Kapasitas Blu-Ray Jadi Hambatan The Last of Us: Remastered

Reading time:
May 9, 2014
the last of us remastered logo

Spesifikasi perangkat yang sudah menjamin kemampuan performa yang lebih kuat, tidak ada lagi alasan bagi para developer untuk tidak mengembangkan game yang tampil lebih memesona di platform generasi gaming yang lebih baru. Dengan optimalisasi engine lebih jauh, mereka bahkan bisa membangun ulang game yang sudah dirilis dengan kualitas visual yang lebih memanjakan mata. Kesuksesan proyek Remaster dan Definitive Edition seperti Tomb Raider mendorong lebih banyak proyek serupa, termasuk masterpiece eksklusif dari Naughty Dog – The Last of Us yang siap menuju Playstation 4. Namun ada satu masalah yang tampaknya menjadi penghalang utama untuk menikmatinya secara maksimal.

Kemampuan Playstation 4? Sebagai konsol next-gen dengan performa mentah terkuat, konsol terbaru Sony ini  seharusnya sudah cukup memfasilitasi semua hal yang dibutuhkan Naughty Dog. Dalam wawancara terbarunya dengan majalah gaming – Edge, sang Creative Director – Neil Druckmann justru kini harus berkutat dengan hambatan kapasitas blu-ray sebagai media utama PS 4, yang menurutnya – sangat terbatas.

Performa mentah Playstation 4 memang cukup untuk memfasilitasi kebutuhan remaster The Last of Us, namun sayangnya - tidak dengan media blu-ray yang diusung. Kapasitas tampung data menjadi hambatan terbesar.
Performa mentah Playstation 4 memang cukup untuk memfasilitasi kebutuhan remaster The Last of Us, namun sayangnya – tidak dengan media blu-ray yang diusung. Kapasitas tampung data menjadi hambatan terbesar.

 

Proses remaster membuat semua cut-scene cinematic berjalan dengan resolusi 1080p di 60fps, menghasilkan kebutuhan data yang jauh lebih besar. The Last of Us sendiri membutuhkan lebih dari 30 GB data di versi Playstation 3. Dengan tekstur, model karakter, dan cut-scene lebih baik, tidak mengherankan jika satu-satunya batasan The Last of Us: Remastered hanyalah kapasitas media yang ada. 

Lantas apa yang harus dikorbankan oleh Naughty Dog untuk memastikan The Last of Us: Remastered ini tetap bisa berjalan dengan kebutuhan data proporsional? Sayangnya, mereka sendiri tidak memberikan detail lebih banyak soal tweak yang ditempuh. The Last of Us: Remastered rencananya akan dirilis di tahun 2014 ini – tetap eksklusif untuk Playstation 4. 

Load Comments

PC Games

June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…