10 Calon Presiden Indonesia Terburuk dari Video Game!

Reading time:
June 25, 2014
featured-image-presiden-ter

Menyambut gegap gempita pemilihan presiden Republik Indonesia yang tinggal menghitung minggu, rakyat Indonesia tampaknya tengah bersemangat untuk membangun Indonesia baru yang lebih baik. Dengan dua kandidat yang tersisa, beragam peredebatan dan perbedaan pendapat mengemuka jelas dan menemukan jalannya di dunia maya. Situs media sosial, berita, hingga beragam blog menjadi ajang untuk mengemukakan pendapat dan mempertahankan calon pilihan masing-masing. Bagi beberapa orang, ini mulai menjadi rutinitas yang menyebalkan. Namun di skala kenegaraan, fakta bahwa rakyat mampu mengekspresikan hak mereka ini secara terbuka menjadi pencapaian tersendiri.

Lantas, apa yang sebenanrya yang membuat satu karakter dianggap pantas untuk memimpin sebuah negara? Tanggung jawab luar biasa untuk menggantungkan nyawa ratusan jiwa dan arah gerak negara tentu menjadi beban yang hanya bisa ditangani mereka yang memiliki kemampuan mental yang kuat. Tidak hanya itu saja, kualitas kepemimpinan juga sangat ditentukan oleh kepribadian sang calon sendiri, terutama cara mereka menangani beragam konflik yang mungkin mengemuka. Semua variasi kualitas karakteristik yang juga seringkali Anda temukan di video game itu sendiri. Namun sebelum membicarakan siapa karakter game yang mampu memperlihatkan daya tarik tersebut, ada baiknya kita melihat dari sudut negatif terlebih dahulu. Terlepas siapapun yang Anda inginkan untuk memimpin Indonesia, ini adalah karakter-karakter video game yang tidak akan pernah Anda setujui menguasai negara tercinta ini.

Dari semua karakter video game yang ada, inilah 10 karakter yang menurut JagatPlay, akan menjadi calon presiden terburuk Indonesia!

10. Illusive Man [Mass Effect 2]

the illusive man

Sebuah niat baik yang dieksekusi dengan cara buruk, Illusive Man menjadi bukti yang paling valid, bahwa politik, bahkan di industri game sekalipun, selalu menjadi area abu-abu yang penuh dengan agenda dan rahasia. Berusaha memastikan keberlangsungan eksistensi manusia sebagai sebuah ras, pemimpin organisasi Cerberus yang misterius ini bersedia melakukan segudang cara untuk mencapainya, dari menugaskan mata-mata, berperang secara terbuka, hingga melanggar kode etik tertentu yang semuanya dilakukan tanpa pertimbangan moral sama sekali. Illusive Man mungkin akan mampu membuat Indonesia mencapai apa yang selama ini kita impikan sebagai sebuah negara, namun dengan cara-cara tidak terhormat yang tidak pantas untuk dibanggakan.

9. Alex Mercer [Prototype]

alex mercer1

Apa yang akan Anda lakukan jika pemimpin Anda hadir dengan segudang janji yang terdengar manis? Nilai positifnya, ia juga punya kapabilitas untuk mewujudkan serangkaian mimpi ini dengan sangat efektif. Hal inilah yang dijanjikan Alex Mercer yang mulai menerima jati dirinya sebagai carrier Blacklight dengan kekuatan luar biasa, mendambakan sebuah dunia baru yang dihuni sebuah ras baru yang jauh lebih kuat dibandingkan manusia biasa. Apa jadinya jika Alex Mercer memimpin Indonesia? Sisi positifnya, kita akan disegani sebagai sebuah negara yang tidak bisa dimanipulasi dengan cara apapun. Kekurangannya? Kita akan berdiri di atas pondasi kekerasan dan ancaman sebagai solusi untuk semua masalah, yang justru lebih mencerminkan sikap manusia barbaric daripada modern.

8. Duke Nukem  [Duke Nukem]

duke nukem

Ada begitu banyak alasan untuk memosisikan Duke Nukem sebagai salah satu calon presiden terburuk yang bisa didapatkan Indonesia dari video game. Karakternya yang cool dan kemampuannya untuk menyelamatkan dunia dari ancaman invasi alien dalam skala besar memang memperlihatkan satu dari begitu banyak kualitas kepemimpinan yang menarik. Namun, fakta bahwa ia merupakan salah satu karakter yang tidak pernah peduli dengan pantas atau tidak pantasnya sebuah tingkah laku menjadi kelemahan tersebar, membuatnya sama sekali tidak pantas untuk dilirik. Akan sangat aneh, jika di pertemuan tingkat tinggi antar presiden, ia terlihat tengah sibuk menggoda perdana menteri wanita dari negara lain atau yang lebih ekstrim – melempar kotoran untuk sekedar bersenang-senang.

7. Trevor Philips [GTA V]

trevor

Salah satu syarat utama untuk menjadi presiden di Indonesia adalah sehat secara rohani dan jasmani. Untuk jasmani, tidak ada yang salah dengan salah satu karakter paling ikonik di sepanjang sejarah franchise GTA – Trevor Philips. Ia tidak pernah terlihat letih ketika harus mengangkat senjata dan bertempur terbuka dengan geng lain yang berusaha menutup usahanya. Masalah terbesar dari Trevor adalah fakta bahwa ia tidak memiliki kondisi psikologis yang memadami. Lebih pantas disebut sebagai seorang psikopat, Trevor bahkan tidak punya lagi kemampuan untuk menilai mana yang baik dan buruk. Semua hal bisa ditoleransi selama membawanya dekat dengan tujuan utama. Untuk Indonesia, Trevor bisa menyuntikkan sikap tegas tanpa kompromi serta konsistensi untuk bergerak. Namun bergerak lebih baik atau buruk? Itu yang jadi masalah.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…