Ubisoft Tidak Tertarik Kembangkan Assassin’s Creed Jepang

Reading time:
October 30, 2014
ac japan1

Sejarah dari negara-negara di kawasan Asia Timur seperti China dan Jepang memang terdengar seperti bahan yang akan tampil menarik jika dieksplorasi di game-game seperti Assassin’s Creed misalnya. Membayangkan kesempatan untuk menjelajahi settingnya yang eksotis, mencicipi beragam kebudayaan  kental yang mengakar di sana, sembari terjebak dalam plot twist persaingan antara Templar – Assassin di sana tentu menjadi sebuah pengalaman yang sangat diantisipasi. Bayangkan kesempatan berperan sebagai seorang Ninja atau Samurai di zaman feudal Jepang, misalnya, dengan gameplay open-world yang memesona. Namun sayangnya, terlepas dari permintaan gamer yang kuat, Ubisoft sekali lagi mengungkapkan ketidaktertarikannya untuk menjadikan Jepang sebagai setting untuk seri utama Assassin’s Creed.

Alasannya? Alex Hutchinson melihat setting Jepang ini tidak akan terlihat unik dan justru akan terasa sangat familiar untuk sebagian besar gamer. Dalam wawancaranya dengan Total Xbox, Hutchinson mengaku bahwa Jepang mungkin akan terlihat luar biasa dari perspektif desain, namun sayangnya, konsep ninja atau samurai adalah sesuatu yang sudah dieksploitasi berulang-ulang oleh industri game. Gamer akan terus merasa mereka sudah pernah memainkan game ini sebelumnya jika Ubisoft memaksakan Assassin’s Creed dengan timeline Jepang. Oleh karena itu, ia lebih memilih Assassin’s Creed untuk mengeksploitasi kisah sejarah yang jarang dilirik dari beragam belahan dunia. Hal ini akan menjamin setiap serinya terasa lebih menyenangkan, baru, keren, dan menyegarkan.

Ubisoft mengemukakan bahwa Assassin's Creed dengan timeline Jepang tidak menarik bagi mereka karena konsep ini sendiri sudah sering dieksploitasi di industri game. Alih-alih bertemu dengan pengalaman bermain yang unik dan baru, setting ini justru akan membuat gamer merasa familiar.
Ubisoft mengemukakan bahwa Assassin’s Creed dengan timeline Jepang tidak menarik bagi mereka karena konsep ini sendiri sudah sering dieksploitasi di industri game. Alih-alih bertemu dengan pengalaman bermain yang unik dan baru, setting ini justru akan membuat gamer merasa familiar.

Ditanya tentang setting Assassin’s Creed selanjutnya yang hendak ia ciptakan setelah Paris, Hutchinson mengungkapkan bahwa timeline “British Raj” berada dalam prioritas paling tinggi. Bagi Anda yang belum familiar dengan timeline ini, British Raj merupakan periode kekuasaan Inggris di daratan India yang berlangsung antara tahun 1858 – 1947. Game terbaru Ubisoft – Assassin’s Creed Unity sendiri akan meluncur pada 11 November 2014 mendatang, untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja PC.

Jepang atau India? Setting mana yang lebih Anda pilih untuk jadi seri Assassin’s Creed selanjutnya?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…