Framerate Tomb Raider Xbox One Setengah Dari Versi PS4?

Reading time:
January 24, 2014
xbox one ps 4

Spesifikasi di atas kertas antara Playstation 4 dan Xbox One memang sudah memperlihatkan siapa yang memiliki raw power yang jauh lebih kuat. Tidak main-main, banyak developer yang secara terbuka menyatakan bahwa Playstation 4 bisa menawarkan kekuatan lebih dari 50 persen dibandingkan Xbox One. Walaupun demikian, dari beberapa judul rilis perdana yang ada, perbedaan spesifikasi ini masih belum memperlihatkan dampak yang signifikan. Keduanya masih menawarkan pengalaman gaming yang hampir serupa, baik di game first party ataupun third party yang sudah berbeda.Walaupun demikian, seiring waktu, kemampuan mentah Playstation 4 ini mulai menawarkan sesuatu yang “lebih”.

Kasus inilah yang terjadi di proyek rilis ulang dari Crystal Dynamics – Tomb Raider: Definitive Edition. Dengan pengolahan model karakter, lingkungan, dan tekstur yang baru, versi ini memang akan menjadi tantangan tersendiri untuk Playstation 4 dan Xbox One. Namun untuk mereka yang mencari versi Tomb Raider yang paling nyaman, konsol next-gen dari Sony tampaknya menjadi pilihan yang tepat.

Executive Producer Tomb Raider – Scot Amos menyatakan bahwa Tomb Raider akan berjalan di resolusi 1080p dan 60fps untuk versi Playstation 4. Walaupun tidak dijelaskan secara detai, namun beberapa spekulasi menyebutkan bahwa versi Xbox One-nya hanya akan menawarkan framerate sekitar 30 fps di lingkungan yang padat, dan sekitar 45 fps ketika sepi. Setengah dari yang ditawarkan Playstation 4.

Rumor menyebutkan bahwa Tomb Raider: Definitive Edition akan berjalan di resolusi 1080p 60fps di Playstation 4, sementara Xbox One hanya mampu di 30 fps. Crystal Dynamics sendiri menegaskan bahwa mereka membuka penuh framerate mereka yang berarti, bergantung pada kemampuan masing-masing konsol untuk menawarkan framerate lebih.
Rumor menyebutkan bahwa Tomb Raider: Definitive Edition akan berjalan di resolusi 1080p 60fps di Playstation 4, sementara Xbox One hanya mampu di 30 fps. Crystal Dynamics sendiri menegaskan bahwa mereka membuka penuh framerate mereka yang berarti, bergantung pada kemampuan masing-masing konsol untuk menawarkan framerate lebih.

Apakah ini berarti Crystal Dynamics dan Square Enix pilih kasih? Dalam klarifikasi terbaru mereka, Crystal Dynamics mengemukakan bahwa mereka sendiri memang membuka framerate Tomb Raider: Definitive Edition, yang berarti akan sangat bergantung pada kemampuan masing-masing konsol untuk mampu menawarkan framerate lebih atau tidak. Satu yang pasti, mereka berhasil mencapai setidaknya resolusi 1080p dan 30fps di kedua versi ini.

Lantas benarkah framerate Tomb Raider di Xbox One akan lebih rendah dari versi Playstation 4-nya? Kita tunggu saja pembuktiannya nanti di rilis 28 Januari 2014.

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…