Review ASUS Strix Tactic Pro: Mekanikal dengan Segudang Macro!

Reading time:
June 12, 2015
ASUS Strix Tactic Pro
ASUS Strix Tactic Pro

Lewat jajaran produk barunya – STRIX, Asus memang berusaha masuk ke dalam pasar gaming yang baru di luar jajaran ROG-nya sendiri yang memang sudah punya nama besar. Strix di-personifikasi dengan sebuah logo burung hantu yang tampil garang, bahkan cukup untuk menginspirasi produk headset perdananya. Tidak hanya mouse dan mousepad, Strix juga menawarkan sebuah produk keyboard gaming mekanikal, yang tentu saja memang didesain pantas untuk menyandang predikat “gaming” yang ia miliki. Keyboard tersebut akhirnya berkesempatan untuk kami uji sendiri. Sambutlah kehadiran Asus Strix Tactic Pro!

Lantas, apa yang ditawarkan oleh Strix Tactic Pro ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai keyboard dengan segudang macro? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Desain dan Fitur

Pilihan material dan warna membuat ia terlihat solid dan garang.
Pilihan material dan warna membuat ia terlihat solid dan garang.
Ia terhitung tinggi untuk keyboard gaming.
Ia terhitung tinggi untuk keyboard gaming. Sebuah pendekatan yang mungkin dicapai untuk membuat posisi jari terasa lebih nyaman.

Terlepas dari fakta bahwa ia tidak mengusung sisi desain yang terasa “berlebihan” , Strix Tactic Pro tetap mampu menawarkan identitas sebagai sebuah keyboard gaming yang menarik dari sisi desain. Bentuk yang tidak konvensional dengan warna hitam yang elegan memberikan kesan solid dan garang. Namun satu hal yang mungkin langsung menyita perhatian Anda mungkin langsung mengakar pada bentuknya yang agak bongsor. Tambahan tombol ekstra untuk macro yang akan kita bahas nanti membuat ia tampil lebih panjang daripada keyboard pada umumnya. Namun yang cukup mengejutkan mungkin mengakar pada ketebalannya yang jauh di atas rata-rata tanpa alasan yang kuat. Ini mungkin didesain untuk membuat ia tampil lebih tinggi, yang biasanya diasosiasikan dengan kenyamanan ekstra ketika mengetik. Namun ekstra tinggi ini tidak dimaksimalkan untuk menyuntikkan ekstra slot USB atau apapun.

Sayangnya, secara kosmetik ia tidak terasa istimewa. Selain garis orange di bagian key untuk multimedia dan sebuah tulisan ASUS kecil di sisi kiri bawah, ia tampil sederhana.
Sayangnya, secara kosmetik ia tidak terasa istimewa. Selain garis orange di bagian key untuk multimedia dan sebuah tulisan ASUS kecil di sisi kiri bawah, ia tampil sederhana.
Tidak ada kesempatan mengubah warna, LED di Strix Tactic Pro hanya datang dengan satu warna yang juga menjadi identitasnya - orange. Tidak ada kesempatan juga untuk mengaplikasikan beragam efek.
Tidak ada kesempatan mengubah warna, LED di Strix Tactic Pro hanya datang dengan satu warna yang juga menjadi identitasnya – orange. Tidak ada kesempatan juga untuk mengaplikasikan beragam efek.

Secara kosmetik, Strix Tactic Pro juga tidak bisa dibilang tampil menawan, apalagi jika dibandingkan dengan rangkaian keyboard gaming kompetitor yang saat ini hadir dengan jutaan kombinasi warna dan beragam efek yang keren. Keyboard mekanikal dari ASUS ini terlihat lebih “kaku” dengan hanya mengandalkan LED warna orange – yang juga menjadi warna identitas produk Strix itu sendiri – sebagai andalan untuk menuntun jari Anda ketika gelap. Ada sedikit jarak di bagian permukaan untuk membuat efek LED terasa lebih kentara. Sementara dari  sisi desain, Strix Tactic Pro boleh terbilang minimalis. Selain sebuah logo kecil di bagian kiri atas dan tulisan Asus di bagian kanan bawah, tidak ada motif atau desain yang berlebihan.

Namun soal kelengkapan, ia pantas untuk diacungi jempol.
Namun soal kelengkapan, ia pantas untuk diacungi jempol.

Namun untuk soal kelengkapan, Strix Tactic Pro bisa diacungi jempol. Selain beragam tombol macro yang disematkan, mereka juga menyertakan tombol multimedia di bagian kanan atas untuk mengatur fungsi multimedia secara instan. Lantas performa seperti apa yang sebenarnya dikandung oleh keyboard yang satu ini? Berikut adalah spesifikasi lengkapnya:

  • 5 x 178.6 x 32.9 (mm)
  • Connector: Single gold-plated USB
  • Anti-ghosting: True NKRO (6KRO switch included)
  • Switches: Fully mechanical Cherry MX type
  • Switch lifecycle: 50-million keystrokes
  • Backlit: Individually-backlit (orange) keys with 4-level settings
  • Cable: Braided fiber 1.8m
  • Key cap material: Tough ABS
  • Media keys: Volume control, play/pause, previous track and next track
  • Macro keys: Up to 21 customizable keys (13 dedicated macro keys + 8 switchable macro/function (F1-F8) keys)
  • On-the-fly macro recording
  • Dual modes: plug-and-play hardware mode and software mode
  • Gaming mode (disables Windows® key); Macro mode (reassigns F1-F8 as macro keys)

Strix Tactic Pro, Seberapa Nyaman?

Asus Strix Tactic Pro, seberapa nyaman?
Asus Strix Tactic Pro, seberapa nyaman?

Terlepas dari begitu banyaknya tombol yang mereka sertakan di Strix Tactic Pro ini, secara garis besar, desain yang ditawarkan ASUS untuk produk ini pantas untuk diacungi jempol. Gamer yang sempat mencicipi keyboard serupa dengan ekstra tombol macro di sisi kiri tentu mengerti betapa riskannya kejadian untuk salah menekan tombol karena masalah memori otot, apalagi ketika Anda berusaha mengakses tombol “Esc” atau “Ctrl” secepat mungkin. Masalahnya ada di penempatan, sesuatu yang berhasil dipikirkan dengan baik oleh ASUS di keyboard yang satu ini. Posisi ke-10 tombol macro di sisi kiri ini diletakkan cukup jauh dan di garis berbeda sehingga hampir mustahil, Anda akan berhadapan dengan kejadian menyebalkan tersebut.

Kesepuluh  tombol ekstra makro di bagian kiri ditempatkan di posisi yang pas. Resiko untuk salah menekan tombol karena memori otot akan sangat kecil.
Kesepuluh tombol ekstra macro di bagian kiri ditempatkan di posisi yang pas. Resiko untuk salah menekan tombol karena memori otot akan sangat kecil.
Cherry MX Red menjadi kekuatan utama dari versi Tactic Pro yang kami uji.
Cherry MX Red menjadi kekuatan utama dari versi Tactic Pro yang kami uji.

Untuk soal performa, fakta bahwa Strix Tactic Pro diperkuat dengan Cherry MX Red di tengah gempuran produk kompetitor lain yang mulai memperkenalkan switch mereka “sendiri” adalah pilihan yang bisa diterima di tangan terbuka. Tidak hanya Red, untuk satu produk yang sama, mereka juga menawarkan varian Cherry MX yang lain. Kami sendiri mendapatkan versi Red yang memang menawarkan sensasi tekan yang lebih ringan, cepat, dan sunyi ini, walaupun dengan feeling tactile di ujung jari yang tidak terasa kentara. Switch yang satu ini memang menjadi “surga” tersendiri bagi gamer yang membutuhkan kombinasi gerak cepat ataupun para pekerja produktif yang memang mampu mengetik cepat. Responsif, akurat, dan minim kesalahan akan membuat apapun kegiatan Anda dengan keyboard ini, gaming ataupun non-gaming berjalan mulus.

Takut bahwa Anda akan mengalami ghosting? Tenang, ada fitur NKRO disematkan di keyboard ini.
Takut bahwa Anda akan mengalami ghosting? Tenang, ada fitur NKRO disematkan di keyboard ini.
Apapun genre game yang Anda mainkan, Asus Strix Tactic Pro akan mudah memfasilitasi kebutuhan Anda.
Apapun genre game yang Anda mainkan, Asus Strix Tactic Pro akan mudah memfasilitasi kebutuhan Anda.

Apalagi Strix Tactic Pro ini juga dilengkapi dengan fitur NKRO yang bisa diaktifkan untuk memastikan tidak adanya lagi efek ghosting yang terjadi. Kami sendiri menjajalnya langsung dan menemukan bahwa tanpa fitur yang satu ini, Strix Tactic Pro hanya bisa memungkinkan Anda untuk melakukan 6 buah input huruf secara bersamaan dan akan gagal menerjemahkan huruf ketujuh. Namun begitu NKRO ini diaktifkan, ia bisa menangkap seberapa banyak pun huruf yang Anda tekan secara instan. Untuk Anda, gamer yang membutuhkan gerak cepat, repetitif, dan takut bahwa efek ghosting ini akan menjadi mimpi buruk tersendiri, NKRO adalah jawaban paling efektif yang Anda butuhkan.

Dengan kedua fitur utama yang ia usung ini, Strix Tactic Pro sudah pasti akan mampu menundukkan setiap game yang diarahkan padanya tanpa masalah. Kami sendiri menjajalnya di dua buah game utama – Shadow of Mordor untuk action dan tentu saja – DOTA 2 untuk MOBA. Untuk sebuah game third person action yang tidak banyak menuntut Anda untuk terus berganti key untuk melakukan banyak aktivitas, Strix Tactic Pro tampil gemilang. Dengan fitur NKRO yang ia usung, game sekelas DOTA 2 yang bertolak belakang dan membutuhkan respon super cepat dengan kombinasi key yang kompleks juga bisa teratasi tanpa masalah. Tidak ada lagi perintah yang tidak tereksekusi dengan baik karena potensi ghosting yang muncul. Strix Tactic Pro mampu melahap semua tantangan yang bisa diberikan

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…