Detail Sistem Battle Final Fantasy XV Mengemuka!

Reading time:
April 28, 2014

Sebuah proyek yang sudah diantisipasi lebih dari 8 tahun tanpa kepastian rilis, tidak mengherankan jika setiap detail informasi yang mengemuka soalnya menjadi sesuatu yang sangat diantisipasi. Benar sekali, kita tengah membicarakan Final Fantasy Versus XIII yang akhirnya resmi berganti nama menjadi Final Fantasy  XV di ajang E3 2013 yang lalu. Setelah sempat tenggelam untuk waktu yang cukup lama, Square Enix akhirnya kembali membuka pintu rasa penasaran setelah beragam trailer teranyar harus diakui, tampil memukau. Terlepas dari nama yang ia usung, Final Fantasy XV tidak mengusung mekanik gameplay yang selama ini kita kenal. Lantas bagaimana dengan sistem battle yang sebenarnya hendak ia usung?

Beberapa trailer awal memang memperlihatkan kesan sistem battle Kingdom Hearts yang kentara. Tidak lagi terpaku pada sistem Random Encounter dan Turn-based Battle, FF XV menyiratkan cita rasa action RPG yang lebih kuat. Deskripsi produk yang akhirnya dirilis di page Playstation 4 dan Xbox One tampaknya kian memperkuat teori tersebut. Bersamaan dengan segudang screenshot terbaru, sistem battle FF XV akhirnya dijelaskan dengan lebih detail.

Situs resmi Playstation 4 bahkan tidak menahan diri dan menyebutkan bahwa sistem battle FF XV telah berevolusi jauh dari seri-seri FF sebelumnya. Square Enix diklaim memang menciptakan seri teranyar ini dengan identitas sebuah game “action”, dimana player bisa bergerak dari mode eksplorasi ke pertarungan secara langsung. Arena pertempuran juga diklaim mampu berevolusi secara dinamis untuk menangkap sensasi yang lebih realistis. Anda juga dipastikan tidak hanya akan bisa menggunakan Noctis – sang karakter utama, tetapi juga berganti ke karakter pendukung lain dengan cepat. Serangan kombinasi juga dimungkinkan, sembari menikmati efek dinamis yang dimunculkan.

ff xv1 ff xv4 ff xv3 ff xv2 ff xv1 ff xv

Noctis disebut sebagai karakter yang adaptif, dengan kemampuannya menggunakan senjata yang bervariasi. Ia juga diperkuat dengan kemampuan untuk bergerak super cepat sembari menyerang musuh dengan aksi yang penuh gaya. Sementara di situs Xbox One sendiri, klaim serupa juga dirilis. Square Enix menuliskan bahwa kehadiran spesifikasi konsol generasi terbaru yang lebih kuat kini memungkinkan karakter di FF XV untuk bergerak secara bebas di layar yang penuh. Pergantian karakter selama battle juga diklaim bisa memuat elemen strategi di dalamnya, dimana kolaborasi antara karakter-karakter unik ini akan menjadi fitur penting.

Lantas, kapan Final Fantasy XV untuk Playstation 4 dan Xbox One ini akan dirilis? Sayangnya, kedua situs besar tersebut sama sekali tidak memuat soal tanggal rilis. Satu yang pasti, dengan lebih banyak detail yang mengemuka ke publik, bukan tidak mungkin ini menjadi indikasi bahwa Square Enix siap untuk memperkenalkan game ini dengan lebih baik di masa depan. E3 2014? TGS 2014? Can’t frakking wait!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…