Review GTA V (PC): Versi Paling Sempurna!

Reading time:
April 16, 2015
GTA5_2015_04_15_14_41_23_484

Sebuah skenario yang tidak pernah kami pikirkan sebenarnya, bahwa kami, dengan tanpa rasa berkeberatan, rela menggelontorkan dana ekstra untuk membeli game yang sama tiga kali, di tiga platform yang berbeda. Menarik, karena di sisi lain, kerelaan kami juga menjadi semacam bukti bahwa Rockstar telah mengeksekusi sebuah strategi marketing yang luar biasa. Di Playstation 3, kami menyebutnya sebagai game open world terbaik karena impresi gameplay yang fantastis. Sebuah dunia yang terbuka dengan segudang aktivitas, dari perspektif tiga karakter dengan kepribadian yang unik, bersama dengan dukungan GTA Online – yang bisa disimpulkan, sebagai fitur impian para pecinta GTA selama ini. Namun siapa yang menyangka, GTA V versi Playstation 3 ternyata bukanlah yang terakhir.

Mata gamer mana yang tidak tergoda setelah Rockstar memastikan sebuah proses Remaster GTA V untuk konsol platform generasi terbaru – Playstation 4 dan Xbox One. Ia tidak menawarkan ekstra konten di sisi cerita yang menggoda, namun dukungan fitur unik, membuat versi ini kembali sulit ditolak. GTA V versi Playstation 4 yang kami cicipi menghadirkan Los Santos yang lebih indah, lewat kepadatan dan variasi beragam elemen pendukung – seperti NPC, tanaman, dan hewan di tekstur lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, dukungan sudut pandang baru ala FPS memungkinkan gamer untuk mencicipi game yang sama, namun dengan pengalaman yang berbeda. Semua momen ikoniknya terasa lebih personal ketika dicicipi dari sudut pandang orang pertama.

Namun resolusi kami untuk menjadikan Playstation 4 sebagai versi terakhir yang kami cicipi, apalagi didukung dengan betapa tidak masuk akalnya sebuah skenario dimana kami harus menggelontorkan uang untuk tiga game sama yang tidak punya konten ekstra apapun seolah hancur berantakan setelah versi PC ini akhirnya tiba di pasaran. Rockstar menyebutnya sebagai versi yang terbaik, sebuah versi bagaimana seharusnya GTA V dinikmati. Resolusi lebih tinggi, framerate lebih baik, hingga dukunga fitur eksklusif membuatnya kembali terlihat menggoda.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh GTA V Versi PC ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai versi yang paling sempurna?

Optimalisasi Mumpuni

Kualitas yang ditawarkan oleh GTA V PC ini membuktikan satu hal, bahwa permintaan ekstra waktu yang dilontarkan Rockstar bukanlah omong kosong.
Kualitas yang ditawarkan oleh GTA V PC ini membuktikan satu hal, bahwa permintaan ekstra waktu yang dilontarkan Rockstar bukanlah omong kosong.

“Mohon maaf, kami butuh waktu ekstra untuk memastikan kualitas sesuai dengan standar yang kami inginkan”, Anda sudah pasti pernah mendengar alasan klise yang boleh terbilang, selalu meluncur bersama dengan pengumuman penundaan rilis ini. Rockstar sempat melemparkan kalimat yang sama dua kali, setelah GTA V PC diundur dari akhir Januari, menuju ke Maret, yang tanggal rilisnya kemudian dipindahkan kembli ke 14 April 2015 kemarin.Alasan seperti ini memang terdengar begitu “manis”, sebuah pembelaan yang bisa dimengerti apalagi melihat banyak game yang terburu-buru berakhir menjadi produk bencana yang sulit untuk dinikmati. Berita baik untuk Anda – semua gamer PC yang sudah lama menantikan game ini? Rockstar tidak mengumbar omong kosong.

Walaupun demikian, ada beberapa aspek visual yang masih terasa
Walaupun demikian, ada beberapa aspek visual yang masih terasa “bermasalah”. Seperti tatapan mata kosong dan bulu mata Michael yang tidak juga diperbaiki.
Rambut juga tidak menjadi fokus.
Rambut juga tidak menjadi fokus.

Rockstar berhasil  menghadirkan optimalisasi yang luar biasa dan pantas untuk diacungi jempol di GTA V versi PC ini. Salah satu bukti yang paling kuat mengakar pada segudang opsi grafis yang disematkan untuk membantu gamer yang berangkat dari varian kemampuan rig untuk beradaptasi dengan mesin gaming mereka. Semua detail ditawarkan, bahkan hingga kesempatan untuk mengatur seberapa padat NPC yang akan Anda temui di Los Santos dan seberapa bervariasinya bentuk mereka. Anda yang punya PC dengan kemampuan di ambang batas, bisa mengurangi elemen-elemen yang menurut Anda pribadi, memang tidak akan berkontribusi signifikan pada pengalaman bermain yang Anda dapatkan. Jika ada satu kata yang bisa disimpulkan untuk mendefinisikan kerja keras Rockstar di GTA V PC, maka tidak ada kata lain yang lebih tepat selain kata: NIAT!

Segudang opsi grafis yang bisa Anda tweak. Rockstar mendefinisikan ulang sebuah game
Segudang opsi grafis yang bisa Anda tweak. Rockstar mendefinisikan ulang sebuah game “port” yang niat.
Dukungan DX10 yang dipertahankan membuat banyak rig lawas tetap relevan dan bisa diandalkan untuk memainkan game ini.
Dukungan DX10 yang dipertahankan membuat banyak rig lawas tetap relevan dan bisa diandalkan untuk memainkan game ini.
Dat detail..
Dat detail..

Lantas, seberapa hebatnya optimalisasi ini? Kami sendiri memang masih belum bisa berbicara banyak saat ini, namun pengujian awal yang dilakukan oleh kru JagatReview membuktikan bahwa ia bisa berjalan dalam kualitas visual yang lebih baik dari versi Playstation 3, dengan sebuah PC yang dibangun dengan teknologi tujuh tahun yang lalu. Benar sekali, Anda tidak salah membaca kalimat kami sebelumnya. Komponen PC berumur tujuh tahun masih bisa menikmati game ini dengan pengalaman bermain yang cukup mumpuni. Dukungan DirectX10 adalah keputusan terbaik yang bisa dilakukan Rockstar, membuat game ini terasa begitu “terjangkau”, bahkan untuk gamer yang sudah angkat tangan bisa mampu menikmati game-game teranyar.

Secara visual, dibandingkan dengan versi Playstation 4 misalnya, GTA V versi PC yang berjalan di resolusi 1080p dengan setting mentok kanan memang terlihat menggiurkan. Detail karakter terlihat ciamik dengan tekstur yang lebih tajam, dengan efek depth of field dan motion blur yang kini bisa Anda modifikasi.

Namun jika membandingkan versi konsol new-gen dan PC, yang paling terasa bagi kami adalah detail cahaya dan bayangan yang tentu saja, lebih baik di PC. Berdiri di bawah kabel listrik, dengan sinar matahari dari samping, kami bisa melihat bagaimana bayangan kabel ini tertangkap oleh pakaian Franklin dengan detail yang begitu halus. Untuk memastikan ketajaman gambar, Anda bisa mengaktifkan dua jenis anti-aliasing sekaligus: FXAA dan MSAA. Anda yang menggunakan NVIDIA sebagai kartu grafis utama, bisa menjadikan NVIDIA TXAA sebagai prioritas AA utama dan menggantikan fungsi MSAA itu sendiri ketika dihidupkan.

Bayangan kabel listrik yang
Bayangan kabel listrik yang “tertangkap”pakaian Franklin.
Dua jenis AA bisa Anda aktifkan sekaligus.
Dua jenis AA bisa Anda aktifkan sekaligus.

Melihat kualitas visual, segudang opsi, dan bagaimana game ini tetap bisa berjalan di PC tujuh tahun yang lalu, acungan dua jempol atau bahkan lebih jika kami bisa, pantas diarahkan pada Rockstar yang kembali membuktikan kualitas mereka sebagai salah satu developer game terbaik di industri game. Rockstar menyebut bahwa mereka butuh waktu lebih ketika dua kali proses penundaan terjadi di bulan-bulan terakhir. Rockstar membuktikan bahwa klaim ini, bukanlah bualan.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…