Review Roccat Kone XTD: Kustomisasi Tanpa Batas!

Reading time:
October 11, 2014
Roccat Kone XTD
Roccat Kone XTD

Peripheral gaming perlahan namun pasti, mulai tumbuh menjadi sesuatu yang esensial, apalagi di tengah merebaknya game-game yang menjadikan unsur kompetitif sebagai nilai jual utama. Walaupun sempat dicurigai sekedar sebagai “gimmick” tanpa pengaruh yang signifikan ketika bermain game, sebagian besar peripheral yang menyandang status gaming saat ini mulai berhasil membuktikan diri. Tidak hanya sekedar menawarkan kualitas desain yang membuatnya terlihat mencolok dibandingkan produk konvensional pada umumnya, sebagian peripheral ini juga didukung dengan komponen, fitur, dan fungsi yang mampu membuat pengalaman bermain menjadi jauh lebih maksimal. Salah satu nama yang selalu diasosiasikan dengan kekuatan tersebut? Tidak lain dan tidak bukan, Roccat.  Sang produsen dengan logo keren tersebut menawarkan satu jajaran produk mouse gaming yang sulit ditolak pesonanya – Roccat Kone XTD yang akhirnya mampir di meja redaksi JagatPlay. Seperti apa performa yang ditawarkan?

Desain dan Fitur

Secara garis besar, desain yang ditawarkan Roccat Kone XTD serupa dengan seri Kone original.
Secara garis besar, desain yang ditawarkan Roccat Kone XTD serupa dengan seri Kone original.

Sebagian besar Anda yang sudah mengenal jajaran produk Roccat tentu tidak akan asing lagi dengan desain yang ditawarkan oleh Roccat Kone XTD ini. Secara garis besar, hampir tidak ada perbedaan signifikan dari sisi desain yang ditawarkan Kone XTD ini dengan produk Roccat Kone yang sempat dirilis beberapa tahun yang lalu. Berhasil merebut banyak penghargaan sebagai salah satu mouse gaming terbaik dan ternyaman, Roccat tampaknya cukup percaya diri untuk mempertahankan kualitas desain yang sama di produk terbaru mereka ini. “If it ain’t broke, don’t fix it..”, tampaknya menjadi mental Roccat ketika mengembangkan varian terbaru – Kone XTD ini. Jika mengusung kualitas desain yang sama, lantas apa yang membuat keduanya berbeda?

Upgrade mungkin menjadi kalimat yang pantas menjelaskan hubungan antara Roccat Kone dan Roccat Kone XTD. Roccat Kone XTD mengusung beberapa spesifikasi dan fitur baru yang sebelumnya tidak ada di versi Kone original, yang secara otomatis, membuatnya tampil sebagai peripheral gaming yang tidak hanya bisa diandalkan namun lebih adaptif. XTD menyempurnakan nilai jual yang sempat membuat Kone tampil begitu luar biasa. Roccat Kone XTD hadir dengan tingkat DPI lebih tinggi, diperkuat dengan processor berbasis Arm, onboard memory lebih banyak, dan teknologi baru – TitanWheel. Desain sama, performa yang lebih baik, inilah yang berusaha ditawarkan oleh nama “XTD” ini.

Hadir sebagai penyempurnaan dari versi originalnya, Kone XTD hadir dengan beberapa peningkatan fungsi dan fitur.
Hadir sebagai penyempurnaan dari versi originalnya, Kone XTD hadir dengan beberapa peningkatan fungsi dan fitur.
Desain bentuk yang ergonomis dengan balutan warna hitam yang elegan, ia memperlihatkan identitas peripheral gaming yang cukup kuat.
Desain bentuk yang ergonomis dengan balutan warna hitam yang elegan, ia memperlihatkan identitas peripheral gaming yang cukup kuat.

Anda yang belum pernah menjajal Roccat Kone sebelummya akan mudah jatuh hati dengan mouse yang satu ini. Desain yang konvensional dan menjadikan kenyamanan sebagai nilai jual paling utama, Roccat Kone XTD tampil super elegan. Warna hitam dan logo besar yang menyelimuti bagian belakangnya juga meninggalkan kesan garang, cukup untuk membuat identitasnya sebagai peripheral gaming tercermin kuat untuk siapapun yang melihatnya untuk pertama kali. Sementara dari sisi fungsi, ia hadir dengan jumlah tombol standar yang biasanya diusung oleh mouse gaming saat ini. Lima tombol di bagian tengah untuk tiga fungsi utama, termasuk tombol untuk mengatur tingkat sensitivitas secara instan, dan dua timbol ekstra di bagian sisi untuk mengakses fungsi lain secara instan yang bisa Anda kustomisasi nantinya. Semuanya berada di dalam posisi yang nyaman untuk diakses, tanpa perlu meninggalkan rasa canggung.

Logo garang Roccat yang disematkan di bagian belakang.
Logo garang Roccat yang disematkan di bagian belakang.
Sisi kosmetik lewat garis LED yang disematkan di kedua sisi mouse.
Sisi kosmetik lewat garis LED yang disematkan di kedua sisi mouse.

Roccat Kone XTD juga hadir dengan ekstra sisi kosmetik yang unik. Berbeda dengan mouse kompetitor yang sebagian mungkin menyematkan lampu LED di bagian tertentu, seperti logo misalnya, Roccat menyematkan ekstra LED tersebut di kedua sisi bagian mouse dengan kemampuan kustomisasi yang bisa juga disebut sebagai nilai jual ekstra.

Lantas spesifikasi seperti apa yang akan diusung oleh Roccat Kone XTD ini?

  • Pro-Aim Laser Sensor R3 with up to 8200dpi
  • 1000Hz polling rate
  • 1ms response time
  • 12000fps, 10.8megapixel
  • 30G acceleration
  • 8m/s (150ips)
  • 16-bit data channel
  • 1-5mm Lift off distance
  • Tracking & Distance Control Unit
  • 72MHz Turbo Core V2 32-bit Arm based MCU
  • 576kB onboard memory
  • Zero angle snapping/prediction
  • 8m braided USB cable

Roccat Kone XTD, Seberapa Nyaman?

Roccat Kone XTD, Seberapa Nyaman?
Roccat Kone XTD, Seberapa Nyaman?

Tidak ada mouse yang lebih nyaman di tangan gamer selain mereka yang menawarkan desain bentuk mouse konvensional, Roccat tampaknya mengerti akan hal tersebut. Roccat Kone XTD bisa disebut menawarkan dseain yang ergonomis, memastikan tangan Anda tetap nyaman menggenggam peripheral ini walaupun harus terlibat dalam sesi gaming yang lama. Didominasi plastik dengan absennya bahan karet di kedua sisi memang meninggalkan kesan yang licin, apalagi jika tangan Anda terhitung mudah berkeringat. Namun untungnya, bentuk yang ia tawarkan akan memastikan Anda tetap mampu melakukan grip mouse dengan nyaman, tanpa menghasilkan banyak masalah.

Jumlah tombol seperti layaknya mouse gaming saat ini, posisi yang proporsional membuatnya bisa diakses tanpa rasa canggung.
Jumlah tombol seperti layaknya mouse gaming saat ini, posisi yang proporsional membuatnya bisa diakses tanpa rasa canggung.
Diklaim hadir dengan teknologi bernama Titan Wheel, bagian scroll ini terasa presisi dan nyaman digunakan.
Diklaim hadir dengan teknologi bernama Titan Wheel, bagian scroll ini terasa presisi dan nyaman digunakan.

Tombol yang ditawarkan juga diposisikan dalam jarak yang sangat proporsional, bisa diakses tanpa perlu merasa canggung. Menariknya lagi? Roccat juga mengklaim bahwa Kone XTD ini hadir dengan teknologi baru untuk bagian scroll wheel – yang disebut sebagai Titan Wheel. Bagian yang memang seringkali bermasalah di mouse gaming lain ini diklaim dibangun dengan komponen yang lebih kuat dan tahan lama. Ia juga diklaim mampu menghadirkan presisi gerakan yang jauh bisa lebih diandalkan. Sayangnya, bagi kami pribadi, tidak ada kata yang bisa lebih mendefinisikan Titan Wheel ini selain nyaman untuk diguanakan. Terasa pas ketika diputar, mentranslasikan apa yang Anda inginkan dengan sangat baik, salah satu sensasi scroll wheel yang pernah kami rasakan. That’s it..

Berita baik untuk Anda yang cukup sensitif dengan masalah berat mouse untuk mendapatkan sensasi grip yang lebih baik, Roccat Kone XTD juga memfasilitasi hal ini. Dengan menggunakan pemberat yang tersedia dan proses pergantian yang tidak sulit, Anda bisa mendapatkan ekstra modifikasi untuk mendapatkan berat yang menurut Anda, paling nyaman.

Dengan semua teknologi yang ia suntikkan dan tingkatkan dari versi Kone original, XTD tentu saja memastikan performa yang cukup untuk memfasilitasi semua kebutuhan gaming Anda. Tingkat sensivitas yang lebih tinggi membuatnya adaptif terhadap genre gaming yang memang menjadikannya sebagai sebuah elemen yang esensial. Translasi perintah yang Anda lemparkan untuk setiap klik yang ada juga sangat dapat diandalkan. Secara performa, Roccat Kone XTD akan memenuhi semua hal yang Anda butuhkan dari sebuah mouse gaming, tidak kurang dan tidak lebih.

Anda yang cukup sensitif dengan masalah berat juga akan terbantu dengan ekstra pemberat yang ditawarkan.
Anda yang cukup sensitif dengan masalah berat juga akan terbantu dengan ekstra pemberat yang ditawarkan.
Sempurna secara performa dan nyaman, Kone XTD membuat proses review Shadow of Mordor kami berjalan tanpa masalah.
Sempurna secara performa dan nyaman, Kone XTD membuat proses review Shadow of Mordor kami berjalan tanpa masalah.

Namun pada akhirnya, sebagai sebuah mouse yang mengklaim dirinya sebagai sebuah peripheral gaming, Roccat Kone XTD tentu saja harus tampil memesona di fungsi utamanya – gaming. Ergonomis dengan performa yang luar biasa, di atas kertas, Roccat Kone XTD seharusnya bisa mengatasi semua game yang kami lemparkan kepadanya, dan terbukti benar. Di tengah terjangan game baru yang muncul selama beberapa minggu terakhir ini, Roccat Kone XTD menjadi andalan kami ketika menjajal Shadow of Mordor dengan tentu saja game MOBA favorit – DOTA 2.

Untuk DOTA 2 yang membutuhkan kombinasi perintah secara konsisten dan cepat, Anda bisa tenang dan yakin bahwa tidak akan ada perintah Anda yang terlewatkan ketika menggunakan Roccat Kone XTD ini.  Tingkat sensivitas dengan range yang tinggi juga akan memfasilitasi Anda yang mungkin lebih senang mengatur pergerakan kamera dengan gerakan mouse yang minim. Sementara untuk genre game action third person seperti Shadow of Mordor? Roccat Kone XTD menawarkan pengalaman sempurna, apalagi ketika Anda harus melancarkan kombinasi serangan runtut sembari melihat situasi pertempuran sekitar.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 20, 2021 - 0

Review Outriders: Loot-Shooter Memuaskan!

Tidak mudah dikembangkan, jarang memuaskan, dan akan ikut tewas bersama…
April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…