Review CM Storm Mizar: Desain Ergonomis Super Nyaman!

Reading time:
April 1, 2014
CM-Storm-Mizar-(12)
Mouse Gaming CM Storm Mizar

Tanggung jawab yang besar, ini mungkin menjadi kata yang paling tepat untuk menggambarkan kata “gaming” yang kini seringkali disematkan di serangkaian peripheral PC. Ditawarkan dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan produk serupa lainnya, produsen didorong untuk menawarkan daya tarik unik yang tentu saja – membuatnya menarik untuk dimilik. Beberapa mengusung desain tidak konvensional yang mampu menguatkan impresi sebagai seorang gamer, sementara lainnya berkutat dengan varian fungsi yang akan menunjang gaya permainan yang beragam. Cooler Master merupakan salah satu produsen lawas yang selalu menawarkan jajaran perangkat gaming yang menarik. Salah satu yang teranyar? Mizar!

Desain dan Fungsi

Warna hitam yang elegan mendominasi CM Storm Mizar ini, dengan sedikit sentuhan kosmetik berupa logo identitas CM di bagian belakang.
Warna hitam yang elegan mendominasi CM Storm Mizar ini, dengan sedikit sentuhan kosmetik.

Secara kasat mata, CM Storm Mizar mungkin tidak memperlihatkan desain kentara memperlihatkan identitasnya sebagai sebuah peripheral gaming. Anda tidak akan bertemu dengan bentuk futuristik atau format tidak konvensional lainnya di produk ini. Dengan desain oval yang memang menjadi standar bentu mouse kebanyakan, CM Storm Mizar dibalut dengan warna hitam elegan sebagai dasar dengan bahan plastik mendominasi sebagian besar kerangka yang ada. Kesederhanaan tampaknya menjadi kunci, mengingat Anda tidak akan bertemu dengan elemen kosmetik yang kentara CM Storm Mizar. Ia tidak hadir dengan logo atau permainan lampu meriah, hanya sebuah logo api khas Cooler Master yang menyala terang di bagian belakang.

Sentuhan kosmetiknya sendiri tidak berlebihan. Sebuah logo kecil Cooler Master menyala terang di bagian belakang.
Sentuhan kosmetiknya sendiri tidak berlebihan. Sebuah logo kecil Cooler Master menyala terang di bagian belakang.
Mouse ini juga hadir dengan ekstra tujuh buah tombol yang tidak hanya memuat fungsi standar, tetapi juga dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
Mouse ini juga hadir dengan ekstra tujuh buah tombol yang tidak hanya memuat fungsi standar, tetapi juga dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
Selain klik kiri - kanan dan scroll wheel, dua tombol ekstra disematkan untuk membantu gamer mengatur sensivitas mouse secara instan.
Selain klik kiri – kanan dan scroll wheel, dua tombol ekstra disematkan untuk membantu gamer mengatur sensivitas mouse secara instan.

Dan seperti halnya sebagian besar mouse gaming kebanyakan, ia juga hadir dengan beberapa ekstra tombol untuk mengakses beberapa fungsi secara instan, walaupun tidak sampai berlebihan. Selain dua tombol klik kiri dan kanan dan sebuah scroll wheel, Anda juga akan menemukan dua tombol tanda panah di bagian tengah untuk mengatur sensivitas secara langsung. Dua tombol ekstra di bagian kiri mouse juga disematkan untuk mengakomodasi fungsi tertentu yang Anda butuhkan. Sementara untuk menawarkan ekstra kenyamanan, CM Storm Mizar juga memuat sedikit bahan karet yang disematkan di kedua sisi, tentu saja untuk memastikan grip yang jauh lebih baik.

Seperti apa spesifikasi lengkap mouse gaming yang satu ini?

  • Body Coating Material: Soft Touch Paint
  • Sensor: Avago 9800 Laser Sensor
  • DPI: Up to 8200
  • Programmable Buttons: 7
  • Onboard Memory: 128KB
  • Polling Rate: 1000 Hz/1ms
  • Maximum Tracking Speed: 150ips/30g
  • Dimensions (W x H x D): 60.4 x 40.2. 124.8 mm
  • Weight (with USB Cable): 121 g
  • Weight (without USB Cable): 100 g

Mouse Gaming CM Storm Mizar, Seberapa Nyaman?

CM Storm Mizar, Seberapa Nyaman?
CM Storm Mizar, Seberapa Nyaman?

Bahan plastik yang memuat sebagian besar kerangka CM Storm Mizar memang tidak hanya membuatnya lebih handal untuk digunakan, tetapi juga menjamin berat yang tetap nyaman digunakan, apalagi jika Anda hendak menggunakannya sebagai sebuah peripheral yang mobile. Bahan karet yang disematkan di kedua sisi memang didesain untuk menawarkan kenyamanan yang lebih optimal terutama ketika Anda membutuhkan grip yang lebih bisa diandalkan ketika bergerak super cepat. Bagian karet ini didesain berlubang untuk mendukung hal tersebut, namun sayangnya juga berpotensi menjadi celah kelemahan yang lain. Untuk ruangan yang mudah berbedu, celah-celah kecil di bagian karet ini berpotensi cepat kotor jika tidak sering Anda bersihkan, apalagi jika Anda bukanlah gamer yang terhitung higienis.

Menjadikan Omron Switches sebagai pondasi, CM Storm Mizar menawarkan daya tahan dan akurasi di saat yang sama. Ia akan bisa diandalkan untuk memfasilitasi semua perintah yang Anda butuhkan dengan tepat dan efektif, sekaligus memastikan diri dapat digunakan untuk waktu yang lama tanpa perlu takut berhadapan dengan kerusakan fatal di bagian switch klik kiri dan kanan. Range varian sensivitas yang ia usung juga membuat CM Storm Mizar menjadi mouse yang bisa digunakan untuk beragam genre gaming. Dengan hanya dengan mengakses kedua tombol arah di bagian tengah, Anda bisa menentukan beberapa tingkat sensivitas ini secara langsung, bahkan ketika berada dalam bentuk permainan tertentu. Ukuran tombol dan jarak yang diusung masing-masing darinya juga akan membuat Anda bisa tetap nyaman, terlepas dari gaya grip apapun yang Anda gunakan – palm atau grip, tanpa ada rasa canggung sama sekali.

Diselimuti dengan bahan karet di kedua sisinya, CM Storm Mizar memang menawarkan kenyamanan grip yang mumpuni. Sayangnya, ia juga rentan menyimpan debu dan kotoran.
Diselimuti dengan bahan karet di kedua sisinya, CM Storm Mizar memang menawarkan kenyamanan grip yang mumpuni. Sayangnya, ia juga rentan menyimpan debu dan kotoran.
Implementasi teknologi Omron Switch dan varian sensitivitas yang bisa dipilih membuatnya tampil sebagai mouse yang terhitung fleksibel untuk semua jenis aktivitas gaming yang ada.
Implementasi teknologi Omron Switch dan varian sensitivitas yang bisa dipilih membuatnya tampil sebagai mouse yang terhitung fleksibel untuk semua jenis aktivitas gaming yang ada.

Walaupun tidak didesain sebagai sebuah mouse ambidextrous, namun bentuk oval telur yang terhitung konvensional dari CM Storm Mizar membuatnya cukup untuk memfasilitasi kebutuhan gamer yang menjadikan tangan kiri sebagai tangan gaming utama. Setidaknya Anda tidak akan berhadapan dengan desain umum beberapa mouse gaming “unik” yang memang cenderung bersifat kebalikan dan sama sekali tidak berpihak untuk gamer kidal. Kelemahan lain yang mungkin bisa dicatat adalah tidak adanya kesempatan untuk memodifikasi berat yang ada, sehingga bagi Anda yang cukup sensitif dengan hal ini, berat tentu saja menjadi catatan ekstra.

Dengan semua ekstra tombol yang ia gunakan, CM Storm Mizar tentu saja tidak akan meninggalkan Anda begitu saja dengan semua fungsi standar yang terkadang memang tidak berkontribusi banyak pada kegiatan gaming Anda. Dengan perangkat lunak yang disuntikkan di dalamnya, Anda bisa menyematkan beberapa fungsi makro untuk mengkombinasikan perintah yang dibutuhkan secara instan. Untuk game-game seperti MOBA atau MMO, ini tentu menjadi kebutuhan super esensial, apalagi dengan kompleksitas gerakan yang harus dieksekusi.

 

Dengan fungsi dan kenyamanan yang ia tawarkan, CM Storm Mizar mampu
Dengan fungsi dan kenyamanan yang ia tawarkan, CM Storm Mizar mampu “melahap” DOTA 2 dan Titanfall, tanpa masalah.

Namun seperti identitas yang ia usung, cara terbaik untuk menguji mouse gaming CM Storm Mizar ini tentu saja dengan membawanya langsung untuk menjajal beberapa game kompetitif yang ada. Kami membawa dua buah game yang masing-masing mewakili genre yang ada – DOTA 2 untuk MOBA dan Titanfall untuk FPS. Omron yang ditawarkan benar-benar memfasilitasi kebutuhan untuk mengeluarkan respon yang presisi sekaligus cepat yang memang dituntut oleh kedua genre yang satu ini. Klik berulang-ulang yang harus Anda lakukan tidak akan menghasilkan masalah sama sekali. Sementara variasi sensitivitas membuat Anda bisa mengatur elemen ini secara real-time ketika berhadapan dengan berbagai genre yang ada, bahkan di game-game sekelas Titanfall yang sangat bergantung pada hal tersebut. Bingung dengan performa in-game Anda yang jatuh? Atur sensitivitas menjadi sangat mudah.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…