Review STRIX 7.1: Headphone Gaming Kelas Atas!

Author
David Novan
Reading time:
September 23, 2015
Bentuknya mampu menarik perhatian gamer lain!
Bentuknya mampu menarik perhatian gamer lain!

Indah dilihat, tinggi kualitasnya, dan mudah digunakan. Tiga elemen inilah yang menjadi pondasi utama headphone gaming ASUS STRIX 7.1! Terang saja, STRIX sendiri merupakan salah satu jajaran produk premium dari ASUS untuk gamer, selain Republic of Gamer atau ROG. Itu pula sebabnya menyandang nama STRIX mewajibkan perangkat suara ini untuk berada di tingkatan yang lebih tinggi dari sekadar produk untuk kalangan awam. Apalagi gamer massa kini merupakan kalangan dengan standar yang tinggi, berkat tuntutan bermain game yang semakin hari selalu meningkat kualitasnya, terutama dalam aransemen suara.

Hal inilah yang dilihat oleh STRIX 7.1 sebagai tantangan dan ternyata ia berhasil melewatinya. Beragam kualitas kelas atas diperlihatkan oleh headphone gaming seharga lebih dari 2 jutaan ini. Itu sebabnya bila Anda melihat sendiri perangkat suara gaming ini terpasang di kepala gamer lain, bukan tidak mungkin akan timbul perasaan iri untuk ikut memilikinya. Mulai dari penampilan luarnya nan kental dengan nuansa gamer, apa yang terdengar oleh telinga juga turut dijaga kualitasnya.

Sepasang
Sepasang “mata” menjadi aksesori unik

Bukan hanya sampai di sana saja, STRIX 7.1 juga mempersiapkan beberapa elemen untuk menjaga kenyamanan penggunanya ketika ia digunakan dalam waktu lama; satu faktor yang patut diperhitungkan ketika memilih perangkat bermain untuk gamer. Bila Anda menganggap diri sebagai gamer, poin tersebut tentu harus menjadi pertimbangan utama. Sebab, bermain nonstop selama 8 hingga 10 jam bukanlah hal yang asing untuk gamer. Tentunya Anda tidak ingin melewati waktu yang relatif lama tersebut dengan merasa sakit atau tidak nyaman ketika menggunakan perangkat suara!

Indah Dari Pandangan Pertama

Untuk menangkap ikan ketika memancing, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah menyiapkan umpan yang sangat menggiurkan untuk ikan. Hal ini tampaknya menjadi pertimbangan yang besar ketika headphone ini dirancang. Umpan di sini adalah apa yang pertama kali Anda temui ketika akan memilih perangkat suara premium ini, yaitu tampilan luarnya. Percaya atau tidak, cukup banyak konsumen yang membeli produk hanya berdasarkan tampilan luarnya saja! Untungnya, STRIX 7.1 bukan hanya menggosok penampilannya saja, tetapi juga bagian dalamnya.

Kesan elegan dan serius terpancar dari rancangan dan detailnya
Kesan elegan dan serius terpancar dari rancangan dan detailnya

Bentuk dari headphone ini sendiri begitu futuristik dan terkesan canggih. Namun, pancingan terbesar dari sisi tampilannya bukan berasal dari bentuknya semata, melainkan “mata” bersinar yang ada di bagian luar driver speaker headphone! Mata tersebut merupakan aksesori yang sangat unik dan menjadi magnet yang menarik perhatian. Bentuk mata tersebut merupakan perwakilan dari STRIX sendiri, yang dalam bahasa Romawi Yunani artinya burung hantu! Untuk lebih membuat fitur tersebut terkesan premium, ia dilindungi oleh lapisan transparan di bagian luarnya sehingga memberi kesan seperti permukaan luar mata.

Headphone ini juga dilengkapi oleh microphone elastis yang dapat dipasang atau dilepas dengan mudah. Pemilihan warna dominan hitam dengan tambahan orange tampaknya menjadi ciri khas headphone ini. Hal itu juga terlihat jelas menghiasi aksesori microphone dan headband-nya. Hal serupa juga terlihat pada earbud super besarnya. Bedanya, pada earbud tersebut warna dominannya justru orange. Warna orange juga menjadi pilihan utama untuk menghiasi beragam lampu yang ada di headphone tersebut, termasuk di dalamnya “mata” burung hantu di driver headphone dan lampu di Audio Station.

Sampai bagian yang tersembunyi sekalipun dirancang dengan baik
Sampai bagian yang tersembunyi sekalipun dirancang dengan baik

Kenyamanan Menjadi Prioritas

Beragam langkah diambil STRIX 7.1 untuk menjamin kenyamanan Anda ketika menggunakannya. Langkah pertama dimulai dari yang terdekat dengan tubuh Anda, yaitu earbud. Bahan yang digunakan untuk melapisi busa earbud adalah kulit nan begitu lembut. Hal ini sangat penting, mengingat bagian ini bila tidak diperhatikan kualitasnya dan terlalu lama melekat pada permukaan kulit wajah Anda dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Untungnya, berkat tingginya kualitas kulit earbud tersebut, Anda dapat merasa nyaman ketika menggunakannya untuk waktu lama.

Headband-nya mudah diatur dan nyaman digunakan
Headband-nya mudah diatur dan nyaman digunakan

Ukuran dari earbud tersebut juga menjadi poin positif. Berkat ukurannya yang begitu besar, telinga Anda dapat masuk secara keseluruhan dan earbud tidak menekan daun telinga. Hal ini terasa penting, mengingat sifat utama dari headphone ini, yaitu label 7.1 di namanya. Sistem suara 7.1 yang digunakan dalam headphone ini berasal dari penggunaan beberapa speaker di driver headphone. Jadi, ukuran drivernya cukup besar dan earbud tersebut harus mampu mengisolasi telinga di jangkauan semua speaker tersebut. Untuk itu, penempatan telinga di dalam earbud menjadi cukup penting untuk dapat menikmati efek suara 7.1 secara maksimum.

Dominasi hitam dan orange terlihat jelas di beragam sudutnya
Dominasi hitam dan orange terlihat jelas di beragam sudutnya

Headband pada headphone ini juga dijaga kenyamanannya. Hal tersebut diwujudkan dengan penggunaan beberapa bantalan empuk di permukaan yang bersentuhan dengan kulit kepala. Selain itu, headband tersebut juga dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan ukuran kepala. Jadi, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan posisi driver speaker dengan telinga tanpa harus menarik bagian apapun dari headphone ini.

Elemen lain yang tidak kalah pentingnya adalah penggunaan Braided Cable. Berkat kabel yang dilindungi oleh anyaman serat yang kuat tersebut, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kabel. Selain itu, kabel tersebut juga masih cukup elastis untuk dilekukkan tanpa adanya kemungkinan ia terlalu patah sudutnya dan secara tidak langsung dapat menyebabkan kabel di dalamnya putus.

Kendali Penuh Melalui Audio Station

Semua kendali untuk mengatur beragam fungsi headphone ini dapat ditemui dalam alat tambahan bernama Audio Station. Benda inilah yang menjadi agen ketiga antara telinga dan komputer Anda. Sebab, melalui Audio Station inilah Anda dapat mengatur volume, amplifier, efek 7.1, spektrum suara, hingga pencahayaan “mata” di headphone. Semua itu dapat dilakukan melalui beberapa tombol putar dan tekan yang dapat ditemui di sana.

Driver speaker dapat menekuk dan menyesuaikan diri dengan kontur kepala
Driver speaker dapat menekuk dan menyesuaikan diri dengan kontur kepala

Pemasangannya juga patut diberi acungan jempol. Cukup tancapkan dua USB yang keluar dari perangkat tersebut ke komputer dan Anda langsung dapat menggunakannya! Anda sama sekali tidak perlu khawatir dan pusing dengan beragam instalasi program tambahan yang perlu dipasang dari DVD atau Internet! Kemudahannya ini harus diakui patut menjadi poin positif. Terutama untuk gamer yang tidak mau repot ketika ingin menggunakan perangkat ini. Selain itu, kemungkinan adanya konflik software yang terjadi di dalam komputer, satu hal yang mungkin terjadi pada penggunaan software tambahan, tidak mungkin terjadi ketika menggunakan headphone ini.

Microphone dapat ditekuk dengan mudah dan elastis
Microphone dapat ditekuk dengan mudah dan elastis

Penggunaannya juga tergolong mudah. Semua informasi yang perlu Anda ketahui terpampang dengan jelas di setiap tombolnya. Misalnya untuk mengubah spectrum atau mode suara ketika bermain game, Anda cukup memutar tombol kecil ke arah “Spectrum”, selanjutnya tinggal memutar tombol utama di bagian atas Audio Station ke salah satu gambar yang merepresentasikan salah satu spectrum tersebut. Begitu juga dengan fungsi lainnya. Melalui perangkat ini, Anda juga dapat mengaktifkan atau mematikan suara dari Microphone serta mengubah keluaran suara ke speaker.

Spectrum suara yang terdapat pada Audio Station cukup menarik untuk dilihat lebih dekat. Secara keseluruhan, Anda dapat memilih satu dari empat spectrum ketika bermain game. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan suara yang dikeluarkan ke headphone supaya sesuai dengan game yang dimainkan. Ketika Anda bermain First Person Shooting, ada dua spectrum yang dapat digunakan, yaitu mempertajam suara langkah kaki atau suara tembakan. Spectrum lain adalah meningkatkan suara lingkungan dalam game RPG dan suara mobil pada game balapan.

Ukuran earbud begitu besar demi menjamin kenyamanan bermain
Ukuran earbud begitu besar demi menjamin kenyamanan bermain
Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…