PlayTest: Gaming dengan AMD Radeon R9 Fury X!

Author
David Novan
Reading time:
July 3, 2015
fury-feat-image

Tidak ada graphics card yang lebih banyak dibicarakan dalam sebulan terakhir ini dibandingkan AMD Radeon R9 Fury X! Kartu grafis terbaru dari Radeon tersebut merupakan perangkat gaming terbaru yang dirancang untuk menjalankan game di resolusi 4K. Oleh karena itu, kami merasa sangat beruntung mendapatkan kesempatan untuk memainkan beberapa game populer dengan menggunakan bantuan hardware super tersebut.

Untuk bermain game dengan menggunakan graphics card berkekuatan tinggi tentunya perlu juga didukung oleh perangkat lain yang juga tinggi kemampuannya. Kalau tidak, kinerja dari Fury X sendiri akan terjegal di perangkat lain dan tidak menghasilkan kemampuan maksimalnya. Oleh sebab itu, kami menyiapkan sistem komputer yang mampu menandinginya, seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Motherboard: Gigabyte X99 SOC Force
  • Prosesor: Intel Core i7 5960X @3.00 GHz
  • RAM: Kingston HyperX 16 GB DDR4
  • Graphics Card: AMD Radeon R9 Fury X
  • HDD: Kingston HyperX Fury 240 GB
  • OS: Windows 8.1
  • Monitor: ASUS PB287 28″ 4K LED
  • Mouse: Roccat Kone Pure
  • Keyboard: Roccat ISKU FX

Seperti yang bisa Anda lihat sendiri, sistem ini seharusnya tidak akan mencekik kemampuan Fury X untuk memainkan game terbaru dan populer. Bahkan, kami juga cukup beruntung mendapatkan dukungan monitor 4K supaya dapat bermain dengan maksimal. Namun, tidak semua gamer di tanah air telah memiliki monitor dengan resolusi super besar tersebut. Itu sebabnya kami tidak hanya memainkan game ini di resolusi 4K saja, melainkan juga di resolusi sejuta umat saat ini, yaitu 1920 x 1080.

Sedangkan untuk game-nya sendiri, kami telah menyiapkan beberapa game yang ingin dimainkan oleh banyak gamer saat ini. Setidaknya, game tersebut merupakan tujuan utama kebanyakan gamer yang membangun sistem komputernya. Pada PlayTest kali ini, kami memainkan Assassin’s Creed Unity, Far Cry 4, Grand Theft Auto V (GTAV), Shadow of Mordor, dan The Witcher 3. The Witcher 3 dan GTAV merupakan game yang paling favorit di kalangan gamer saat ini; melihatnya dapat berjalan seperti apa di Fury X merupakan kesempatan yang terlalu bagus untuk dilewatkan!

The Witcher 3: Wild Hunt

Game ini menjadi favorit di kalangan penggemar Action Role Playing Game berkat tampilannya nan indah dan di saat bersamaan mampu menampilkan gameplay solid. Tantangan terbesar untuk Fury X sendiri adalah keharusan untuk memperlihatkan keindahan alam yang kompleks beserta beragam vegetasinya. Bukan hanya itu saja, game ini juga memiliki efek grafis yang begitu keren. Berikut permintaan hardware minimum untuk menjalankan game ini dengan baik:

  • Prosesor: Intel Core i5 2500K 3.3GHz / AMD Phenom II X4 940
  • RAM: 6 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 660 / AMD Radeon HD 7870
  • HDD: 35 GB

Resolusi 4K

Memainkan game ini di resolusi 4K ternyata membutuhkan setting grafis yang cukup sulit. Setelah kami berkutat cukup lama untuk mendapatkan setelan yang pas, akhirnya kami merasa puas dengan setting grafis dengan mayoritas High dan beberapa opsi di Medium, seperti yang bisa Anda temukan sendiri di screenshot berikut ini:

 

Jagatplay Playtest AMD Fury (2) Jagatplay Playtest AMD Fury (3) Jagatplay Playtest AMD Fury (4) Jagatplay Playtest AMD Fury (5)

Bila Anda perhatikan, hampir semua opsi di Post Processing berada pada posisi Off. Ketika kami memainkan game ini, pada akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan beberapa opsi efek grafis, seperti Light Shaft dan Bloom. Efek tersebut menghidupkan permainan dengan kilauan cahaya matahari di pagi dan senja hari. Sedangkan untuk frame rate sendiri tidak begitu terpengaruh banyak ketika kami menggunakan efek tersebut. Ketika bermain, kami mendapatkan kisaran frame rate antara 40 hingga 55 fps.

 

Jagatplay Playtest AMD Fury (6) Jagatplay Playtest AMD Fury (7) Jagatplay Playtest AMD Fury (8)

Besaran tersebut terpancar dengan kenyamanan yang didapatkan ketika bermain game. Petualangan kami di dalam game ini berjalan dengan nyaman dan tidak terganggu oleh penurunan kinerja. Bahkan, kami dapat bertempur dengan baik dalam kondisi apapun. Namun, bila Anda begitu menginginkan frame rate 60 fps, kami baru mendapatkannya ketika semua opsi grafis di Low. Perbedaan 5 fps yang tidak begitu kentara tersebut didapatkan dengan mengorbankan terlalu banyak kualitas grafis.

Setting Low mampu mencapai 60 fps
Setting Low mampu mencapai 60 fps

Resolusi 1080

Beda resolusi 4K, lain pula dengan 1080. Pada resolusi tersebut, game ini dapat berjalan dengan sangat baik bahkan ketika menggunakan setting Ultra sekalipun! Semua setting efek grafis pada Post Processing juga berada pada opsi maksimumnya. Untuk melihat lebih dekat setting yang kami gunakan, berikut screenshot setelan grafisnya:

 

Jagatplay Playtest AMD Fury (10) Jagatplay Playtest AMD Fury (11) Jagatplay Playtest AMD Fury (12) Jagatplay Playtest AMD Fury (13)

Pengalaman bermain yang diberikan ketika menggunakan setting grafis tersebut juga sangat baik. Setidaknya Anda akan mendapatkan frame rate antara 60 hingga 70 fps setiap saatnya. Bahkan dalam kondisi terberat sekalipun, game ini mampu dipertahankan pada 60 fps! Semua itu berkat kekuatan besar yang tersimpan dalam Fury X. Akibatnya, kenyamanan total dapat dirasakan berapa lamapun Anda memainkannya!

Jagatplay Playtest AMD Fury (14) Jagatplay Playtest AMD Fury (15)

 

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…