Destiny Kini Jadi Game Termahal Sepanjang Masa!

Reading time:
May 7, 2014
destiny_desktop

Proses produksi sebuah video game memang merupakan sesuatu yang sangat kompleks. Sebagai sebuah produk kreatif yang ditujukan untuk komersial, developer harus membangun konsep, tema, menciptakan identitas unik, dan tentu saja mengintegrasikan sebuah mekanik gameplay yang mampu mendukung itu semua. Sementara dari sisi publisher, proses promosi harus terus digencarkan untuk memastikan gamer sebagai calon konsumen, tertarik akan eksistensi game-game teranyar ini. Tidak mengherankan, sebuah video game bisa memakan dana dari puluhan hingga ratusan juta USD untuk dipasarkan. Sebuah judi, sebuah investasi beresiko tinggi. Seperti yang dilakukan Activision dengan produk teranyar dari Bungie Studios – Destiny.

Tidak main-main, dalam wawancara terbaru Reuters dengan Bobby KotickCEO Activision, Destiny dipastikan dibangun dengan total dana pengembangan dan promosi terbesar di sepanjang sejarah industri game dan industri hiburan. Benar sekali, Activision mengkonfirmasikan bahwa mereka telah menginvestasikan lebih dari USD 500 juta untuk membangun Destiny. Sebuah investasi yang disebut Kotick, beresiko tinggi, jika Destiny pada akhirnya tidak akan bisa memberikan timbal balik penjualan yang sepadan. Sebagai perbandingan, game “termahal” sebelumnya – GTA V dari Rockstar dibangun “hanya” dengan dengan dana USD 250 juta, atau setengah dari yang dibutuhkan Destiny saat ini.

Tidak berlebihan rasanya untuk menyebut Destiny sebagai proses produksi game termahal di industri saat ini. Activision mengaku telah menggelontorkan lebih dari USD 500 juta untuk membangun dan mempromosikan game yang satu ini. Dua kali lipat angka yang dilemparkan Rockstar untuk GTA V.
Tidak berlebihan rasanya untuk menyebut Destiny sebagai proses produksi game termahal di industri saat ini. Activision mengaku telah menggelontorkan lebih dari USD 500 juta untuk membangun dan mempromosikan game yang satu ini. Dua kali lipat angka yang dilemparkan Rockstar untuk GTA V.

Dengan dana pengembangan super masif seperti ini dan kebijakan harga yang akan ditetapkan layaknya sebuah game AAA – USD 60, Analis memperkirakan bahwa Destiny butuh terjual lebih dari 16 juta unit bagi Activision untuk setidaknya, balik modal. Terlepas dari popularitas yang sudah terbangun, banyak analis yang pesimis angka ini akan bisa tercapai dan memperkirakan hanya setengah darinya akan terpenuhi. Hal ini mengingat Destiny merupakan sebuah IP baru yang belum teruji sebelumnya. Berbeda dengan GTA V, yang antisipasi dan hypenya berhasil menghasilkan penjualan lebih dari 32.5 juta unit dan membuat investasi USD 250 juta dari Rockstar berujung pada keuntungan besar.

Destiny sendiri rencananya akan meluncur 9 September 2014 mendatang, untuk Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, dan Xbox One, dengan proses beta yang kabarnya akan dibuka pada bulan Juli. Semoga saja investasi super mahal ini tidak membuat Activision menyuntikkan beragam opsi belanja tidak populerdalam game hanya untuk memastikan Destiny tidak menjadi sebuah blunder. Fingers crossed..

Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…