Review Super Smash Bros for Wii U: Game Fighting Terbaik Tahun Ini!

Reading time:
December 16, 2014

For Fun or For Glory!

Berbeda dengan game fighting kebanyakan yang meminta Anda untuk menghancurkan musuh hingga tewas. SSB
Berbeda dengan game fighting kebanyakan yang meminta Anda untuk menghancurkan musuh hingga tewas. SSB “hanya” meminta Anda untuk menendang musuh keluar dari arena. Presentase menunjukkan damage yang sudah diterima. Semakin tinggi presentase ini, semakin mudah pula sang karakter terpental karena serangan.

Berbeda dengan game fighting lainnya di luar sana, Super Smash Bros tidak meminta Anda untuk menundukkan lawan dengan menghabiskan bar HP mereka hingga tuntas. Inti permainannya adalah berusaha menendang lawan-lawan ini keluar arena hingga batas layar, baik dari sisi kiri dan kanan, atau atas dan bawah. Ia bisa dicapai dengan begitu banyak hal, namun salah satu yang paling efektif tentu saja dengan mengandalkan serangan yang dimiliki oleh masing-masing karakter. Dengan mode permainan yang mendukung pertempuran langsung antara 2, 4, hingga 8 pemain sekaligus, mungkin ada kesan chaos ketika Anda mencicipi game ini pertama kali. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan mata yang mungkin sudah familiar dengan ritme pertempuran yang ada, maka kesenangan menjadi sesuatu yang tampaknya absolut.

Lantas apa yang membuat Super Smash Bros ini begitu unik? Anda yang sempat mencicipi game fighting tentu saja mengerti kuatnya asosiasi genre ini dengan runtut perintah yang kompleks. Game seperti Street Fighter, misalnya menuntut Anda menghafal kombinasi serangan setengah lingkaran plus tombol aksi untuk mengeluarkan jurus tertentu. Ditambah dengan fakta bahwa tiap karakter punya jenis serangan berbeda, Anda butuh waktu lebih banyak menguasai tiap karakter ini, setidaknya hingga masuk dalam level yang sekedar memadai. Di game-game seperti Tekken atau Dead or Alive misalnya, runtut kombinasi serangan juga dibutuhkan untuk memastikan kombinasi serangan dan timing yang tepat, semuanya untuk kemenangan.

Salah satu yang membuat SSB cukup unik adalah eksekusi perintah yang sangat sederhana untuk ukuran sebuah game fighting.
Salah satu yang membuat SSB cukup unik adalah eksekusi perintah yang sangat sederhana untuk ukuran sebuah game fighting.
Semua variasi serangan bisa dilakukan dengan hanya tombol arah + serangan biasa / spesial. Ekstra tombol analog kanan untuk akses serangan kuat yang butuh proses charge secara instan.
Semua variasi serangan bisa dilakukan dengan hanya tombol arah + serangan biasa / spesial. Ekstra tombol analog kanan untuk akses serangan kuat yang butuh proses charge secara instan.

Namun tidak dengan Super Smash Bros ini. Ia hadir dengan kombinasi tombol yang sangat sederhana, bahkan cukup untuk membuat gamer newbie untuk menikmati dan menguasai game ini dengan cukup cepat. Ia hanya menggunakan empat tombol arah dan dua tombol aksi – serangan biasa dan spesial untuk mengakses semua varian serangan yang ada. Menariknya lagi? Sebagian besar kombinasi arah ini juga akan menentukan ke mana arah serangan Anda menuju. Sebagai contoh? Misalnya tombol atas + spesial atau atas + serangan biasa, yang sebagian besar memang diarahkan untuk menyerang ke atas. Selain kedua tombol ini, Anda juga bisa menggunakan empat arah analog kanan untuk mengakses serangan charged yang memang ditujukan untuk melontarkan lawan dengan tepat. Sisanya? Anda hanya butuh waktu untuk merasa familiar dengan karakter favorit serta mempelajari timing. Tidak butuh waktu ekstra untuk ekstra belajar kombinasi tombol layaknya game fighting pada umumnya.

Lantas implikasi apa yang dihasilkan oleh sistem seperti ini? Dua hal utama yang berhasil ia capai – pertama, fun! Benar sekali, kesenangan. Mengapa? Dengan kesederhanaan eksekusi tombol seperti ini, perhatian otak Anda akan mengarah hanya pada satu hal – beraksi secara maksimal di arena pertempuran. Tidak ada lagi rasa pusing dan khawatir bahwa Anda mengingat kombinasi serangan yang salah, atau kerepotan koordinasi mata – tangan untuk mencapai hal tersebut. Anda sudah tahu apa yang bisa Anda lakukan, Anda tahu eksekusi tersebut minim resiko, sekarang hanya menentukan timing yang ada.

Implikasi sistem seperti ini berujung pada dua hal: Pertama - kesenangan maksimal! Otak Anda akan berfokus pada pertandingan yang dihadapi, tanpa kekhawatiran apakah Anda mengingat atau mengeksekusi kombinasi tombol yang tepat.
Implikasi sistem seperti ini berujung pada dua hal: Pertama – kesenangan maksimal! Otak Anda akan berfokus pada pertandingan yang dihadapi, tanpa kekhawatiran apakah Anda mengingat atau mengeksekusi kombinasi tombol yang tepat.
Kedua? Ia jadi sangat bersahabat untuk gamer pemula. Mereka yang tidak pernah melihat kontroler atau Wii U sekalipun, hanya butuh satu atau dua pertandingan untuk membiasakan diri dan langsung bersenang-senang dengannya. Kantor Jagat sudah jadi kelinci percobaan pernyataan ini.
Kedua? Ia jadi sangat bersahabat untuk gamer pemula. Mereka yang tidak pernah melihat kontroler atau Wii U sekalipun, hanya butuh satu atau dua pertandingan untuk membiasakan diri dan langsung bersenang-senang dengannya. Kantor Jagat sudah jadi kelinci percobaan pernyataan ini.

Kedua? Super Smash Bros menjadi game fighting yang sangat bisa diakses oleh gamer pemula sekalipun, bahkan yang tidak pernah tahu soal Wii U, belum pernah melihat kontroler pro sama sekali, atau bahkan tidak pernah mencicipi video game sekalipun. Mereka bisa bersenang-senang atau bahkan menang di jenis pertempuran yang mereka lalui. Dua tombol serang, tombol untuk melompat, dan arah, sebuah instruksi yang tidak butuh waktu untuk dipelajari. JagatPlay sendiri menguji konsep ini ke dua teman kami yang jarang bermain game di kantor dengan Super Smash Bros. Hasilnya? Hanya butuh dua pertandingan untuk membiasakan diri, dan mereka siap bersenang-senang, tertawa, dan bahkan menang. Mencuri waktu kerja di kantor untuk beberapa pertandingan Super Smash Bros? Sekarang jadi rutinitas tersendiri.

Lantas, apakah ini memang ditujukan untuk gamer casual? Di sinilah keunikan Super Smash Bros. Ia tidak hanya memfasilitasi mereka yang sekedar hendak menikmati game ini untuk bersenang-senang, tetapi juga mereka yang ingin lebih serius dan menjadikannya sebagai sebuah game fighting yang kompetitif. Mengapa? Karena ada beberapa mekanik berbeda yang jika dikuasai akan membuat Super Smash Bros tampil sebagai game fighting  yang lebih dalam dan kompleks. Gerakan seperti Shield atau Parry, misalnya, bisa membuat Anda menghindari jenis serangan dan damage yang ada jika dieksekusi di momen yang tepat. Mempelajari timing lebih dalam, memprediksi gerakan lawan dengan lebih baik, dan mencari lebih banyak cara untuk tidak jatuh dan keluar dari arena pertandingan bisa jadi agenda tersendiri untuk Anda yang memang ingin mencicipi sensasi game fighting yang lebih serius.

Menariknya lagi, ia juga menawarkan kombinasi mekanik yang cukup kompleks untuk dikuasai oleh gamer yang ingin membawa level kompetitifnya lebih tinggi.
Menariknya lagi, ia juga menawarkan kombinasi mekanik yang cukup kompleks untuk dikuasai oleh gamer yang ingin membawa level kompetitifnya lebih tinggi.
Segudang item yang muncul acak juga bisa dijadikan ujung tombak untuk meraih keuntungan tertentu dalam pertarungan. Kerennya lagi? Ia hadir dengan efek yang tidak terduga. Sesuatu yang tidak pernah Anda pikirkan bisa diterapkan di sebuah game fighting.
Segudang item yang muncul acak juga bisa dijadikan ujung tombak untuk meraih keuntungan tertentu dalam pertarungan. Kerennya lagi? Ia hadir dengan efek yang tidak terduga. Sesuatu yang tidak pernah Anda pikirkan bisa diterapkan di sebuah game fighting.

Selain pertempuran antar para karakter dengan variasi serangan uniknya masing-masing, ada banyak jalan menuju ke Roma untuk memastikan  kemenangan Anda. Selain mengandalkan kemampuan karakter Anda sendiri, Anda juga bisa mencapai hal tersebut dengan beragam item yang muncul secara acak selama menjalani pertempuran. Item-item ini akan menghasilkan efek tersendiri yang terkadang begitu unik dan juga, tidak pernah Anda prediksikan sebelumnya. Memunculkan hantu-hantu Pacman sebagai serangan, Pokeball yang mampu memunculkan varian Pokemon berbeda, ayam dari Zelda, Pong yang bermain di layar sembari menjadikan sang bola sebagai sumber damage, hingga pesawat Galaga yang bisa menarik dan membuat lawan dari arena secara instan. Semua item yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, dieksekusi dengan manis oleh Nintendo di Super Smash Bros ini. Sebuah bola bersinar yang muncul acak juga akan memungkinkan karakter Anda mengakses gerakan Ultimate yang akan melukai lawan dengan damage super besar. Semaunya siap untuk membuat arena kian riuh.

Menariknya lagi, setiap pertempuran yang Anda jalani akan terasa unik, bukan hanya karena variasi karakter yang mungkin Anda lawan atau kombinasi item yang muncul secara acak, tetapi juga dari desain levelnya sendiri. Setiap stage yang hadir dari franchise berbeda ini menawarkan tantangannya sendiri-sendiri. Tidak hanya dari desain yang ada, tetapi juga dinamika yang terjadi di dalamnya. Dari stage yang secara konsisten bergerak, berpindah tempat, hancur dan muncul kembali, hingga yang menawarkan efek-efek cahaya yang mungkin akan membuat fokus mata Anda sedikit terganggu. Bagian terbaiknya? Tidak sedikit pula stage yang mengusung karakter tambahan seperti Boss tersendiri, yang jika berhasil Anda taklukkan, akan menjadi companion setia Anda. Salah satu yang paling keren adalah Kalos Pokemon League yang secara bergantian akan memperlihatkan Pokemon berbeda sebagai latar belakang. Setiap kali Pokemon ini berganti, efek berbeda akan muncul ke dalam stage, menawarkan ekstra tantangan atau bahkan keuntungan tersendiri – jika Anda berhasil memanfaatkannya dengan baik. Stage yang terus berubah dan jadi tantangan ini jugalah yang berkontribusi pada tidak monotonnya sensasi Super Smash Bros itu sendiri.

Beda stage? Beda tantangan!!
Beda stage? Beda tantangan!!
Super Smash Bros Wii U - jagatplay
Kalos Pokemon League, misalnya akan menghadirkan begitu banyak Pokemon di latar belakang yang kemunculannya akan menghasilkan efek berbeda di arena.
Ada begitu banyak mode berbeda untuk memfasilitasi kebutuhan gamer yang bervariasi pula. Butuh ekstra chaos? Mainkan 8 player match!
Ada begitu banyak mode berbeda untuk memfasilitasi kebutuhan gamer yang bervariasi pula. Butuh ekstra chaos? Mainkan 8 player match!
Anda juga bisa menciptakan karakter petarung Anda sendiri!
Anda juga bisa menciptakan karakter petarung Anda sendiri!

Super Smash Bros juga hadir dengan beberapa mode ekstra lain untuk memfasilitasi kebutuhan gamer yang mungkin mengharapkan sensasi yang berbeda. Ada mode seperti Conquest yang bisa dimainkan untuk gamer yang lebih senang bermain solo, dengan kesempatan untuk membuka lebih banyak unlockables item dan equipment bagi karakter Mii kreasi Anda sendiri. Sementara Anda yang mengharapkan sensasi gameplay lebih chaotic, ada ekstra mode 8 player yang akan langsung memuat 8 karakter sekaligus dengan agenda pertarungan yang sama. Kami sendiri  menjajal mode onlinenya selama beberapa minggu terakhir dan berakhir tanpa masalah. Mudah mendapatkan game, gameplay yang tetap fun, dan lancar. Nintendo tampaknya sudah belajar dari apa yang terjadi dengan Mario Kart 8 beberapa bulan yang lalu.

Memperkenalkan AMIIBO!

Game ini juga mendukung
Game ini juga mendukung “mainan” baru dari Nintendo – Amiibo.

Anda yang cukup mengikuti perkembangan industri game selama beberapa bulan terakhir tentu sudah cukup familiar dengan konsep “Amiibo” yang berusaha dipopulerkan oleh Nintendo. Hadir dalam bentuk figurine kecil yang bisa dikoleksi, apalagi dengan harga yang sangat terjangkau, Nintendo berusaha menyuntikkan pendekatan berbeda untuk setiap game yang mereka rilis di masa depan. Secara sederhana, Amiibo bisa dilihat sebagai representasi karakter personal Anda sendiri. Dengan menggunakan teknologi NFC, Anda hanya tinggal menyentuhkan figur ini di gamepad Wii U Anda dan voila!, karakter sesuai figur tersebut akan muncul dengan sendirinya, siap untuk memulai petualangan pribadinya. Secara fisik, Amiibo ini dibangun dengan cukup apik, terutama untuk karakter-karakter ikonik yang ternama yang punya ciri kartun lebih kuat seperti Mario, misalnya. Namun sayangnya, kualitas build-nya sendiri cukup dipertanyakan untuk karakter dengan proporsi lebih realistis seperti Link atau Zelda, misalnya.

Anda hanya tinggal menyentuhkan figur ini di gamepad dan voila! ia akan muncul di SSB ini. Cara terbaik untuk menjelaskan Amiibo adalah dengan mengasosiasikannya dengan Tamagochi. Ia jadi karakter pesonal Anda sendiri.
Anda hanya tinggal menyentuhkan figur ini di gamepad dan voila! ia akan muncul di SSB ini. Cara terbaik untuk menjelaskan Amiibo adalah dengan mengasosiasikannya dengan Tamagochi. Ia jadi karakter pesonal Anda sendiri.
Anda bisa mengubah tampilan, equipment, dan gerakan mereka.
Anda bisa mengubah tampilan, equipment, dan gerakan mereka.

Lantas apa itu Amiibo? Secara sederhana, Anda bisa melihatnya sebagai karakter tambahan yang berperan layaknya sebuah Tamagochi. Anda ingat mainan yang satu ini? Walaupun Anda memang tidak harus memberi makan atau memastikan waktu tidur Amiibo Anda, namun ia berperan sebagai karakter personal yang bisa Anda perkuat. Ia akan muncul begitu Anda menyentuhkan figur ini ke GamePad, dan Anda bisa melihatnya bertempur secara otomatis, berusaha melawan semua karakter CPU yang ada – atau bahkan Anda sendiri. Semakin sering ia bertempur, semakin tinggi pula levelnya, semakin kuat pula karakter Amiibo Anda. Bagian terbaiknya? Anda juga punya kesempatan untuk melakukan kustomisasi, baik dari jenis serangan, equipment, hingga sisi kosmetik yang ada. Intinya adalah berusaha menciptakan karakter yang personal untuk Anda sendiri, sekaligus menjadikannya sebagai sebuah produk yang bisa Anda bawa dan gunakan dimanapun Anda butuhkan. Tentu saja, ia juga menarik untuk dikoleksi.

Manual book SSB juga merupakan salah satu yang terbaik yang kami temukan tahun ini.
Manual book SSB juga merupakan salah satu yang terbaik yang kami temukan tahun ini.
Alih-alih berisi omong kosong, ia memuat detail gerakan tiap karakter yang ada. Membantu Anda untuk menguasai game ini dengan lebih baik.
Alih-alih berisi omong kosong, ia memuat detail gerakan tiap karakter yang ada. Membantu Anda untuk menguasai game ini dengan lebih baik.

Sesuatu yang fisik memang jarang sekali kami bicarakan ketika membahas sebuah proyek review game, namun ada yang istimewa dengan Super Smash Bros ini. Setelah harus berhadapan dengan begitu banyak ekstra manual book yang terkesan setengah hati dari para developer, ini mungkin jadi salah satu manual book favorit kami tahun ini, mengingat produk ekstra yang diikutsertakan di dalam paket penjualan. Ia memuat penjelasan yang sangat mendetail terkait variasi serangan yang bisa dihasilkan tiap karakter, lengkap dengan screenshot animasi serangan yang ada. How cool is that!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…