GameFight: Watch Dogs vs GTA V

Reading time:
June 17, 2014

Audio

Watch Dogs - jagatplay (56)GTA V (127)

Musik menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari video game. Namun berbeda dengan game-game action atau RPG dengan musik yang sudah ditetapkan untuk membangun atmosfer yang tepat, musik di sebuah game open-world lebih didesain sebagai pengiring ketika Anda bergerak melintasi kota, memfasilitasi selera musik Anda sebaik mungkin. Untuk urusan yang satu ini, GTA V juga mendominasi elemen yang satu ini. Jika harus dibandingkan library musik antara GTA V dan Watch Dogs, game racikan Rockstar ini tidak diragukan lagi, tampil jauh lebih baik. Kombinasi musik yang disuntikkan Ubisoft di Watch Dogs pantas untuk dipertanyakan, dengan minimnya playlist yang bisa dinikmati secara optimal. Sementara di sisi lain, GTA V memadukan playlist ini dengan siaran radio yang hidup, memperkuat tema bahwa setiap musik ini memang dipilih untuk memperkuat atmosfer tertentu. Satu-satunya penghargaan yang berhak disandang Watch Dogs hanya pantas ditujukan untuk lagu Wutang Clan – C.R.E.A.M yang disuntikkan di dalamnya. Selebihnya? Meh.

Watch Dogs (1) vs GTA V (4)

 

World Design

Watch Dogs - jagatplay (196)GTA V (184)

Dunia tempat kita bermain sudah pasti menjadi bagian paling krusial dari sebuah game open-world. Penilaian tentu saja tidak hanya sekedar dari seberapa nyatanya detail kota yang ditawarkan, atau seberapa representatif ia dengan kondisi kota yang sama di dunia nyata, tetapi juga seberapa mampu ia menawarkan variasi terrain, atau dunia yang terasa lebih hidup. Watch Dogs memang merepresentasikan kota Chicago dengan sangat baik, namun sayang, tidak banyak memberikan variasi untuk menawarkan sensasi gameplay yang lebih menyegarkan. Sementara terrain Los Santos milik GTA V terbentang dengan identitas unik mereka sendiri. Anda akan menemukan kota metropolitan besar, sebuah kota kecil di sudut, dan padang pasir besar di tengah, dengan danau dan laut yang juga terbentang luas. Ada sensasi bahwa Anda memang tengah berada di sebuah wilayah yang benar-benar hidup, seperti halnya dunia nyata, yang tidak hanya sekedar berisikan mobil, kendaraan, bangunan tinggi, dan beberapa lokasi pelabuhan. Kompleksitas dunia GTA V tentu tampil lebih memesona.

Watch Dogs (1) vs GTA V (5)

 

Epicness

Watch Dogs - jagatplay (114)GTA V (180)

Pada akhirnya, berkesan atau tidaknya sebuah game tentu sangat ditentukan pada seberapa “epic”-nya pengalaman yang ia tawarkan, baik dari sekedar aksi, cerita, atau dramatisasi yang ia tawarkan. Di atas kertas, Watch Dogs mungkin secara konsep terdengar lebih luar biasa. Ekstra ledakan dari pipa bawah tanah, kemampuan untuk mematikan listrik di area dalam waktu tertentu, hingga kejar-kejaran dengan polisi yang tidak akan mudah ditaklukkan begitu saja. Semua hal ini seolah mendefinisikan dengan tepat kata “Epicness”. Namun apakah semua hal ini bisa dibandingkan dengan brutalitas adegan penyiksaan yang dinikmati oleh Trevor? Atau ketika Anda berkerja sama membobol sebuah gedung tinggi sembari memastikan ketiga karakter berperan maksimal? Atau ketika Anda melakukan heist dan membagikan uang tersebut sebagai pendapatan murni yang langka? Bertahan dengan tema, memperkuat cerita yang ada lewat segilintir aksi yang ditawarkan, GTA V tentu tampil lebih epic. Kita tidak membicarakan soal frekuensi ledakan atau seberapa banyak orang yang mati di tangan masing-masing karakter, tetapi kekuatan presentasi cerita, gameplay, dan inovasi yang saling mendukung dan kuat. GTA V tampil terbaik di elemen paling krusial ini.

Watch Dogs (1) vs GTA V (6)

 

And The Winner is: GTA V!

watch dogs cover art gta v cover art

Jika ada satu hal yang pantas untuk disyukuri oleh Ubisoft saat ini, adalah keputusan mereka untuk menunda rilis Watch Dogs dan tidak membuat berhadap-hadapan dengan kesuksesan masif yang dicapai GTA V tahun lalu. Karena walaupun mengusung genre open-world dengan identitas uniknya masing-masing, Rockstar membuktikan bahwa konsep yang ia jual via GTA V tampil lebih inovatif dan kuat di saat yang sama. Karakter yang memorable, cerita yang klise namun tetap menjadi pondasi yang menarik untuk dinikmati, serta beragam misi dan adegan yang menawarkan sensasi epic tersendiri. Semua hal yang membuat game ini pantas untuk memenangkan GameFight kali ini. Di sisi lain, terlepas dari sensasi menyenangkan dan unik yang ditawarkan Watch Dogs  via sistem hacking yang ada, ia gagal menerapkannya ke level yang lebih kompleks dan dalam, ke tingkat yang membuatnya pantas tampil sebagai sebuah “standar kualitas” untuk sebuah game open-world. Seperti yang berhasil dicapai oleh GTA V itu sendiri.

Jika Anda termasuk gamer yang pernah memainkan kedua game ini, jangan ragu untuk memberikan komentar jika Anda merasa bahwa penilaian di atas kurang objektif dan ada indikator yang tidak berimbang. Apalagi jika Anda merasa bahwa Watch Dogs tampil lebih baik daripada GTA V. Tidak ada yang lebih menarik bagi seorang gamer selain bertukar sudut pandang ketika menikmati karya besar di industri ini. Feel free to comment and share your opinion!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…