JagatPlay E3 2015 Highlight: Microsoft

Reading time:
June 16, 2015
xbox

Microsoft dan Xbox One memang menjalin sebuah hubungan yang unik dengan gamer. Di awal eksistensinya, ia bukanlah produk yang diterima baik, apalagi dengan beragam fokus yang justru lebih mengarah pada fitur hiburannya di luar gaming daripada kemampuan gamingnya sendiri. Apalagi didukung dengan kebijakan DRM yang tidak berpihak, Xbox One hampir tewas bahkan sebelum dirilis ke pasaran. Untungnya, sebelum bencana tersebut terjadi, Microsoft berhasil membalik keadaan. Di bawah kepemimpinan Phil Spencer, mereka tampaknya sudah sadar dan mengerti bahwa semua orang yang membeli Xbox One memang menantikan gebrakan game-game eksklusif mereka. Di ajang E3 2015, hubungan tersebut diperkuat,apalagi dengan rilis Windows 10 yang kini berada di depat mata.

Lantas dari semua hal yang ditawarkan Microsoft di ajang E3 2015 ini, hal-hal apa saja yang berhasil menarik perhatian dan layak untuk diantisipasi? Berisaplah untuk sebuah kejutan yang belum pernah diprediksi sebelumnya!

Halo 5: Guardians Perlihatkan Single Player

halo 5 guardians

Setelah sempat memperlihatkan bentuk gameplay multiplayer lewat fase beta beberapa waktu yang lalu, Halo 5: Guardians akhirnya memperlihatkan mode single player yang ia usung. Mengikuti cerita dari dua kacamata – Locke dan Masterchief yang masing-masing membawa tim pemburuan mereka sendiri, tentu saja melawan ras Prometheans dari Halo 4. Lebih sinematik dengan beragam event kehancuran di sana-sini, anggota tim yang lain ini juga menjadi indikasi kuat soal fitur 4 co-op yang tampaknya menjadi nilai jual utama. Bersama dengan demo ini juga, mereka mengumumkan sebuah mode multiplayer baru  – Warzone berisikan 24 player.

Studio Keiji Inafune Perkenalkan Proyek Baru – ReCore

recore

Nama Inafune saat ini memang kembali populer di industri game, terutama lewat proyek “suksesor” Megaman – Mighty No. 9 yang tumbuh menjadi salah satu game yang paling diantisipasi tahun ini. Berada di bawah bendera studio developernya yang baru – Comcept, Mighty No.9 akhirnya siap meluncur akhir tahun ini. Namun bukan berarti Comcept akan menganggur begitu saja. Bekerja sama dengan Microsoft, mereka memperkenalkan proyek game baru bernama Recore. Belum ada gameplay yang diperlihatkan, hanya sekelibat sinematik yang berisikan karakter protagonis wanita dan sang companion berbentuk robot. Kerennya lagi? Inti cahaya yang menjadi sumber energi sang companion bisa dipindahkan dari wujud ke wujud, yang tampaknya akan ditranslasikan sebagai salah satu fitur utama gameplay.

Kejutan, Backward Compatibility dengan Xbox 360!

xbox 360 x logo

Ini mungkin menjadi salah satu kejutan yang tidak pernah diperkirakan akan muncul dari Microsoft sama sekali terkait konsol barunya – Xbox One. Secara mengejutkan mereka meresmikan kemampuan backward compatibility untuk Xbox One. Benar sekali, ia kini bisa memainkan game-game klasik favorit Anda dari era Xbox 360. Anda hanya perlu memasukkan disc fisik Xbox 360 yang Anda miliki ke Xbox One, yang kemudian akan membacanya dan memasukkan game Anda ke dalam library secara digital. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa mengunduh game Xbox 360 secara langsung setelah melewati proses ini. Sayangnya, belum jelas soal syarat dan ketentuan berlaku untuk pemaksimalan fitur ini, sebagai contoh, apakah ia memungkinkan proses pinjam meminjam game Xbox 360 untuk pemilik Xbox One atau tidak.

Varian Kontroler Baru – Xbox One Elite Wireless Controller

xbox one elite

Untuk memastikan kendali yang lebih nyaman di tangan, Microsoft mengumumkan varian perangkat keras mereka yang baru – sebuah varian kontroler Xbox One baru dengan kustomisasi sebagai fitur paling utama. Dinamakan Xbox Elite Wireless Controler, ia akan mendukung kustomisasi dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. 4 buah trigger ekstra di belakang, presisi lebih baik, hingga komponen yang bisa ditukar. Sementara dari sisi software, Anda bisa melakukan button remapping untuk fungsi yang Anda butuhkan. Xbox One Elite Controller ini akan bisa digunakan untuk PC juga. Ia ditawarkan dengan kisaran harga USD 150/buah.

Fallout 4 – Gebrakan Mods

Fallout 4 announcement trailer (33)

Walaupun sudah memiliki event mereka sendiri di E3 2015, Bethesda ternyata juga ikut bergabung di stage utama Microsoft dan membawa game mereka yang sangat diantisipasi – Fallout 4. Informasi yang mereka bagi perihal gameplay dan cerita sudah mereka sampaikan di event mereka sendiri, bahkan dengna detail yang lebih minim. Namun bukan berarti tidak ada hal baru. Selain konfirmasi bahwa Fallout 4 di Xbox One akan mendapatkan gratis Fallout 3 juga, Bethesda dan Microsoft juga memastikan bahwa beragam hasil mods di PC juga, untuk pertama kalinya, akan bisa dinikmati di Fallout 4 versi Xbox One. Tidak ada detail soal mods seperti apa yang dimaksud.

Plants vs Zombies: Garden Warfare 2 Diumumkan

pvz gw2

Seperti yang sempat dirumorkan sebelumnya, melalui stage Microsoft di E3 2015, EA dan PopCap akhirnya secara resmi mengumumkan eksistensi Plants vs Zombies: Garden Warfare 2. Belum ada detail gameplay, EA hanya merilis sebuah trailer sinematik yang tampaknya berfokus pada satu hal – varian jenis zombie dan tanaman yang tampaknya lebih berbeda dan beragam dibandingkan seri sebelumnya. Salah satu zombie bahkan terlihat bisa menggunakan Mecha, dengan gaya khas Titanfall.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…