Review Child of Light: RPG “Jepang” yang Berbeda!

Reading time:
May 7, 2014
Child of Light - JagatPlay (4)

JRPG – Japan Role Playing Game, sebagian besar gamer yang belum terlalu memahami genre yang satu ini mungkin langsung mengasosiasikannya dengan identitas yang sekedar mengakar pada perbedaan region pengembangan. Bahwa JRPG adalah kategori untuk semua game RPG yang dikembangkan di Jepang, dan tidak lebih. Namun kombinasi empat huruf ini melambangkan sebuah genre role playing yang unik, dengan ciri-ciri khusus yang membuatnya tampil berbeda dengan game-game RPG racikan Bioware, Bethesda, atau CD Projekt misalnya. Mekanik gameplay, desain karakter, dan gaya penyampaian plot mungkin menjadi elemen definitif paling dominan untuk mengkategorikan game RPG yang dirilis ke pasaran. Seperti yang terjadi dengan proyek terbaru dari Ubisoft – Child of Light.

Terkenal sebagai publisher – developer yang cukup berani untuk mengeksplorasi judul game baru dengan kualitas yang pantas untuk diantisipasi, Ubisoft melakukan gebrakan cukup ekstrim dengan memperkenalkan Child of Light. Dibangun sebagai monumen kecintaan sekaligus reaksi dari langkanya game-game bergenre serupa di pasaran, Child of Light memang diposisikan sebagai sebuah game RPG “Jepang”, terlepas dari fakta bahwa ia dikembangkan oleh perusahaan game asal Perancis. Beberapa elemen klasik yang sempat melambung di masa lalu diperkenalkan kembali, mengakar pada identitas utama yang sempat membuat genre ini mendominasi. Turn-based, ATB, hingga gaya penceritaan linear menghiasi Child of Light yang diperkuat dengan engine mumpuni Rayman Legends – UbiArt Framework.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Child of Light ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game RPG “Jepang” yang berbeda?

Plot

Mengambil setting di Austria, akhir abad 19, Anda berperan sebagai seorang anak perempuan bangsawan bernama Aurora yang terlibat dalam petualangan misterius.
Mengambil setting di Austria, akhir abad 19, Anda berperan sebagai seorang anak perempuan bangsawan bernama Aurora yang terlibat dalam petualangan misterius.

Seperti layaknya sebuah cerita dongeng klasik yang pernah kita dengar sejak zaman kanak-kanak, Child of Light memang seolah dilahirkan dari halaman-halaman penuh keajaiban tersebut. Kesan tersebut sudah mengalir kuat sejak pertama kali Anda melihatnya. Implementasi UbiArt Framework harus diakui berhasil menciptakan gaya visualisasi artwork yang kentara, menggabungkan kekuatan desain dan visualisasi warna dalam porsi proporsional. Mempersiapkan Anda untuk sebuah cerita masa kecil tentang petualangan, kerajaan, dan seorang putri manis.

Anda akan berperan sebagai Aurora – seorang putri bangsawan asal Austria di tahun 1895. Terserang penyakit mematikan, Aurora yang tidak sadarkan diri menemukan dirinya terbangun di sebuah dunia ajaib yang juga tengah berada dalam masalah besar – Lemuria. Bertemu dengan seekor kunang-kunang bernama Igniculus, Aurora diyakini merupakan sang penyelamat utama yang sudah diramalkan sejak lama – sang Child of Light yang akan membebaskan Lemuria dari cengkeraman Queen Umbra.

Terbangun secara misterius di dunia lain - Lumeria, Aurora harus bertarung untuk sebuah takdir yang tidak pernah ia sangka sebelumnya.
Terbangun secara misterius di dunia lain – Lumeria, Aurora harus bertarung untuk sebuah takdir yang tidak pernah ia sangka sebelumnya.
Dipercaya sebagai Child of Light - sang penyelamat Lemuria, Aurora terpanggil untuk membawa kembali bintang, bulan, dan matahari yang jatuh ke kekuasaan Queen Umbra.
Dipercaya sebagai Child of Light – sang penyelamat Lemuria, Aurora terpanggil untuk membawa kembali bintang, bulan, dan matahari yang jatuh ke kekuasaan Queen Umbra.

Lemuria memang tengah menghadapi malapetaka dan Aurora harus menjalani sebuah takdir agung untuk merebut kembali bintang, matahari, dan bulan yang kini berada di tangan Queen Umbra. Perjalanan ini sendiri tentu tidak mudah, sebuah nasib kejam yang akhirnya memaksa Aurora untuk mengangkat senjata dan terlibat dalam sebuah pertualangan suci. Selama perjalanan bersama dengan Igniculus, Aurora juga bertemu dengan karakter lain yang berada dalam satu misi yang sama, menundukkan begitu banyak raksasa, monster, dan naga yang menjadi pasukan utama Queen Umbra sendiri.

Perjalanan yang tentu saja tidak mudah, dengan segudang monster, raksasa, bahkan naga yang siap menghadang.
Perjalanan yang tentu saja tidak mudah, dengan segudang monster, raksasa, bahkan naga yang siap menghadang.
Siapa sebenarnya Queen Umbra? Dan apa yang sebenarnya tengah terjadi dengan Lemuria? Mampukah Aurora kembali ke kota asalnya? Semua jawaban dari pertanyaan ini akan bisa Anda jawab dengan memainkan game yang satu ini.
Siapa sebenarnya Queen Umbra? Dan apa yang sebenarnya tengah terjadi dengan Lemuria? Mampukah Aurora kembali ke kota asalnya? Semua jawaban dari pertanyaan ini akan bisa Anda jawab dengan memainkan game yang satu ini.

Lantas, mampukah Aurora menyelamatkan Lemuria? Siapa sebenarnya Queen Umbrea? Tantangan seperti apa yang harus ia hadapi? Semua pertanyaan ini akan bisa Anda jawab dengan memainkan game yang satu ini. Namun selayaknya sebuah cerita dongeng yang pernah Anda nikmati di masa lalu, Child of Light bergerak dengan alur yang boleh terbilang, mudah diprediksi.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…