Playstation 4 Sudah Bisa Dibajak!

Reading time:
May 13, 2015
Playstation 4 - JagatPlay

Apa yang menghalangi seorang gamer untuk memilih PlayStation 4 sebagai sarana bermain game utama mereka? Mungkin sebagian besar akan menjawab, “game-nya mahal dan tidak ada bajakannya”. Ya, Sony memang memiliki cara baru untuk meningkatkan sistem keamanan di konsol anyarnya itu agar tidak mudah dibobol oleh para pembajak.

Meski terbilang cukup solid sejak dirilis akhir tahun 2013 lalu, ternyata seorang pembajak asal Brazil mengaku sudah berhasil menemukan cara untuk memainkan game kopian di PS4! Si pembajak ini bahkan berani menawarkan dan menjual jasanya tersebut di toko elektronik miliknya.

Yang lebih menarik, informasi tersebut nampaknya bukan sekadar omong kosong belaka. Seorang jurnalis dari media ternama asal Brazil, UOL Jogos, telah mengkonfirmasi kebenarannya. Sang jurnalis membuktikan dengan mencobanya pada PS4 yang ia bawa ke toko tersebut.

Bagaimana caranya untuk bisa memainkan game PS4 bajakan? Modal utama si pembajak adalah sebuah konsol PS4 dengan berbagai game ORIGINAL yang telah ter-install di dalamnya. Nantinya, game-game tersebut akan di-copy ke konsol konsumen.

Untuk dapat memindahkan isi hard drivenya, si pembajak juga melakukan dump pada NAND/BIOS dengan bantuan Raspberry Pi. Konsol milik konsumen nantinya akan memiliki akun yang terdaftar atas nama si pembajak sebagai bagian dari proses kloning. Nantinya gamer hanya bisa memainkan game-game kopian lewat akun tersebut secara offline.

Dengan melakukan proses kloning pada Playstation 4 dengan game original, sebuah metode pembajakan perdana PS4 muncul di Brazil.
Dengan melakukan proses kloning pada Playstation 4 dengan game original, sebuah metode pembajakan perdana PS4 muncul di Brazil.

Ya, sekilas mirip dengan account sharing. Seperti diketahui, Sony memang memberi izin bagi gamer untuk melakukan aktivasi di beberapa konsol dengan akun yang sama. Hal itu yang dimanfaatkan para gamer untuk mengeksploitasi celah tersebut dengan berbagi akun miliknya ke teman-temannya.

Namun perlu diingat, kelemahan dari account sharing adalah hanya bisa digunakan dalam jumlah konsol yang terbatas. Sementara cara baru dari si pembajak asal Brazil ini tidak akan terbentur masalah tersebut. Ia bebas memberikan akunnya kepada para gamer yang menjadi pelanggannya tanpa batas.

Untuk menikmati game-game bajakan itu, pelanggan hanya perlu membayar 1 Juta Rupiah untuk 10 judul game. Jauh lebih murah jika harus membeli game original yang biasanya dibanderol 600 ribu Rupiah per judul. Apabila di masa depan pelanggan ingin menambah game baru, biayanya hanya 100-150 ribu Rupiah untuk satu game.

Lalu, bagaimana tanggapan dari pihak Sony? Produsen asal Jepang ini kemungkinan besar segera mengambil tindakan untuk mencegah pembajakan tersebut menyebar, seperti yang mereka lakukan sebelumnya ketika isu account sharing mengemuka. Perlu diketahui, para gamer PS4 yang menggunakan teknik account sharing pun mengaku sudah tidak bisa lagi menikmatinya sejak update 2.51.

Tidak diketahui apakah cara yang dilakukan pembajak asal Brazil ini sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia atau belum.

Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…