CD Projekt: Tak Ada Konsol, Tak Ada The Witcher 3!

Reading time:
May 22, 2015
The Witcher 3 jagatplay

Sejak The Witcher 3: Wild Hunt resmi meluncur ke pasaran, isu soal adanya downgrade visual yang membuat kualitas finalnya tidak seindah trailer yang sebelumnya dirilis terus mengemuka. Padahal, CD Projekt selaku developer sudah memberi bantahan terhadap gosip tersebut.

Tak sedikit memang pihak yang masih percaya bahwa versi final dari The Witcher 3 memang mengalami penurunan kualitas. Dalam trailer berjudul The Witcher 3: Wild Hunt – VGX Trailer, banyak yang setuju visualnya nampak lebih detail dengan efek yang jauh lebih impresif.

CD Projekt sendiri enggan menyebut hal itu sebagai sebuah downgrade, meski mereka mengaku memang telah mengubah sistem rendering setelah trailer VGX. “Ada dua kemungkinan sistem rendering tapi kami memilih salah satunya karena terlihat lebih baik secara keseluruhan, baik ketika siang atau malam,” kata pihak perusahaan.

Menurut mereka, apa yang ditampilkan pada trailer adalah sebuah show dan tak bisa disebut sebagai game yang utuh. Ketika diimplementasikan pada konsep open-world, apapun platform-nya, ternyata sangat sulit untuk menampilkan kualitas visual yang sama. CD Projekt menganggap hal itu sebagai sesuatu yang biasa di setiap proses pengembangan game.

Jika mengingat kasus-kasus serupa sebelumnya, ada gosip yang mengatakan tentang PlayStation 4 dan Xbox One menjadi penyebab developer melakukan downgrade? Kedua konsol new-gen ini dianggap memiliki keterbatasan dari segi hardware sehingga tidak bisa mengikuti kualitas yang mampu ditawarkan sebuah game versi PC.

CD Projekt menyebut bahwa jika tidak ada versi konsol, maka tidak akan pernah ada yang namanya The Witcher 3, karena mereka tidak akan bisa meracik game ini secara finansial.
CD Projekt menyebut bahwa jika tidak ada versi konsol, maka tidak akan pernah ada yang namanya The Witcher 3, karena mereka tidak akan bisa meracik game ini secara finansial.

Tak heran jika akhirnya CD Projekt pun harus dihadapkan pada pertanyaan yang sama, benarkah The Witcher 3 versi konsol membatasi versi PC? Namun mereka menegaskan baik PS4 maupun Xbox One tidak ada hubungannya dengan kualitas di PC, walaupun harus diakui, konsol new-gen punya peran yang penting.

“Jika tidak ada konsol maka The Witcher 3 juga tidak akan pernah ada. Kami bisa menyebutkan sesederhana itu. Kami hanya tidak mampu, karena konsol memungkinkan kami untuk menggapai lebih tinggi dari segi penjualan, memiliki budget yang lebih besar untuk sebuah game, dan menginventasikan semuanya untuk menciptakan dunia (The Witcher 3) yang besar ini,” ujar Marcin Iwinski co-founder CD Projekt.

Iwinski menambahnya, sesungguhnya pihaknya bisa saja mengembangkan The Witcher 3 hanya untuk PC, atau bahkan secara eksklusif untuk PS4 maupun Xbox One. Dengan berfokus pada satu platform saja, mereka yakin bisa menghadirkan visual yang lebih baik. “Tapi kami tidak akan mampu membuatnya (secara finansial).”

Apapun itu, kesimpulan ada pada masing-masing gamer. Baik di PC maupun konsol, The Witcher tetap terlihat memesona. Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah setuju bahwa ada downgrade pada versi finalnya yang dirilis ke pasaran?

Load Comments

PC Games

May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…
April 18, 2022 - 0

Review Grammarian Ltd: Indo Versus Inggris!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Grammarian Ltd ini? Mengapa kami…
January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…