Developer Crysis – Crytek Terancam Bangkrut?

Reading time:
June 24, 2014
homefront evolution logo

Gamer mana yang belum pernah mendengar nama kata Crytek sebelumnya? Developer yang satu ini memang sempat menjadi fenomena setelah rilis seri pertama Crysis di masa lalu – sebuah game FPS dengan kualitas visual yang begitu luar biasa hingga tidak ada satupun PC terkuat yang bisa menanganinya. Identitas Crytek sebagai developer yang berfokus pada kualitas visual pun tidak pernah tergoyahkan, walaupun ia mulai bermain di pasar konsol. Merilis game eksklusif untuk Xbox One – Ryse, Crytek memang terlihat kian garang dengan segudang game baru yang tengah dipersiapkan, dari game MOBA – Arena of Fate hingga Homefront: The Revolution yang sangat diantisipasi. Sayangnya, ada rumor buruk yang menyebar dari developer yang satu ini.

Melihat semua proyek yang tengah dikembangkan Crytek, sangat rasional untuk berasumsi bahwa developer ini tengah berada di puncak performanya. Namun, informasi terbaru dari situs gaming Jerman – GameStar justru berkata sebaliknya. Berdasarkan informasi yang diklaim didapatkan dari internal Crytek sendiri, developer kabarnya tengah berkutat dengan kondisi keuangan yang berantakan. Tawaran akuisisi kabarnya sudah meluncur dari beberapa publisher yang lain, termasuk usaha untuk menarik tenaga kerja potensial keluar dari Crytek. Informasi ini juga didukung oleh situs gaming Eropa yang lain – Eurogamer, yang mengabarkan bahwa beberapa studio Crytek juga gagal membayar gaji bulanan karyawan mereka.

Beberapa situs yang mengklaim mendapatkan informasi dari lingkungan internal Crytek sendiri, mengabarkan bahwa developer Crysis ini tengah berhadapan dengan kondisi finansial yang berantakan. Beberapa studio bahkan dikabarkan gagal membayar gaji bulanan karyawan mereka. Crytek sendiri membantah informasi ini.
Beberapa situs yang mengklaim mendapatkan informasi dari lingkungan internal Crytek sendiri, mengabarkan bahwa developer Crysis ini tengah berhadapan dengan kondisi finansial yang berantakan. Beberapa studio bahkan dikabarkan gagal membayar gaji bulanan karyawan mereka. Crytek sendiri membantah informasi ini.

Dengan rumor yang sudah tersebar kencang, Crytek akhirnya angkat bicara. Lewat juru bicara mereka, Crytek menegaskan bahwa berita kesulitan finansial yang sempat terdengar tersebut hanyalah sekedar rumor. Ia menegaskan bahwa Crytek saat ini masih sibuk mengerjakan empat proyek game teranyar merek a – Homefront: The Revolution, Hunt: Horrors of the Gilded Age, Arena of Fate, dan Warface. Tidak hanya itu saja, mereka juga mengklaim terus memberikan support kepada developer lain yang membeli lisensi penggunaan CryEngine.

Apakah kesaksian para karyawan menjadi sebuah indikasi pasti atau sekedar rumor? Apakah bantahan Crytek adalah sesuatu yang benar atau sebuah usaha untuk menutupi masalah finansial yang tengah membelenggu? Saat ini belum ada yang bisa dipastikan. Namun sebagai salah satu developer yang karyanya juga kami nikmati, besar harapan untuk melihat Crytek berhasil melewati masalah ini, rumor ataupun bukan.

Crytek with financial crysis? Hope you guys can ryse back….. 

I’m sorry..
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…