Hacker “Paksa” Developer Game Fez Tutup Studio

Reading time:
August 25, 2014
fez

Zoe Quinn, berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama ini sebelumnya? Untuk Anda yang tidak terlalu mengikuti industri game, wanita ini mungkin lebih dikenal sebagai developer dari game unik – Depression Quest. Namun sayangnya, ia kini justru menjadi “musuh” sebagian besar gamer di dunia maya. Zoe Quinn dituduh menjual hubungan seksual dengan setidaknya 5 orang penting di industri game sebagai ganti review positif dan membangun koneksi lebih luas. Pengakuan yang dilemparkan sang mantan pacar ini menyulut api kemarahan banyak komunitas gaming, mempertanyakan netralitas dan kerja para jurnalis video game di belakang layar. Salah satu yang dicurigai menjadi bagian dari “5 orang” ini adalah Phil Fish.

Phil Fish sendiri merupakan developer indie yang mengembangkan Fez – game yang cukup mendapatkan pujian karena desainnya yang unik dan kreatif. Dituduh sebagai salah satu pihak yang dimanfaatkan oleh Zoe Quinn dan terlihat membela habis-habisan sosok ini di akun Twitter-nya, Fish pun menjadi target kemarahan. Namun tidak lagi sekedar hanya melampiaskan kemarahan tersebut lewat kata-kata, beberapa orang berhasil melakukan Doxing – merilis semua informasi pribadi dari Phil Fish sendiri. Lewat akun Twitter resminya, Fish mengungkapkan bahwa semua informasi pribadinya dari detail kontak, password, informasi rekening bank, dan beragam detail lain sudah dirilis ke publik oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengaku menjadi korban doxing (pencurian informasi pribadi), Phil Fish menutup studio gamenya - Polytron dan menjual game andalannya - Fez.
Mengaku menjadi korban doxing (pencurian informasi pribadi), Phil Fish menutup studio gamenya – Polytron dan menjual game andalannya – Fez.

Karena hal inilah, Phil Fish tidak ingin berhadapan lagi dengan hal yang sama. Dalam tweet dari akun resminya, Fish mengumumkan bahwa developer racikannya – Polytron dan game andalannya – Fez akan dijual untuk umum. Ia tidak akan menolak harga yang memang masuk akal. Di tweet yang sama, ia mengeluhkan bahwa ia ingin lari jauh dan tidak mampu lagi meneruskan karirnya. Ia menyebutnya sebagai mimpi buruk yang tidak pantas untuk diperjuangkan.

Anehnya, belum ada satupun kelompok yang mengklaim diri sebagai pihak peretas, walaupun kecurigaan mengarah pada para Anon dari 4chan. Menariknya lagi? Banyak gamer yang justru menuduh Phil Fish berbohong dan mengada-ngada terkait informasi doxing ini. Alih-alih simpati, perasaan antipati justru mengalir jauh lebih keras. Keterkaitan yang kuat antara sosok Fish dan Zoe Quinn, sikapnya yang selama ini terkesan sombong dan sering mengeluh, beberapa tweet yang sempat menyerang gamer, hingga ketidakpastian seri Fez 2 menjadi alasan di balik sikap gamer ini.

Benarkah data pribadi Phil Fish dicuri oleh komunitas gamer yang marah? Ataukah seperti tuduhan gamer di dunia maya, ia hanya sekedar berbohong untuk mencuri simpati? Semoga saja kebenaran akan terjawab nantinya.

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…