Developer Dark Souls: Kami Tak Akan Berhenti Buat Game Sulit!

Reading time:
September 19, 2014
Bloodborne (4)

Video game saat ini terasa jauh lebih mudah dibandingkan dengan game-game lawas yang meluncur di platform gaming legendaris. Kalimat yang satu ini memang tidak berlebihan. Banyak game saat ini yang sekedar didesain untuk menawarkan pengalaman sinematik yang memanjakan mata, tanpa lagi peduli dengan aspek gameplay dan tantangan yang begitu esensial di masa lalu. Pertempuran melawan boss raksasa berakhir menjadi QTE, sistem regenerasi, hingga karakter yang didesain over-powered menjadi pemandangan sehari-hari. Namun terlepas dari cita rasa mainstream tersebut, ada satu developer yang memutuskan untuk bergerak melawan arus. Benar sekali, kita tengah membicarakan From Software.

Di masa lalu, sebagian gamer mungkin mengenal nama From Software sebagai otak di belakang game mecha keren – Armored Core. Namun saat ini, ia lebih dipandang sebagai empunya franchise game action RPG tersulit – Dark Souls yang selalu tampil memukau. Berbeda dengan sebagian besar game lain yang meluncur ke pasaran, Dark Souls justru menawarkan tingkat kesulitan tinggi sebagai daya tarik utama, yang anehnya juga, berhasil membangun basis fans fanatik yang cukup masif. Berbicara di ajang Tokyo Game Show 2014, From Software menegaskan bahwa sensasi ini akan tetap dipertahankan di masa depan.

From Software berkomitmen untuk bertahan dengan cita rasa game sulit racikannya di masa depan.
From Software berkomitmen untuk bertahan dengan cita rasa game sulit racikannya di masa depan.

Yui Tanimura – director dari Dark Souls II menyatakan bahwa terlepas dari fakta bahwa game-game sulit merupakan minoritas di industri game saat ini, mereka tidak akan berhenti menciptakan game-game dengan identitas tersebut. Tanimura menyebut bahwa daripada sekedar membangun dunia fantasi yang kelam, mereka lebih berfokus untuk membuat player mendapatkan pengalaman bahwa mereka telah mencapai sesuatu yang luar biasa. Sensasi inilah yang senantiasa akan terus mereka pertahankan. Ia juga merasa senang bahwa ada banyak game di luar sana yang berusaha meniru Dark Souls, yang sekaligus menjadi bukti tidak langsung, bahwa apa yang berusaha mereka capai kini sudah mulai diterima oleh pasar yang lebih luas.

Apa yang diungkapkan oleh Tanimura ini bukan sekedar omong kosong belaka. Tidak hanya memperluas pengalaman Dark Souls 2 via beragam DLC yang ada, From Software juga tengah mengembangkan Bloodborne – sebuah game action RPG dengan identitas serupa yang didesain eksklusif untuk Playstation 4. Lebih banyak game sulit ala Dark Souls? Bring it on!

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…