10 Game Terlaris di Jepang Tahun 2014
Anda yang sempat mengikuti sepak terjang developer dan publisher asal Jepang selama beberapa tahun terakhir ini tentu saja sempat melihat tren cukup mengkhawatirkan. Nama-nama besar seperti Square Enix, Capcom, dan Mistwalker, misalnya – mulai menjadikan game-game mobile sebagai salah satu produk yang kini perlahan namun pasti, jadi perhatian utama. Hasilnya? Franchise-franchise raksasa yang sehaursnya punya potensi untuk meluncur sebagai game konsol atau PC dengan pendekatan yang lebih serius berakhir jadi sebuah game mobile dengan fitur yang terbatas. Memancing rasa penasaran tentu saja, alasan yang mendasari banyak keputusan seperti ini. Jawabannya ternyata sederhana – karena memang, popularitas smartphone dan game mobile di Jepang hampir tidak bisa lagi terbendung.
Hal ini tercermin dari performa penjualan perangkat gaming “tradisional” – seperti konsol dan handheld sepanjang tahun 2014 kemarin di Jepang. Media gaming Jepang ternama – Famitsu mencatat bahwa total penjualan konsol dan handheld berada di titik terendah selama 24 tahun terakhir ini. Alasannya? Tentu saja popularitas smartphone dan perangkat tablet yang kian masif dan tampil mendominasi. Sebuah tamparan yang keras untuk platform gaming yang lebih lawas. Famitsu juga melemparkan list 10 game terlaris di pasar Jepang selama 2014 yang lalu, bersama dengan jawara persaingan perangkat keras yang ada. Siapa saja yang berhasil menjadi yang terbaik?
Software
- Yo-kai Watch 2: Ganso / Honke (Nintendo 3DS) – 3.050.178 kopi
- Pokemon Omega Ruby / Alpha Saphhire (Nintendo 3DS) – 2.464.850 kopi
- Monster Hunter 4 Ultimate (Nintendo 3DS) – 2.381.177 kopi
- Super Smash Bros (Nintendo 3DS) – 2.066.022 kopi
- Yo-kai Watch 2: Shun Uchi (Nintendo 3DS) – 2.007.327 kopi
- Yo-kai Watch – 1.280.799 kopi
- Mario Kart 8 (Nintendo Wii U) – 842.053 kopi
- Dragon Quest Mosnters 2: Iru to Ruka no Fishigi na Fushigi na Kagi (Nintendo 3DS) – 748.139 kopi
- Kirby Triple Deluxe (Nintendo 3DS) – 687.957 kopi
- Super Smash Bros (Nintendo Wii U) – 478.366 kopi
Hardware
- Nintendo 3DS: 3.153.045 unit
- PS Vita: 1.147.936 unit
- Playstation 4: 925.570 unit
- Nintendo Wii U: 604.856 unit
- Playstation 3: 450.0354 unit
- Xbox One: 45.958 unit
Sebagai seorang gamer yang lebih menitikberatkkan pengalaman gaming pada konsol dan PC, fenomena smartphone di Jepang tentu tumbuh jadi sumber kekhawatiran tersendiri. Lantas, bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah smartphone akan mampu menggeser posisi konsol dan PC sebagai platform gaming di masa depan?