10 Calon Presiden Terbaik Indonesia dari Video Game!

Reading time:
July 7, 2014
mass-effect-calon-presiden-

Dua hari lagi, dan Indonesia akan melaksanakan pesta Demokrasi terbesar, merayakan kebebasan untuk memilih satu dari dua pemimpin yang akan membawa bangsa besar ini dalam perjalanan lima tahun ke depan. Perjalanan lima tahun penuh harapan, perjalanan lima tahun penuh mimpi, perjalanan lima tahun penuh gelombang optimisme. Berjuang bersama sebagai sebuah bangsa yang terbangun dari identitas budaya, agama, ras, dan golongan yang berbeda memang bukan sesuatu yang mudah, tetapi pemilu menjadi pintu gerbang untuk memulai perjalanan sebagai sebuah negara yang satu, yang berdiri di bawah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Layaknya sebuah kapal kokoh yang kini siap mengaruhi lautan yang luas, kita butuh seorang Nahkoda yang pantas.

Anda yang sempat membaca artikel toplist kami sebelumnya tentu saja sudah menyadari bahwa JagatPlay pernah membahas tentang 10 karakter game mana saja yang dianggap akan justru membawa Indonesia semakin dalam menuju keterpurukan. Kini menyambut pesta demokrasi yang penuh dengan aura positif dengan begitu banyak mimpi besar yang hendak dicapai, menjadi momen yang tepat untuk merilis sebuah artikel pembanding. Kita akan membahas 10 karakter video game yang kami anggap sebagai kandidat terbaik untuk memimpin Indonesia sebagai sebuah bangsa, tidak hanya karena karakterisasi yang disuntikkan padanya, tetapi juga lewat beragam tindak tanduk dan keputusan tiap karakter ini ketika dihadapkan pada sejumlah konflik yang tidak kalah kompleks dengan dunia nyata.

Lantas, dari semua karakter di video game, siapa saja yang kami anggap sebagai calon pemimpin terbaik untuk Indonesia?

10. Albert [Legend of Dragoon]

albert

Seorang pemimpin yang tidak hanya sekedar memerintah, tetapi menggunakan kemampuan fisiknya sendiri untuk turun dari tahtanya yang nyaman dan berjuang untuk menciptakan sebuah perubahan secara nyata. Kalimat yang satu ini tampaknya cocok untuk menjelaskan sosok Albert dari Legend of Dragoon. Lahir dan memerintah sebagai raja yang cukup dicintai rakyatnya, Albert memutuskan untuk turun dari posisi nyamannya dan melanjutkan takdir sang sahabat yang tewas – Lavitz sebagai Dragoon Hijau. Seorang raja yang rela untuk mengorbankan kekuasaan dan posisi nyaman untuk kerja yang lebih nyata untuk rakyat? Bukankah itu kualitas pemimpin yang kita impikan.

9. Phoenix Wright (The Ace Attorney)

phoenix wright

Secara fisik, Phoenix Wright mungkin tidak terlihat sebagai seorang calon pemimpin yang potensial, apalagi dari statusnya sebagai seorang pengacara yang di Indonesia, memang seringkali diidentikkan dengna pembela kekuasaan. Namun ketika berbicara tentang idealisme dan dedikasi untuk memperjuangkan kebenaran, Wright adalah sosok yang kita butuhkan. Ia juga terhitung sebagai teman yang setia dan tidak pernah lari ketika dibutuhkan, bahkan pada kasus dan situasi yang dimana ia harus mempertahankan kehormatan profesinya sebagai pejuang kebenaran garis depan. Seseorang yang rasional menganalisa semua pertimbangan sebelum memutuskan, Wright akan menjalankan tugas kebenaran dengan sangat baik.

8. Mario [Super Mario Bros.]

mario

Pintar, setia, atau dimanfaatkan? Memang terhitung sedikit semu untuk memasukkan karakter sekelas Mario ke dalam 10 calon pemimpin Indonesia terbaik dari video game. Namun jika melihat seberapa ia terus menyelamatkan Peach dan dunia dari ancaman Bowser tanpa sekalipun mengeluh dan meragukan dirinya sendiri, hal ini cukup untuk mendorong Indonesia sendiri. Yang dibutuhkan dari bangsa dengan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia yang luar biasa ini hanyalah sedikit dorongan  kepercayaan diri dan konsistensi bergerak, sesuatu yang bisa diinsipirasi dari sepak terjang Mario selama ini. Berangkat dari hal inilah, Mario yang selama ini selalu menunjukkan perilaku baik tanpa sedikit pun buruk, menjadi kandidat yang begitu menggoda.

7. Jim Raynor [Starcraft]

jim raynor

Sederhana, jujur, terbuka, dan bersemangat, keempat kepribadian inilah yang disuntikkan Blizzard untuk mendeskripsikan sosok Jim Raynor – salah satu karakter penting di semesta Starcraft. Ia tidak serta merta menggunakan kekuatannya untuk mencari masalah dan lebih memanfaatatkannya sebagai media untuk mengambil keputusan, bahkan di saat tersulit sekalipun. Dari semua karakter pasukan Terran, Raynor menjadi yang paling “lurus” dan seringkali menjadi tumpuan untuk mencapai hasil terbaik di saat terburuk sekalipun. Kualitas yang kita butuhkan sebagai bangsa saat ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…