Preview Titanfall: Medan Pertempuran yang Adiktif!

Reading time:
March 11, 2014
Titanfall JagatPlay (77)

Titanfall, judul game yang satu ini memang sudah menjadi sorotan sejak diperkenalkan oleh Respawn Entertainment dan EA tahun lalu. Lahir dari otak di belakang COD: Modern Warfare, Respawn memang menjanjikan sensasi gameplay first person shooter yang unik, bahkan bisa terbilang – pertama kalinya di industri game. Menjadikan multiplayer sebagai basis gameplay utama, Anda tidak hanya akan bertempur dengan prajurit berteknologi tinggi yang dibekali dengan mobilitas super tinggi, tetapi juga kesempatan untuk memanggil para mecha raksasa untuk membantu Anda dalam pertempuran. Menariknya lagi, ia juga menyuntikkan sistem AI dan sensasi single player yang cukup kentara di dalamnya.  Setelah menunggu cukup lama, kesempatan untuk mencicipi Titanfall versi penuh akhirnya tiba!

Kesan Pertama

Secara garis besar, sensasi yang Anda dapatkan tidak akan banyak berbeda dari versi beta yang sempat dibuka beberapa minggu yang lalu. Kualitas visual dan mekanik gameplay yang ditawarkan pada dasarnya sama, namun tentu saja dengan ekstra konten yang jauh lebih banyak. Anda masih akan terlibat dalam pertempuran adiktif yang terhitung cukup seimbang, terlepas apakah Anda tetap berperan sebagai pasukan infanteri ataupun menjadikan Titan Anda sebagai ujung tombak yang lebih efektif. Walaupun demikian, ada beberapa penambahan menarik yang membuat Titanfall ini kian jauh lebih menarik dan sempurna, dibandingkan dengan versi beta terdahulunya.

Salah satu yang akan cukup menarik perhatian Anda adalah variasi map yang ditawarkan. Tidak lagi sekedar bertempur di landscape kota, Titanfall ternyata juga menyuguhkan medan pertempuran dengan variasi tema yang cukup banyak, dan tentu saja didesain dengan sangat indah. Anda akan bertemu dengan beberapa momen menakjubkan yang selama ini dirumorkan termasuk monster berukuran raksasa. Benar sekali, beberapa level juga memuat kehidupan liar binatang berukuran masif yang terlihat memesona di latar belakang pertempuran, yang namun sayangnya, tidak lebih dari sekedar kosmetik. Di sisi gameplay, Anda kini juga bisa menggunakan zipline untuk bergerak lebih cepat dan tentu saja kesempatan untuk menguasai turret di beberapa level untuk memberikan sedikit keuntungan dalam pertempuran.

Satu yang lebih menarik dari Titanfall, adalah fakta bahwa ia ternyata juga menyediakan mode campaign di dalamnya. Namun tidak seperti mode single player di game-game FPS kebanyakan, mode campaign Titanfall ini juga harus dimainkan secara multiplayer, namun kini dengan ekstra latar belakang cerita dan dramatisasi untuk mengintegrasikan sensasi single player yang  lebih mendalam. Dengan dibukanya level cap yang ada di versi beta, Titanfall juga masih menyediakan varian senjata, perk, dan jenis Titan yang lebih banyak untuk Anda gunakan.

Sejauh permainan kami yang sudah berjalan lebih dari 7 jam, Respawn pantas mendapatkan acungan jempol karena keberhasilan mereka untuk meluncurkan game yang sangat diantisipasi ini dengan cukup lancar, apalagi mengingat statusnya sebagai sebuah game online. Tidak seperti game-game serupa sekelas Diablo 3 dan SimCity yang harus bermasalah dengan padatnya server selama beberapa hari, bahkan minggu pertama, Anda relatif tidak akan menemukan masalah ini di Titanfall. Server yang disediakan tampaknya lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan gamer, setidaknya hingga artikel ini ditulis. Sayangnya ada satu kekurangan yang cukup terasa di jam awal permainan kami ini. Titanfall tampaknya tidak menyuntikkan sistem auto team balance yang mumpuni, sehingga tidak jarang Anda akan melihat bagaimana sekelompok user level rendah harus bertempur dengan user di tingkat level tinggi yang terlampau jauh. Padahal, level tinggi sangat mengindikasikan varian senjata yang bisa digunakan, dan tentu saja – pengetahuan map yang lebih mendalam.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, dan tentu saja mencari tahun apa saja yang bisa kami dapatkan di level karakter yang lebih tinggi, izinkan kami untuk membantu Anda memberikan sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Titanfall. Semua gambar ini kami ambil di setting mentok kanan untuk memberikan gambaran akan kualitas visual, desain, dan gameplay yang kami dapatkan. Satu yang pasti, jam-jam pertama Titanfall benar-benar membuat kami ketagihan. Drop your Titan!

PS: Klik Gambar untuk Memperbesar

Titanfall JagatPlay (65) Titanfall JagatPlay (3) Titanfall JagatPlay (164) Titanfall JagatPlay (19) Titanfall JagatPlay (41) Titanfall JagatPlay (70) Titanfall JagatPlay (84) Titanfall JagatPlay (100) Titanfall JagatPlay (124) Titanfall JagatPlay (138) Titanfall JagatPlay (167) Titanfall JagatPlay (184)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…