Project Cars Klarifikasi Performa Buruk AMD di versi PC

Reading time:
May 19, 2015
Project Cars jagatplay (79)

Hampir sebagian besar gamer pencinta genre racing tentu tengah bergembira dengan rilis Project Cars belum lama ini. Ia berhasil memenuhi serangkaian ekspektasi dan hype yang sudah terbangun sejak awal eksitensinya, menjadi sebuah game racing yang tidak hanya tampil optimal di sisi visual, namun dengan gameplay simulator yang kompleks dan menantang. Bagi gamer PC, ia sendiri menjadi proyek spesial, menjadi ujung tombak untuk merasakan sensasi sama yang dirasakan gamer konsol dengan Forza dan Gran Turismo. Namun sayangnya, bagi gamer PC yang mengandalkan AMD sebagai sumber kekuatan rig mereka, Project Cars justru mengecewakan.

Banyak gamer yang melaporkan buruknya performa Project Cars versi PC di GPU AMD, melahirkan banyak masalah yang tidak ditemukan oleh gamer yang menggunakan produk sang kompetitor utama – NVIDIA. Keluhan meluncur di situs komunitas raksasa – Reddit hingga forum resmi Steam, meminta Slightly Mad Studios sebagai developer untuk mulai menyelesaikan masalah ini secepatnya. Tidak hanya itu saja, beberapa bahkan melemparkan teori yang intinya, menuduh Slighty Mad Studios memang sengaja pilih kasih. Dari tuduhan bahwa mereka bekerja dengan Gameworks, hingga dibayar oleh NVIDIA sendiri sebagai penyokong dana utama. Untuk mencegah “api rumor” ini kian meluas, mereka akhirnya angkat bicara.

Untuk mencegah kesalahpahaman lebih jauh, Slightly Mad Studios akhirnya merilis sebuah klarifikasi resmi. Mereka memastikan bahwa Project Cars tidak pernah menjadi proyek berat sebelah yang lebih mendukung salah satu pabrikan, AMD maupun NVIDIA. Berikut adalah klarifikasi mereka untuk beragam isu yang sempat beredar di dunia maya:

Menanggapi tuduhan bahwa mereka lebih memihak NVIDIA di Project Cars, Slightly Mad Studios merilis klarifikasi resmi.
Menanggapi tuduhan bahwa mereka lebih memihak NVIDIA di Project Cars, Slightly Mad Studios merilis klarifikasi resmi.
  • Project CARS bukanlah produk NVIDIA GameWorks. Kami membangun hubungan yang baik dengan NVIDIA, sama baiknya dengan AMD. Tapi untuk teknologi render, kami sudah punya teknologi sendiri untuk memenuhi semua hal yang kami butuhkan.
  • NVIDIA bukan “sponsor” untuk proyek ini. Kami tidak menerima, tidak mengharapkan, dukungan finansial apapun dari perusahaan hardware pihak ketiga.
  • Engine kami – MADNESS menjalankan PhsyX di 50Hz, bukan 600Hz seperti yang disebutkan di beragam artikel.
  • MADNESS menggunakan PhysX hanya untuk collision detection dan dynamic objects, yang merupakan bagian kecil dari sistem physics Project Cars.
  • MADNESS tidak menggunakan PhysX untuk SETA Tyre Model dan chassis constraint solver (dua bagian termahal dari sistem physics Project Cars).
  • Sistem physics berjalan terpisah dengan rendering dan thread game utama. Ia menggunakan 2 core masing-masing di 600Hz.
  • Physics tidak bersinggungan sama sekali dengan rendering.
  • Semua perbedaan performa yang berhubungan dengan PhysX tidak bisa direfleksikan dengan membandingkan perbedaan framerate pada rendering. Sekali lagi, tidak ada interaksi antara keduanya.
  • Secara keseluruhan, PhysX hanya menggunakan kurang dari 10% dari semua fungsi physics di CPU. Sebuah bagian kecil yang sama sekali tidak akan mempengaruhi kualitas visual.
  • Kami berhubungan langsung, baik dengan AMD maupun NVIDIA selama tahap proses pengembangan Project Cars. Baik AMD maupun NVIDIA sama-sama memiliki akses ke versi build selama proses ini, mengujinya, melaporkan hasil pengujian mereka, dan melemparkan saran untuk meningkatan performa di produk masing-masing.
  • Menjajal game ini di driver yang berbeda memang menghasilkan performa yang bervariasi, baik di AMD maupun NVIDIA. Ini adalah hal yang normal.
  • Project Cars juga tidak menggunakan efek partikel khusus dari NVIDIA. Sistem yang kami gunakan adalah teknologi sama yang diimplementasikan di Need for Speed: Shift dan Shift Unleashed, dan dikembangkan oleh studio kami sendiri. Satu-satunya alasan mengapa performa turun ketika banyak partikel di layar sesederhana karena kebutuhan processing yang meningkat.

Di atas adalah klarifikasi Slightly Mad Studios menanggapi keluhan para pemilik GPU AMD yang tidak hanya tidak puas dengan performa Project CARS, namun melemparkan tuduhan-tuduhan yang tentu saja mencederai kredibilitas mereka sebagai developer.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Adakah dari Anda para pengguna AMD yang mengalami masalah performa ketika mencicipi Project Cars ini di PC?

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…