Developer Crysis – Crytek Terancam Bangkrut?

Reading time:
June 24, 2014
homefront evolution logo

Gamer mana yang belum pernah mendengar nama kata Crytek sebelumnya? Developer yang satu ini memang sempat menjadi fenomena setelah rilis seri pertama Crysis di masa lalu – sebuah game FPS dengan kualitas visual yang begitu luar biasa hingga tidak ada satupun PC terkuat yang bisa menanganinya. Identitas Crytek sebagai developer yang berfokus pada kualitas visual pun tidak pernah tergoyahkan, walaupun ia mulai bermain di pasar konsol. Merilis game eksklusif untuk Xbox One – Ryse, Crytek memang terlihat kian garang dengan segudang game baru yang tengah dipersiapkan, dari game MOBA – Arena of Fate hingga Homefront: The Revolution yang sangat diantisipasi. Sayangnya, ada rumor buruk yang menyebar dari developer yang satu ini.

Melihat semua proyek yang tengah dikembangkan Crytek, sangat rasional untuk berasumsi bahwa developer ini tengah berada di puncak performanya. Namun, informasi terbaru dari situs gaming Jerman – GameStar justru berkata sebaliknya. Berdasarkan informasi yang diklaim didapatkan dari internal Crytek sendiri, developer kabarnya tengah berkutat dengan kondisi keuangan yang berantakan. Tawaran akuisisi kabarnya sudah meluncur dari beberapa publisher yang lain, termasuk usaha untuk menarik tenaga kerja potensial keluar dari Crytek. Informasi ini juga didukung oleh situs gaming Eropa yang lain – Eurogamer, yang mengabarkan bahwa beberapa studio Crytek juga gagal membayar gaji bulanan karyawan mereka.

Beberapa situs yang mengklaim mendapatkan informasi dari lingkungan internal Crytek sendiri, mengabarkan bahwa developer Crysis ini tengah berhadapan dengan kondisi finansial yang berantakan. Beberapa studio bahkan dikabarkan gagal membayar gaji bulanan karyawan mereka. Crytek sendiri membantah informasi ini.
Beberapa situs yang mengklaim mendapatkan informasi dari lingkungan internal Crytek sendiri, mengabarkan bahwa developer Crysis ini tengah berhadapan dengan kondisi finansial yang berantakan. Beberapa studio bahkan dikabarkan gagal membayar gaji bulanan karyawan mereka. Crytek sendiri membantah informasi ini.

Dengan rumor yang sudah tersebar kencang, Crytek akhirnya angkat bicara. Lewat juru bicara mereka, Crytek menegaskan bahwa berita kesulitan finansial yang sempat terdengar tersebut hanyalah sekedar rumor. Ia menegaskan bahwa Crytek saat ini masih sibuk mengerjakan empat proyek game teranyar merek a – Homefront: The Revolution, Hunt: Horrors of the Gilded Age, Arena of Fate, dan Warface. Tidak hanya itu saja, mereka juga mengklaim terus memberikan support kepada developer lain yang membeli lisensi penggunaan CryEngine.

Apakah kesaksian para karyawan menjadi sebuah indikasi pasti atau sekedar rumor? Apakah bantahan Crytek adalah sesuatu yang benar atau sebuah usaha untuk menutupi masalah finansial yang tengah membelenggu? Saat ini belum ada yang bisa dipastikan. Namun sebagai salah satu developer yang karyanya juga kami nikmati, besar harapan untuk melihat Crytek berhasil melewati masalah ini, rumor ataupun bukan.

Crytek with financial crysis? Hope you guys can ryse back….. 

I’m sorry..
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…