Review Naruto Shippuden – Ultimate Ninja Storm Revolution: Wajib untuk Penggemar Naruto!

Reading time:
September 29, 2014
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Revolution - jagatplay (169)

Membicarakan game fighting berarti membicarakan sebuah genre di industri game yang mekanik gameplay-nya hanya berpusat pada satu tujuan sederhana – menundukkan lawan Anda dalam pertempuran yang seimbang. Namun bukan berarti semua game fighting menawarkan pengalaman setara. Ada game fighting yang memang didesain untuk tampil kompetitif, dimana kemampuan untuk menguasai karakter dan gerakan unik yang mereka miliki sangat bergantung pada kemampuan Anda – sebagai gamer untuk memahami gerakan, menghitung frame, hingga menghafal kombinasi combo yang mematikan. Sementara di sisi lain, ada game fighting yang didesain sekedar fun, sebagai pemuas basis fans franchise tertentu. Berbeda dengan versi game fighting pertama, ia memang didesain untuk sekedar menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan sinematik. Game teranyar dari Bandai Namco – Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution tampaknya masuk ke dalam kategori terakhir ini.

Anda yang sempat membaca preview dari JagatPlay sebelumnya tentu saja sudah punya sedikit gambaran, daya tarik seperti apa yang ditawarkan oleh seri terbaru ini. Berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang selalu meminta Anda untuk terus mengulang petualangan Naruto dari titik tertentu, Storm Revolution berusaha menjajal konsep yang berbeda. Tidak hanya itu saja, ada beberapa perubahan mekanik gameplay juga yang disuntikkan di dalamnya, membuat setiap pertarungan yang Anda jalani terasa jauh lebih epik dan dahsyat. Seperti klaim yang dilemparkan Bandai Namco sebelumnya, seri ini juga akan memuat konten-konten original, dari sisi cerita hingga karakter, tentu saja untuk memuaskan para penggemar manga dan anime Naruto sendiri. Seberapa efektif nilai jual yang satu ini? Ini lah yang menjadi pertanyaan utama.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ultimate Ninja Storm Revolution ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game wajib untuk penggemar Naruto? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Berbeda dengan seri Narutimate sebelumnya yang biasanya mengusung plot inti yang bisa dinikmati, Storm Revolution memutuskan untuk memecah pengalaman tersebut ke beragam bagian yang terpisah.
Berbeda dengan seri Narutimate sebelumnya yang biasanya mengusung plot inti yang bisa dinikmati, Storm Revolution memutuskan untuk memecah pengalaman tersebut ke beragam bagian yang terpisah.

Storm Revolution memang mengambil metode plot yang berbeda dibandingkan seri-seri Ultimate Storm lainnya. Tidak lagi meminta Anda untuk memulai kisah Naruto dari satu titik dan berakhir ke titik lain yang biasanya berada cukup jauh dari kondisi terakhir di versi manga atau anime-nya, konten cerita di Storm Revolution dipisah menjadi beberapa bagian, dengan fokus yang juga terbagi. Tidak ada lagi paksaan bagi Anda yang mengikuti alur cerita yang mungkin sudah Anda nikmati berulang kali. Namun ada dua mode yang bisa disimpulkan sebagai kompensasi mode cerita yang sudah lama mereka suntikkan ini.

Mode pertama tentu saja adalah – Ninja World Tournament, yang meminta Anda untuk memilih satu dari sejumlah karakter yang disediakan untuk bertarung di Ninja World Tournament. Berlangsung di sebuah pulau terpisah bernama – Festival Island, seperti nama yang ia usung, Turnamen ini memang digelar oleh kelima negara ninja utama untuk memilih satu ninja terkuat di antara semua karakter ikonik Naruto yang ada. Tentu saja, mode yang satu ini tidak menempatkan diri dalam timeline utama cerita Naruto manapun. Di sini, Anda bisa bertemu dengan karakter yang mana saja, terlepas dari nasib yang membelenggu mereka di timeline cerita utama. Terbagi ke dalam beberapa chapter, mode yang satu ini juga memungkinkan karakter yang Anda gunakan untuk melakukan sedikit eksplorasi, menyelesaikan beragam side-quest yang diberikan, berbelanja, serta kesempatan untuk membuka lebih banyak karakter yang bisa digunakan di mode pertempuran.

Ada Ninja World Tournament yang bercerita tentang pertempuran untuk menjadi ninja terbaik. Timeline cerita utama Naruto tidak memiliki pengaruh sama sekali di mode yang satu ini.
Ada Ninja World Tournament yang bercerita tentang pertempuran untuk menjadi ninja terbaik. Timeline cerita utama Naruto tidak memiliki pengaruh sama sekali di mode yang satu ini.
Selain Ninja World Tournament, satu mode cerita ekstra juga dirilis untuk memperkuat latar belakang karakter baru - Mecha Naruto yang unik.
Selain Ninja World Tournament, satu mode cerita ekstra juga dirilis untuk memperkuat latar belakang karakter baru – Mecha Naruto yang unik.

Di luar Ninja World Tournament, Storm Revolution juga mengusung satu ekstra konten cerita super unik yang sekaligus menjadi masa perkenalan untuk karakter baru original yang disuntikkan ke dalam game yang satu ini. Menyambut Ninja World Tournament yang kian mendekat, perjalanan Naruto dan Hinata ke Festival Island justru berujung pada satu misteri besar yang sulit terpecahkan. Mereka tiba-tiba bertemu dengan sebuah mecha dengan wujud yang begitu lekat dengan sosok Naruto, yang ternyata, juga tidak memiliki ingatan sama sekali mengenai eksistensi dirinya sendiri. Kebingungan dan jatuh hati pada sosok Hinata, robot yang dipanggil sebagai “Mecha-Naruto” ini memutuskan untuk bergabung dengan sang versi originalnya. Namun sayangnya, penerimaan yang tidak terlalu bersahabat dari Leaf Village membuat Mecha Naruto mengambil sebuah langkah penuh keputusasaan. Iri dengan sosok Naruto yang begitu dihormati dan dicintai oleh semua orang, ia memutuskan untuk menggunakan jutsu terakhirnya dan bertukar tubuh untuk merasa diterima. Lantas, bagaimana drama ini akan berakhir? Anda harus mencicipi Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution ini untuk mengetahui jawabannya.

Selain kedua mode tersebut, Storm Revolution juga menghadirkan satu mode cerita ekstra bernama Ninja Escapades.
Selain kedua mode tersebut, Storm Revolution juga menghadirkan satu mode cerita ekstra bernama Ninja Escapades.

Selain dua mode tersebut, Storm Revolution juga mengusung satu mode baru – Ninja Escapades yang berisikan tiga konten utama yang akan membuat sebagian besar penggemar Naruto jatuh hati. Apa saja isinya? Kita akan bahas lebih dalam di sesi berikutnya.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…
September 28, 2020 - 0

Review HADES: Super Duper Nagih!

Supergiant Games? Berapa banyak dari Anda yang pernah mendengar nama…

PlayStation

November 20, 2020 - 0

Review Genshin Impact: Inovasi dan Adiksi Uji Hoki!

Berapa banyak dari Anda yang saat ini tengah sibuk memainkan…
November 17, 2020 - 0

Review Kingdom Hearts – Melody of Memory: Nostalgia Telinga!

Menyebutnya sebagai salah satu franchise dengan plot paling kompleks memang…
November 13, 2020 - 0

Review Watch Dogs Legion: Bersatu Kita Teguh, Bercerai Tetap Seru!

Kontroversial, memancing cemooh di awal rilis, namun tetap berakhir sukses…
November 10, 2020 - 0

Preview Assassin’s Creed Valhalla: Dalam Lindungan Odin!

“Ini bukan lagi seri Assassin’s Creed”, pergeseran genre dengan cita…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…