Watch Dogs Membela Diri Soal Setting “Rahasia” E3 2012
Merasa dibohongi, ini mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan hampir seluruh gamer PC di seluruh dunia saat ini. Bagaimana tidak? Kekecewaan yang mengakar pada fakta bahwa Watch Dogs yang hadir di versi komersial tidak sebaik yang yang diperkenalkan di ajang E3 2012 menjadi sumber frustrasi tersendiri. Apa yang sebenarnya terjadi? Apalagi mengingat Ubisoft sempat menunda rilis game ini selama beberapa bulan? Jawabannya sangat mengejutkan. Salah satu modder bernama “TheWorse” berhasil menemukan fakta bahwa setting ala E3 2012 sebenarnya tersimpan secara rahasia di dalam game Watch Dogs itu sendiri, namun semua efek visual tersebut dimatikan tanpa alasan yang jelas. Kontroversi kembali mengemuka, Ubisoft kembali dihujat. Tim yang bertanggung jawab atas proses produksinya tentu tidak bisa lagi bersembunyi.
Ubisoft dicurigai sengaja mengunci setting E3 2012 ini dari versi PC untuk memastikan hasil akhir visual dengan perbedaan yang tidak terlalu mencolok dengan versi konsol generasi terbarunya. Namun, apa sebenarnya alasan tim pengembangnya sendiri? Merespon gelombang respon negatif yang terus menghantam Watch Dogs, mereka akhirnya angkat bicara.
Sebuah pernyataan resmi akhirnya dikeluarkan oleh Ubisoft sebagai reaksi atas ditemukannya setting E3 2012 di dalam Watch Dogs. Setting yang menawarkan efek cahaya, bayangan, dan depth of field yang lebih sempurna ini menjadi sumber masalah tersendiri untuk mereka. Lewat situs mereka sendiri, Ubisoft menyatakan bahwa aksi ini bukanlah bentuk sebuah downgrade visual untuk Watch Dogs versi PC, melainkan usaha untuk memastikan game ini berjalan optimal dengan kualitas terbaik di setiap platform yang ada. Semua setting ini diakui dimatikan karena efeknya pada kenyamanan secara visual, stabilitas permainan, kualitas gameplay dan performa secara keseluruhan. Salah satu yang disebut-sebut adalah kesulitan untuk membaca lingkungan dengan baik, sehingga membuat Watch Dogs justru lebih sulit untuk dinikmati. Sebagai penutup, mereka mengucapkan terima kasih atas mereka yang sudah memilih Watch Dogs.
Sebagai salah satu gamer yang memainkan Watch Dogs di PC dan cukup berang dengan temuan setting “rahasia” E3 2012 ini, alasan yang diungkapkan oleh Ubisoft boleh terbilang tidak masuk akal. Apa pasal? Ketika diaktifkan, setting ini justru terbukti menghasilkan performa gameplay yang lebih stabil dengan efek stuttering yang lebih minim. Tidak hanya itu saja, jika memang opsi seperti ini bisa dicapai untuk menghasilkan kualitas visual yang jauh lebih optimal, mengapa tidak menyerahkan keputusan untuk mengaktifkan efek-efek ini kembali ke tangan gamer sendiri? Mengapa mereka memilih untuk “menyembunyikannya”.
What is really going on, Ubisoft? We demand answers!