Review Far Cry 4: Bahaya Yang Begitu Indah!

Author
David Novan
Reading time:
November 26, 2014

Keindahan alam yang luar biasa tetapi hidup Anda jadi taruhannya. Janji inilah yang selalu ditawarkan dalam setiap seri Far Cry hingga saat ini. Dan janji ini pula yang berhasil dibawakan dengan apik dalam Far Cry 4. Berbekal keberanian semata, Anda akan dibawa ke dalam perang saudara di negara kecil nan Indah, Kyrat, ditemani oleh feature yang familiar dari Far Cry sebelumnya dan tentu saja beragam hal baru – yang boleh dibilang – mampu membuat Anda betah untuk memainkan game ini selama berpuluh jam.

Keindahan Kyrat menyimpan beragam bahaya yang mengancam nyawa.
Keindahan Kyrat menyimpan beragam bahaya yang mengancam nyawa.

Beragam janji memang ditawarkan oleh Far Cry 4 bahkan ketika Anda baru memainkannya beberapa saat saja. Akan tetapi, kita semua tahu bahwa di balik janji pasti ada kekecewaan bila ia tidak berhasil dipenuhi sesuai keinginan. Tentu saja, Far Cry 4 memiliki kelebihan dan kekurangan, memangnya siapa yang tidak. Untuk itu, Anda perlu melihat lebih dalam mengenai apa saja yang ditebar oleh Far Cry 4 dalam jalanya untuk menjaring Anda dalam dunianya yang luas ini.

Hanya ingin menikmati keindahannya saja? Boleh saja.
Hanya ingin menikmati keindahannya saja? Boleh saja.

Selamat Datang di Kyrat

Ajay Ghale kembali ke tanah airnya, negara kecil di dekat India bernama Kyrat, setelah sejak kecil diasuh oleh ibunya di negara merdeka Amerika Serikat. Tujuannya semata untuk menebar abu ibunya yang telah mendahuluinya di tanah airnya tercinta, sesuai dengan wasiat terakhir dari ibunya tersayang. Namun, perjalanan penuh nostalgi tersebut berakhir dengan tembakan dan kematian orang di sekitarnya; dan pertemuan dengan orang paling berkuasa di Kyrat, raja Pagan Min.

Hai, saya Pagan Min; diktator kejam yang keren. Senang berkenalan denganmu.
Hai, saya Pagan Min; diktator kejam yang keren. Senang berkenalan denganmu.

Pagan Min harus diakui memiliki selera yang eksentrik, mulai dari pakaian hingga sikapnya. Memangnya raja (tepatnya: diktator) mana yang tidak? Ternyata Ajay dan Pagan Min memiliki hubungan misterius, begitu juga dengan ayah dan ibu Ajay. Namun, informasi mengenai hubungan mereka terputus karena Golden Path, kelompok militan yang melawan opresi Pagan Min, menolong Ajay keluar dari cengkraman raja eksentrik tersebut.

Ternyata perang saudara yang terjadi di Kyrat berkaitan erat dengan keluarga Ajay. Bukan itu saja, ternyata di dalam tubuh Golden Path sendiri terjadi perpecahan dan perebutan kekuasaan, antara Sabal yang kharismatik dan Amita yang visioner. Ajay menjadi obyek perhatian dari kedua belah pihak, bahkan sampai menjadi diperebutkan. Sebab, siapa yang dipilih Ajay dapat merealisasikan masa depannya…

Amita, pemimpin Golden Path yang selalu kami pilih!
Amita, pemimpin Golden Path yang selalu kami pilih!

Bebas Berpetualang

Kyrat menawarkan dunia yang bebas Anda jelajahi. Saking bebasnya sampai Anda akan dibuat linglung oleh ukurannya. Mungkin karena sebagian besar daerah di Kyrat dipenuhi oleh bukit dan hutan liar sampai Anda selalu butuh Waypoint yang dapat diletakkan di peta. Jadi, sudah dipastikan Anda akan butuh banyak waktu hingga bisa mengenal daerah yang ada di dalam game ini.

Peta Kyrath memperlihatkan begitu banyak simbol. Luangkan waktu Anda.
Peta Kyrath memperlihatkan begitu banyak simbol. Luangkan waktu Anda.

Namun, bukan berarti Anda akan dengan mudah menemukan semua rahasia dan bahaya yang tersimpan di dalam bumi Kyrat. Bahkan setelah membeli peta yang menunjukkan beragam posisi rahasia pun Anda masih akan dibuat terkejut oleh rahasia lain yang tidak ada di peta. Begitu pula dengan bahaya alam liar yang akan terus mengejutkan Anda di setiap kesempatan.

Ya, alam liar di Kyrat tidak bisa dianggap enteng. Bahkan, tingkat bahayanya jauh lebih tinggi dari Far Cry sebelumnya. Terutama dari penghuninya, yaitu satwa yang ada di sana. Keberadaan satwa merupakan salah satu elemen yang tidak bisa dilepaskan dalam permainan. Sebab, mereka menyediakan bahan untuk membuat beragam upgrade, seperti menambah jumlah senjata yang bisa dibawa, jumlah uang, amunisi, hingga jumlah Loot yang bisa dibawa. Loot biasanya ditemukan dalam peti atau musuh yang Anda kalahkan untuk selanjutnya dijual.

Hewan menjadi komoditi utama untuk upgrade.
Hewan menjadi komoditi utama untuk upgrade.

Selain mendapatkan bahan upgrade, yaitu kulit, satwa yang Anda kalahkan juga memberikan daging untuk dijadikan umpan. Lucunya, umpan ini dapat digunakan untuk menarik hewan karnivora bila dilemparkan ke tanah. Karena hewan jenis ini tergolong jarang ditemukan bila dicari dan muncul di saat Anda lengah, maka umpan tersebut sangat membantu bila mencari kulit hewan tersebut. Namun, bukan itu saja kegunaannya. Umpan tersebut juga dapat membantu dalam pertempuran!

Gunakan umpan untuk mengacaukan kumpulan musuh tanpa harus turun tangan sendiri.
Gunakan umpan untuk mengacaukan kumpulan musuh tanpa harus turun tangan sendiri.

Bagaimana bisa? Ternyata sifatnya yang memanggil hewan karnivora buas, seperti macan tutul atau harimau, dapat digunakan untuk membuat musuh kocar kacir. Coba bayangkan ketika Anda harus masuk ke benteng yang dipenuhi musuh tetapi peluru tinggal sedikit atau sekarat. Cukup lempar saja umpan ke tengah musuh dari jauh dan biarkan alam membereskan sisanya!

Metode bertualang di Kyrat cukup banyak, mulai dari kendaraan darat, air, hingga udara. Beragam mobil dan Quad Bike dapat Anda temukan dengan cukup mudah di sini. Cara membedakan milik musuh dan teman juga mudah, sebab mereka mewarnai kendaraannya dengan warna khusus. Musuh selalu menggunakan warna merah dan teman warna biru. Cukup universal, bukan?

Memori mengenai Bajaj kembali; berisik dan getaran luar biasa.
Memori mengenai Bajaj kembali; berisik dan getaran luar biasa.

Anda bosan dengan kendaraan biasa seperti itu? Far Cry 4 menawarkan satu lagi akomodasi kendaraan yang berbeda dan mampu “menabrak” lawan dengan dahsyat. Gajah; ya, Anda dapat menaiki gajah! Sebelum bisa menggunakan tank hidup ini tentu saja Anda harus memenuhi syarat tertentu, yaitu mempelajari skill untuk mengendarainya.

Bertamasya dengan gajah sambil melempar mobil begitu menyenangkan.
Bertamasya dengan gajah sambil melempar mobil begitu menyenangkan.
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…