Review Dead Rising 3: Kiamat yang Menyenangkan!

Reading time:
September 10, 2014
Dead Rising 3 JagatPlay (1)

Mayat-mayat yang bangkit dari kematian, sekedar didorong kebutuhan untuk mencari makanan, tanpa kesadaran dan pertimbangan moral, dan mampu menginfeksi yang lain dengan cakaran atau gigitan, zombie memang harus diakui merupakan salah satu skenario akhir dunia yang secara konsep, menyeramkan. Tidak mengherankan jika ia dilihat sebagai sebuah bentuk ancaman fiktif yang cocok untuk game-game bergenre survival-horror seperti Resident Evil atau Left 4 Dead, misalnya. Namun sensasi dan atmosfer yang berbeda justru ditawarkan oleh franchise lain andalan Capcom – Dead Rising. Alih-alih sebagai ancaman, zombie justru dilihat sebagai sebuah sarana untuk bersenang-senang secara optimal. Seperti yang ditawarkan oleh Dead Rising 3.

Anda yang sudah sempat membaca preview kami sebelumnya, tentu saja sudah memiliki sedikit gambaran akan apa yang ditawarkan oleh Dead Rising 3 ini. Sebagai salah satu game yang “membuka” jalan untuk langkah pertama Xbox One memasuki persaingan konsol generasi terbaru, Dead Rising 3 tampil cukup memesona di versi PC yang akhirnya dirilis, setelah penantian yang cukup lama. Tidak hanya dari kualitas visual, tetapi juga fakta bahwa game generasi terbaru ini memuat gebrakan teknologi yang cukup memesona untuk sebuah game open-world. Satu yang pasti, atmosfer fun yang dibawa dari dua seri Dead Rising sebelumnya tetap dipertahankan di seri teranyar ini.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Rising 3? Mengapa kami menyebutnya sebagai kiamat yang menyenangkan? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Selamat datang di Los Perdidos, sebuah kota yang akan terlihat indah, jika tidak ada ratusan ribu mayat hidup berkeliaran.
Selamat datang di Los Perdidos, sebuah kota yang akan terlihat indah, jika tidak ada ratusan ribu mayat hidup berkeliaran.

Selamat datang di Los Perdidos, sebuah kota fiktif California dengan cuaca tropis yang terlihat sebagai tujuan wisata yang menyenangkan, tentu saja, jika ia tidak sedang berada di kondisinya saat ini. Ketika ia tidak sedang dipenuhi oleh ratusan ribu mayat hidup yang bertebaran di jalan, berjalan pelan untuk mencari sumber makanan yang masih tersisa – manusia. Selamat datang di Los Perdidos, dimana senapan mesin dan parang tajam akan jadi cara terbaik Anda untuk menikmati liburan.

Anda berperan sebagai seorang montir bernama Nick Ramos yang berusaha bertahan hidup di tengah kekacauan ini.
Anda berperan sebagai seorang montir bernama Nick Ramos yang berusaha bertahan hidup di tengah kekacauan ini.
Prioritasnya secara langsung berubah, ketika pemerintah AS mulai menghitung mundur waktu sebelum Los Perdidos lenyap dari muka bumi untuk selamanya.
Prioritasnya secara langsung berubah, ketika pemerintah AS mulai menghitung mundur waktu sebelum Los Perdidos lenyap dari muka bumi untuk selamanya.

Anda akan berperan sebagai seorang montir bernama Nick Ramos, yang berusaha bertahan hidup di tengah semakin memburuknya kondisi Los Perdidos. Bersama dengan beberapa manusia lain yang selamat, Nick harus berjuang melewati barisan para mayat hidup ini untuk mencari bahan makanan dan tentu saja, korban lain yang kebetulan selamat. Namun waktu yang dimiliki Nick ternyata tidak banyak. Pemerintah Amerika Serikat yang tengah dirundung kekacauan ternyata memutuskan untuk melemparkan bomb berkekuatan dahsyat dan melenyapkan Los Perdidos dari peta dunia. Waktu berjalan, dan satu-satunya jalan keluar Nick hanyalah sebuah pesawat terbang butut yang menolak untuk hidup jika tidak mendapatkan supply part tertentu.

Tidak hanya harus berhadapan dengan para zombie, absennya hukum di Los Perdidos juga melahirkan berbagai kelompok manusia yang tidak kalah berbahaya.
Tidak hanya harus berhadapan dengan para zombie, absennya hukum di Los Perdidos juga melahirkan berbagai kelompok manusia yang tidak kalah berbahaya.
Seiring dengan progress cerita, Ramos juga menemukan benang konspirasi kusut yang melibatkan pemerintah AS itu sendiri.
Seiring dengan progress cerita, Ramos juga menemukan benang konspirasi kusut yang melibatkan pemerintah AS itu sendiri.

Dengan waktu super terbatas inilah, misi utama Nick beralih, dari sekedar bertahan hidup menjadi keluar dari neraka dunia ini secepat mungkin. Namun bukan hanya zombie yang harus ditakuti olehnya. Kondisi Los Perdidos yang tidak lagi memiliki hukum apapun, melahirkan gelombang manusia-manusia oportunis dengan agenda mereka masing-masing, dari sekedar kelompok gang motor yang bertahan hidup dengan cara menjarah, hingga beragam organisasi lain yang punya cara berbeda-beda untuk memastikan keselamatan dri mereka sendiri. Seiring dengan progress permainan, Nick juga menemukan sebuah benang kusut konspirasi menyeramkan, yang ternyata melibatkan militer Amerika Serikat. Tidak hanya itu saja, obat penangkal infeksi zombie yang selama ini didengungkan sebagai metode yang efektif – Zombrex ternyata digunakan untuk kepentingan yang jauh berbeda.

Is that.....
Is that…..

Lantas, mampukah Nick keluar dari Los Perdidos ini? Siapa sebenarnya dalang di belakang munculnya ratusan ribu mayat hidup ini? Kepentingan apa yang melibatkan militer AS dan Zombrex? Semua jawaban dari misteri ini akan bisa Anda jawab dengan memainkan Dead Rising 3 ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…