Review RESOGUN: Genre Klasik di Generasi Baru!

Reading time:
January 8, 2014
RESOGUN (2)

Fenomena yang selalu terjadi di setiap kali perilisan platform baru ke pasaran. Tidak hanya harus berhadapan dengan beragam masalah hardware yang mengancam, gamer yang tertarik untuk membelinya di bulan-bulan awal rilis juga harus menghadapi kelangkaan game yang pasti terjadi. Proses pengembangan game yang seringkali memakan waktu lama membuat sebagian game baru, terutama yang eksklusif, baru bisa dirilis setidaknya 6 bulan hingga satu tahun sejak konsol dirilis. Hal inilah yang terjadi dengan konsol Sony – Playstation 4 yang baru diluncurkan tiga bulan yang lalu. Diperkuat dengan game eksklusif yang masih terhitung minim – Killzone: Shadow Fall dan Knack sementara ini, Playstation 4 terus mengandalkan racikan game indie sebagai sumber tenaga awal. Sebuah keputusan yang luar biasa tepat.

Anda yang sempat membaca preview Killzone: Shadow Fall kami tentu sudah memiliki sedikit gambaran bagaimana game raksasa garapan Guerrilla Games memang dibangun untuk memperlihatkan potensi kemampuan visual yang mampu dihasilkan oleh Playstation 4. Secara garis besar, tidak ada yang istimewa di sisi gameplay. Tugas untuk memastikan gamer awal pemilik Playstation 4 terus terhibur justru jatuh ke tangan Housemarque – sebuah developer kecil yang menguji keberuntungan mereka di pasar next-gen dengan satu nama – RESOGUN. Ia mungkin tidak setenar Killzone atau Knack, namun RESOGUN akan menjadi salah satu alasan utama Anda tidak akan bisa lepas dari Playstation 4 Anda untuk waktu yang cukup lama. Sebuah daya tarik yang begitu memukau

Lantas apa itu RESOGUN? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game bergenre klasik di Generasi yang baru? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Kombinasi Klasik dan Modern

RESOGUN hadir dengan genre klasik yang mungkin sudah jarang Anda temukan di industri game - sebuah game side scrolling shoot them up yang sempat populer di masa lalu.
RESOGUN hadir dengan genre klasik yang mungkin sudah jarang Anda temukan di industri game – sebuah game side scrolling shoot them up yang sempat populer di masa lalu.

Sebuah game side scrolling shoot’em up memang bukan pemandangan yang sering Anda temukan di industri game saat ini, apalagi dengan kemampuan perangkat keras yang memungkinkan developer untuk membangun hampir apapun dunia yang mereka inginkan. Permainan yang hanya meminta Anda untuk menembak setiap musuh yang Anda temui dari kiri ke kanan, tanpa henti, sekaligus memastikan diir Anda selamat dari pertarungan bos di setiap akhir level dianggap tidak lagi relevan dengan permintaan pasar. Namun siapa yang menyangka, keberanian untuk menghidupkan kembali genre ini, dan mengkombinasikannya dengan atmosfer modern ternyata menghasilkan daya tarik unik tersendiri. Ide inilah yang membentuk RESOGUN.

Tidak ada plot yang jelas yang mendasari pertempuran epik yang menunggu Anda. Anda hanya diminta untuk menyelamatkan ras manusia terakhir di setiap lima buah planet yang ada – Acis, Ceres, Decima, Febris, dan Mefitis, yang tentu saja dihinggapi dengan begitu banyak pesawat alien yang mematikan. Uniknya? Berbeda dengan game side-scrolling lain yang menawarkan level dalam satu garis lurus, dimana Anda harus bergerak dari titik A ke B, RESOGUN menghadirkan desain level melingkar, dimana Anda hanya bergerak secara memutar. Musuh akan muncul di setiap area secara bersamaan, dan mengepung Anda dari kedua sisi yang ada.

Berbeda dengan game bergenre serupa yang seringkali menawarkan dua dimensi yang meminta Anda bergerak dari titik A ke B, RESOGUN menghadirkan level dengan desain melingkar, dimana Anda akan bergerak mengitari level.
Berbeda dengan game bergenre serupa yang seringkali menawarkan dua dimensi yang meminta Anda bergerak dari titik A ke B, RESOGUN menghadirkan level dengan desain melingkar, dimana Anda akan bergerak mengitari level.
Karena desain seperti inilah, serangan muncul secara konsisten dari dua arah. Tidak hanya gerak musuh yang sulit diprediksi, tetapi juga ratusan tembakan yang mengarah kepada Anda secara langsung.
Karena desain seperti inilah, serangan muncul secara konsisten dari dua arah. Tidak hanya gerak musuh yang sulit diprediksi, tetapi juga ratusan tembakan yang mengarah kepada Anda secara langsung.
Anda bisa memlih satu dari tiga pesawat yang ada, tentu saja dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing.
Anda bisa memlih satu dari tiga pesawat yang ada, tentu saja dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Tidak sulit untuk menguasai RESOGUN dari mekanik gameplay yang ia tawarkan. Tidak seperti game biasanya yang menggunakan tombol untuk mengeksekusi tembakan, Anda hanya perlu menggunakan analog kanan ke kiri dan kanan untuk meluncurkan tembakan secara otomatis. Menghancurkan setiap musuh mengepung dari kedua sisi, kecekatan untuk terus bergerak tentu saja menjadi sesuatu yang esensial, apalagi dengan musuh yang secara konsisten menelurkan serangan, apalagi di tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Untungnya, Anda juga akan diperkuat dengan berbagai mekanisme pertahanan diri untuk menghindarkan Anda dari satu kata – Game Over. RESOGUN menyediakan tiga jenis pesawat dengan keunggulan masing-masing, untuk memfasilitasi kebutuhan gaya bermain Anda.

Tidak hanya sekedar menembak, setiap pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai mekanisme pertahanan diri, yang tentu saja bisa diaplikasikan untuk mencapai keuntungan tersendiri. Anda bisa menggunakan boost dalam waktu terbatas, tidak hanya untuk mempercepat gerak sang pesawat, tetapi juga membuat Anda immune terhadap serangan musuh dan musuh itu sendiri. Selain boost, Anda juga memiliki serangan spesial bernama – Overdrive, dengan bar power yang terakumulasi dari kotak hijau yang bisa Anda dapatkan dari menghancurkan musuh yang ada. Masuk dalam mode Overdrive akan menghentikan waktu, Anda akan meluncurkan serangan laser raksasa yang akan dengan mudah menghancurkan siapapun yang berada di hadapan Anda. Jika lebih terdesak lagi? Anda bisa meluncurkan Bomb untuk membersihkan area secara instan.

Untungnya, Anda akan dibekali dengan beberapa mekanisme pertahanan diri, seperti Boost, Bomb, dan tentu saja - Overdrive.
Untungnya, Anda akan dibekali dengan beberapa mekanisme pertahanan diri, seperti Boost, Bomb, dan tentu saja – Overdrive.
Tidak hanya sekedar memastikan diri selamat dan menang melawan boss di setiap chapter, Anda juga harus menyelamatkan 10 manusia yang tersebar di setiap level, untuk menghasilkan keuntungan tersendiri.
Tidak hanya sekedar memastikan diri selamat dan menang melawan boss di setiap chapter, Anda juga harus menyelamatkan 10 manusia yang tersebar di setiap level, untuk menghasilkan keuntungan tersendiri.
Pertempuran boss yang ada juga bukan sesuatu yang bisa Anda anggap remeh. Butuh kesabaran, apalagi ketika Anda menjajalnya di tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
Pertempuran boss yang ada juga bukan sesuatu yang bisa Anda anggap remeh. Butuh kesabaran, apalagi ketika Anda menjajalnya di tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Seperti plot sederhana yang ia usung, RESOGUN bukan hanya sekedar soal bertahan hidup dan menghancurkan boss di setiap planet yang Anda singgahi, tetapi juga menyelamatkan manusia yang ada. Di setiap level yang ada, Anda akan memiliki “sub-quest” untuk menghancurkan golongan alien spesifik  bernama “Keeper” yang akan membebaskan para manusia yang terkurung di sepanjang level. Begitu mereka bebas, tugas Anda lah untuk mengangkut setiap dari mereka dan membawa mereka ke dua portal hijau yang terdapat di dalam level. Gagal melakukannya dalam jarak waktu yang begitu sempit, maka setiap manusia ini akan mati. Keuntungannya? Setiap manusia ini akan memberikan ekstra keuntungan – dari sekedar score, shield, ekstra life, hingga ekstra bomb. Yang terpenting dari itu semua? Trophy.

Sedikit saja lengah, Anda akan sering berhadapan dengan layar Game Over.
Sedikit saja lengah, Anda akan sering berhadapan dengan layar Game Over.

RESOGUN tampil begitu menarik, karena selain kualitas visual yang cukup untuk mewakili performa sebuah konsol next-gen (dalam hal ini Playstation 4), ia juga menawarkan gameplay yang super menantang. Seperti halnya game bergenre serupa yang sempat Anda temui di mesin arcade masa lalu, semua elemen yang dihadirkan seolah memang didesain untuk membunuh Anda seketika. Hectic dengan begitu banyak tembakan yang meluncur di layar, dengan gerak pesawat musuh yang juga sulit untuk diprediksi, akurasi tangan dan mata menjadi jauh lebih krusial di sini. Lengah sedikit? Bersiaplah untuk bertemu dengan lebih banyak layar Game Over di depan mata.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…