Review Mortal Kombat X: Brutalitas Generasi Baru!

Reading time:
April 24, 2015

Sayangnya, Skema DLC yang Mengecewakan

Namun sayangnya, ia memuat skema DLC yang terasa tidak adil dan mengecewakan.
Namun sayangnya, ia memuat skema DLC yang terasa tidak adil dan mengecewakan.

Sayang seribu sayang, terlepas dari semua nilai jual yang membuatnya pantas disebut sebagai salah satu seri Mortal Kombat terbaik yang pernah ada, kami sendiri sangat kecewa dengan skema DLC yang disuntikkan Netherrealm Studios untuk game ini, baik yang sudah diumumkan, maupun yang tidak terelakkan akan hadir di masa depan, terutama untuk elemen karakter baru tambahan yang bisa Anda pakai. Bagaimana tidak? Mereka bahkan tidak malu-malu untuk memberikan sinyal kuat tersebut di Story Mode.

Dengan karakter yang boleh terbilang terbatas, Netherrealm memutuskan untuk merangkum empat karakter ekstra dalam DLC pack yang terhitung mahal.
Dengan karakter yang boleh terbilang terbatas, Netherrealm memutuskan untuk merangkum empat karakter ekstra dalam DLC pack yang terhitung mahal.
Lebih parahnya lagi? Anda akan bertemu dengan karakter seperti Rain, Baraka, atau Sindel di Story Mode yang jelas-jelas sudah dibangun matang dan memiliki movesetnya sendiri, roster yang potensial. Namun yang Anda temukan? Fakta pahit bahwa tidak ada satupun dari mereka yang bisa digunakan. Membuka peluang besar bahwa mereka juga, suatu saat di masa depan, akan meluncur sebagai DLC.
Lebih parahnya lagi? Anda akan bertemu dengan karakter seperti Rain, Baraka, atau Sindel di Story Mode yang jelas-jelas sudah dibangun matang dan memiliki movesetnya sendiri, roster yang potensial. Namun yang Anda temukan? Fakta pahit bahwa tidak ada satupun dari mereka yang bisa digunakan. Membuka peluang besar bahwa mereka juga, suatu saat di masa depan, akan meluncur sebagai DLC.

Netherrealm memang sudah memperkenalkan Kombat Pack seharga Rp 390.000,- yang akan memuat 4 karakter tambahan di Mei 2015 mendatang, termasuk Jason dan Predator di dalamnya. Namun yang membuat kami lebih kecewa adalah sinyal kuat, bahwa DLC karakter ini tidak akan menjadi yang terakhir. Ketika Anda memainkan Story Mode, Anda dengan jelas bisa melawan karakter-karkater ikonik Mortal Kombat lain seperti Sindel, Baraka, dan Rain dengan move set uniknya masing-masing.  Namun tidak pernah ada kejelasan dan metode apapun yang bisa dipakai untuk membuka mereka secara resmi sebagai roster, memperkuat sinyal bahwa Netherrealm mungkin akan melemparkan karakter-karakter ini sebagai DLC di masa depan. Parahnya lagi? Di tengah minimnya jumlah karakter yang ada, Anda juga bertemu dengan karakter keren lain seperti Smoke dan Nightwolf sebagai cameo, yang juga tidak bisa digunakan.

Hal inilah yang dilakukan Netherrealm pada Anda dengan skema DLC yang mereka tawarkan!
Hal inilah yang dilakukan Netherrealm pada Anda dengan skema DLC yang mereka tawarkan!

Agak sedikit mengecewakan mengingat bahwa satu-satunya karakter yang bisa kami buka dengan menyelesaikan semua mode yang ada hanyalah Shinnok. Bahkan karakter sekelas Goro pun hanya bisa diunduh oleh mereka yang sudah melakukan pre-order game ini sebelumnya. Semua kerja keras yang Anda lakukan, di tengah keterbatasan karakter yang ada, Anda hanya bisa membuka satu karakter. Adil? Bagi kami, tidak. Melihat bagaimana Netherrealm berusaha juga mati-matian menjual Easy Fatality dan kostum klasik Mortal Kombat di Playstation Store sedikit mengiris hati kami.

Kesimpulan

Mortal Kombat x jagatplay
Mortal Kombat X adalah game fighting yang tidak boleh Anda lewatkan, baik untuk Anda yang memiliki semangat kompetitif tinggi, atau sekedar mencari game fighting yang menyenangkan untuk melewatkan waktu bersama dengan teman Anda. Namun membayarnya di harga penuh? Kami sendiri lebih merekomendasikan Anda untuk menunggu

Jadi, apa yang bisa disimpulkan dari Mortal Kombat X ini? Tanpa keraguan, kami rasa ia pantas menyandang predikat sebagai seri game Mortal Kombat terbaik sejauh ini, mengalahkan seri sebelumnya yang bahkan sudah terhitung fantastis. Kita tidak tengah membicarakan pergeseran visual yang ternyata tidak sesignifikan yang dibayangkan, namun semua elemen baru yang disisipkan oleh Netherrealm Studios berakhir positif. Pendekatan sinematik, implementasi interaktivitas lingkungan ala Injustice, sistem tiga variasi karakter yang unik, Fatality yang jauh lebih mudah dieksekusi, pergeseran cerita dengan karakter original yang tidak kalah keren,  dan balancing yang cukup baik membuat pengalaman Mortal Kombat X berakhir mengagumkan. Anda akan menikmati game dengan darah dan potongan tubuh ini dengan maksimal, walaupun Anda tidak terlalu familiar dengan franchise ini sekalipun.

Walaupun demikian, ada beberapa catatan yang pantas diambil dari Mortal Kombat X. Terlepas dari beberapa karakter lawas yang kembali, jumlah 25 karakter yang ditawarkan masih terhitung minim. Keputusan Netherrealm untuk menghapus eksistensi beberapa karakter ikonik dari permainan seperti Noob Saibot, Cyrax, Sektor, atau Smoke terasa cukup mencederai, apalagi setelah kombinasi roster yang luar biasa di seri sebelumnya. Catatan lain yang cukup mengecewakan? Tentu saja skema DLC yang harus diakui, cukup membuat kami merasa tercurangi.

Mortal Kombat X adalah game fighting yang tidak boleh Anda lewatkan, baik untuk Anda yang memiliki semangat kompetitif tinggi, atau sekedar mencari game fighting yang menyenangkan untuk melewatkan waktu bersama dengan teman Anda. Namun membayarnya di harga penuh? Kami sendiri lebih merekomendasikan Anda untuk menunggu. Jika ada opsi, Anda bisa menikmati versi bajakannya terlebih dahulu (untuk versi PC), dan baru membeli versi originalnya ketika Mortal Kombat X: Komplete Edition, dengan semua DLC yang ditawarkan, meluncur di masa depan. Sebuah praktik yang sudah pasti akan ditempuh Netherrealm Studios.

Kelebihan

Fatality yang tetap brutal dan memuaskan!
Fatality yang tetap brutal dan memuaskan!
  • Detail visual yang cukup baik
  • Sistem tiga variasi karakter yang unik
  • Cerita yang lumayan solid
  • Banyak mode dengan tantangan berbeda
  • Meta-game seperti Factions
  • Pendekatan sinematik yang berhasil
  • Fatality yang lebih mudah dieksekusi

Kekurangan

Give me SMOKE!!
Give me SMOKE!!
  • Terasa minim karakter lawas
  • Skema DLC yang terasa tidak adil
  • Requirements Brutality yang tidak menggoda

Cocok untuk gamer: pencinta franchise Mortal Kombat, tidak berkeberatan dengan darah dan potongan tubuh dimana-mana

Tidak cocok untuk gamer: di bawah umur, yang lebih nyaman dengan game fighting beritme cepat

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…