DirectX 12 Tidak Jamin Xbox One Mampu Capai 1080p?

Reading time:
August 5, 2014

 

the witcher 3 e3 2014

Microsoft memang tidak bisa menyanggah fakta bahwa di atas kertas, performa konsol generasi terbaru mereka – Xbox One memang berada di bawah sang kompetitor utama – Playstation 4. Kelemahan ini sendiri memang sudah tercermin lewat kualitas rilis beberapa game multiplatform yang mengalami sedikit penurunan di konsol milik Microsoft ini, terutama dari framerate dan resolusi. Ketika Playstation 4 mencicipi nikmatnya 1080p, Xbox One harus siap dengan resolusi lebih rendah: 720p, 900p, hingga yang cukup absurd – 792p. Microsoft sendiri sempat mengklaim bahwa implementasi API baru – DirectX 12 akan menjadi solusi alternatif, memberikan lonjakan performa yang signifikan untuk Xbox One. Namun benarkah demikian? Developer Witcher – CD Projekt Red berpendapat berbeda.

Sebagai developer salah satu game RPG paling diantisipasi saat ini – The Witcher 3, CD Projekt Red memang secara langsung berhubungan dengan Xbox One untuk memastikan versi final rilis yang optimal. Menanggapi klaim Microsoft di ajang GDC 2014 yang lalu, bahwa implementasi DirectX 12 akan memastikan GPU Xbox One berjalan lebih maksimal dan menjamin rilis game dalam resolusi 1080p di sana. Sebuah klaim yang langsung dibantah secara terbuka oleh CD Projekt Red, dalam wawancara terbarunya dengan situs gaming – GamingBolt.

Lead Engineer Programmer dari CD Projekt Red - developer dari The Witcher 3 mengklaim bahwa implementasi DirectX 12 tidak akan meningkatkan performa Xbox One, terutama untuk memastikan sebagian besar game berjalan di resolusi penuh 1080p.
Lead Engineer Programmer dari CD Projekt Red – developer dari The Witcher 3 mengklaim bahwa implementasi DirectX 12 tidak akan meningkatkan performa Xbox One, terutama untuk memastikan sebagian besar game berjalan di resolusi penuh 1080p.

Lewat mulut sang Lead Engine Programmer – Balazs Torok, CD Projekt Red secara terbuka menegaskan bahwa implementasi DirectX 12 di Xbox One tidak lantas membuat konsol ini akan mampu menjamin semua game berjalan di resolusi 1080p. Torok menyebut bahwa sebagian besar game tidak mampu berjalan d resolusi ini karena tambahan beban untuk shading units yang tidak mampu diakomodasi oleh hardware Xbox One. Untuk semua game ini, Torok menegaskan bahwa kehadiran DirectX 12 tidak akan mengubah apapun. Microsoft sendiri tidak memberikan  komentar resmi apapun terkait pernyataan dari Torok ini.

Jika pernyataan Torok ini berakhir menjadi sebuah kebenaran, maka game-game third party yang dirilis secara multiplatform akan terus menjadi kelemahan bagi Xbox One sendiri. Akankah implementasi DirectX 12 nantinya berakhir menjadi peluru kosong untuk konsol generasi terbaru Microsoft ini? Kita tunggu saja.

The Witcher 3: Wild Hunt sendiri rencananya akan dirilis pada 24 Februari 2015 mendatang, untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC. 

Source: GamingBolt

Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…