Capcom Minta Opini Gamer Soal Resident Evil 2 Remake

Reading time:
July 30, 2015
re 2

Ada alasan yang sangat kuat mengapa Resident Evil mampu tampil sebagai franchise survival horror tersukses di industri game. Inovasi yang ia lemparkan di masa kejayaan Playstation membawa namanya melambung tinggi, lewat eksekusi gameplay yang keren, cerita, karakter, dan musik yang selalu pantas untuk diacungi jempol. Kecemasan dan rasa terancam yang senantiasa hadir menjadi pondasi untuk banyak produk kompetitor setelahnya. Banyak gamer yang merindukan kembalinya cita rasa Resident Evil lawas di tangan Capcom setelah beberapa seri terbaru yang cenderung ke action. Salah satu yang paling banyak diminta adalah proses remake untuk Resident Evil 2.

Capcom tak kunjung mengamini permintaan para fans tersebut. Hasilnya? Fans sendiri lah yang turun tangan. Anda yang cukup update dengan berita industri game pasti ingat proyek Resident Evil 2: Remake alias Resident Evil 2: Reborn – remake racikan fans dengan Unreal Engine 4 dengan gaya gameplay sudut pandang ketiga ala Resident Evil 4. Sudah hampir rampung, Reborn sendiri rencananya akan dirilis secara cuma-cuma dalam waktu dekat ini. Apakah Capcom akan tinggal diam? Mereka memang belum melemparkan reaksi apapun, namun setidaknya respon mulai tercipta. Sebuah pesan “misterius” tiba-tiba muncul di fanpage Facebook resmi Resident Evil pagi ini.

Capcom meminta pendapat gamer soal Resident Evil 2 Remake via akun Facebook resmi mereka.
Capcom meminta pendapat gamer soal Resident Evil 2 Remake via akun Facebook resmi mereka.

Isi pesannya seperti ini:

First off, we would like to express our deepest appreciation to all Resident Evil fans, for your passion, enthusiasm and continued support for the Resident Evil brand.

Enthusiasm for a Resident Evil 2 Remake is something we’ve been hearing from you over the years, and has drawn some recent attention in the media.

However, as the team owns the RE brand, we’re not certain how we feel about this approach, and would like to ask your honest and frank opinion about the “Resident Evil 2 Remake” and what the brand identity is supposed to be about?

Yang jika ditranslasikan, kira-kira berbunyi seperti ini:

Pertama-tama, kami ingin berterima kasih sekali kepada semua fans Resident Evil, untuk rasa cinta, antusiasme dan dukungan terhadap Resident Evil sebagai sebuah franchise.

Antusiasme terhadap Resident Evil 2 Remake adalah sesuatu yang sudah kami dengar dari Anda selama beberapa tahun terakhir ini, dan mendapatkan perhatian besar di sejumlah media.

Namun, sebagai tim yang mempunya hak atas nama Resident Evil, kami sendiri tidak yakin dengan pendekatan ini, dan ingin meminta pendapat jujur dan terbuka Anda tentang “Resident Evil 2 Remake” ini. Identitas merk seperti apa yang harus ia usung?

Apakah ini berarti Capcom memang tengah merencanakan Resident Evil 2 Remake mereka sendiri? Pernyataan di atas sendiri boleh terbilang, ambigu. Mengapa? Karena interpretasi yang lahir bisa berujung pada dua kutub yang berbeda: Pertama, mengindikasikan bahwa Capcom memang tertarik untuk melakukan remake Resident Evil 2 dan meminta pendapat gamer soal konsep seperti apa yang mereka inginkan. Kedua, mereka bertanya soal proyek “Resident Evil 2 Remake” racikan fans dengan Unreal Engine 4 yang sempat kita sebutkan sebelumnya, dan meminta opini gamer apa yang harus mereka lakukan dengan proyek tersebut. Untuk sementara ini, opsi kedua tampaknya lebih rasional. Apakah ini berarti Capcom berencana untuk “mematikan” RE 2: Reborn tersebut? Kemungkinan tersebut sangat besar.

Namun jika ternyata pernyataan ini berakhir dengan konklusi nomor satu, JUST DO IT, CAPCOM! We want Resident Evil 2 Remake!

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…