Tony Hawk’s Pro Skater 5 Terbukti Berantakan

Reading time:
September 30, 2015

Anda sudah menabung lebih dari ratusan ribu Rupiah untuk membeli Tony Hawk’s Pro Skater 5 di platform generasi saat ini ataupun generasi sebelumnya? Jika melihat kondisi rilis saat ini, ada baiknya Anda menahan diri terlebih dahulu dan mulai memikirkan game alternatif yang bisa Anda beli dengan jumlah uang yang tidak sedikit tersebut. Mengapa? Karena seperti sinyal bahwa game ini akan berakhir seburuk yang dibayangkan akan berakhir menjadi kenyataan. Daripada kualitas, Activision tampaknya menjadikan nostalgia sebagai kekuatan pendorong untuk mendapatkan ekstra uang cepat lewat franchise yang begitu populer di masa lalu ini.

Anda yang cukup mengikuti berita game selama beberapa bulan terakhir ini tampaknya sudah sadar soal beberapa masalah yang menyelimuti proyek racikan Robomodo – dev. yang punya track record tak begitu baik di masa lalu. Dari kualitas visualisasi buruk yang lebih pantas disandingkan dengan game mobile, hingga perbaikan cell-shading yang justru membuatnya terasa lebih “murahan”. Tidak hanya itu saja, laporan kemarin juga menyebutkan bahwa ukuran patch hari pertama THPS 5 ternyata lebih besar daripada ukuran gamenya sendiri! Patch pertama yang harus diunduh gamer berukuran sekitar 7,7 GB, sementara game di dalam disc yang dijual hanya berukuran sekitar 4.4 GB. Apa yang sebenarnya tengah terjadi?

Dengan lebih banyak media gaming luar yang akhirnya mendapatkan keping game mereka, sinyal kuat bahwa Anda harus menghindari THPS 5 tampaknya mendapatkan justifikasi yang semakin kuat. Kotaku melaporkan bahwa “Patch Hari Pertama” yang harus Anda unduh itu sebenarnya bukan patch, melainkan konten game THPS 5 itu sendiri! Jika Anda tidak mengunduhnya, maka Anda hanya akan bisa menikmati mode tutorial dan mode Park Editor saja, tanpa konten lainnya. Ini semakin menarik mengingat Anda ternyata hanya perlu mengunduh 7,4 GB data saja jika membeli game ini secara digital, tanpa perlu patch. Lantas, apa yang sebenarnya disuntikkan Robomodo dan Activision di keping blu-ray dengan ruang data yang masih terbuka luang tersebut? Masih menjadi misteri.

THPS 5 terbukti berantakan! Patch hari pertama yang ternyata merupakan konten game, bug, glitch, hingga kualitas visual mengecewakan meluncur dari game ini.
THPS 5 terbukti berantakan! Patch hari pertama yang ternyata merupakan konten game, bug, glitch, hingga kualitas visual mengecewakan meluncur dari game ini.

Bagaimana dari sisi konten? Sama berantakannya! Eurogamer merilis sebuah video terpisah yang berfokus memperlihatkan seberapa kacaunya THPS 5 itu sendiri. Mereka menemukan banyak glitch di versi Playstation 4, hingga terlihat seperti sebuah game yang belum rampung dikerjakan. Texture popping hingga beragam bug di dalam permainan juga ditemukan.

Dengan konten berantakan seperti ini, spekulasi pun merebak di dunia maya. Semua kecurigaan mengarah pada Press Release yang sempat dirilis Activision di tahun 2002 silam, dimana mereka berhasil memperpanjang hak rilis untuk game Tony Hawk’s Pro Skater. Tebak apa yang menarik? Benar sekali, ternyata hak rilis tersebut akan mati di akhir tahun 2015 ini! Menjadi sangat rasional untuk melihat Tony Hawk Pro Skater 5 sebagai usaha terakhir Activision untuk mendulang uang dari game ini dengan memanfaatkan momen nostalgia yang ada, sebelum haknya hilang di akhir tahun ini. Activision sendiri masih belum angkat bicara soal spekulasi ini.

Jadi, untuk Anda yang tertarik untuk melirik game yang satu ini, kami hanya bisa menyarankan Anda untuk menunggu dan menantikan review media luar sebelum menetapkan keputusan. Beware!

Source: Kotaku, Eurogamer

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…