
GTA Online (70)

Banyak gamer yang mungkin lupa, terlepas dari tantangan dan kesenangan yang ia tawarkan, video game tetaplah sebuah bisnis yang didesain untuk menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. Sayangnya, pergeseran gaya untuk mendapatkan ekstra uang ini justru kian tidak populer seiring dengan perkembangan teknologi industri game sendiri. Alih-alih menarik gamer dengan kualitas game yang luar biasa, banyak publisher yang kini beralih pada mekanisme mictrotransactions untuk mendulang keuntungan. Namun bagi Take-Two Interactive, sang publisher game kenamaan – GTA V, hal ini tidak pernah menjadi prioritas. Bagi mereka, kualitas tetap menjadi prioritas nomor satu.

Hal ini diungkapkan oleh si CEO – Strauss Zelnick di sela-sela Credit Suisse 2013 Annual Technology Conference. Zelnick menegaskan bahwa alasan di balik kecintaan gamer bagi sebagian besar game yang dihasilkan oleh Take Two mengakar dari prioritas mereka untuk tidak menjadikan uang sebagai dasar pengembangan, berbeda dengan publisher yang lain. Take Two lebih berfokus menghasilkan sebuah game yang mampu menghasilkan pengalaman gaming yang luar biasa terlebih dahulu, baru memikirkan cara mendulang uang darinya. Proses yang justru, menurut Zelnick, terjadi terbalik di publisher kompetitor – dimana mereka akan memikirkan cara mencari uang terlebih dahulu baru membangun game darinya. Penerimaan positif dari kalangan gamer yang direpresentasikan skor Metacritic menjadi landasan berhasilnya kebijakan ini.

Take-Two menegaskan bahwa apa yang membuat mereka berbeda dan lebih sukses daripada publisher interactive mengakar pada kebijakan mereka yang tidak mata duitan.
Take-Two menegaskan bahwa apa yang membuat mereka berbeda dan lebih sukses daripada publisher interactive mengakar pada kebijakan mereka yang tidak mata duitan.

Fokus pengembangan inilah yang berusaha dipertahankan Zelnick di masa yang akan datang. Lantas bagaimana dengan fitur microtransactions di GTA Online? Zelnick menyatakan bahwa Take Two sendiri saat ini masih berdalam proses belajar untuk memaksimalkan mata uang digital untuk diterapkan dalam skala yang lebih masif. Ia juga menyatakan bahwa jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh gamer di GTA Online terhitung sangat minimal dan memang didesain untuk memperkuat pengalaman yang ada, dan tidak signifikan.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang mendukung atau mengutuk mekanisme microtransactions di dalam video game?

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…