Review SOMA: Kolaborasi Rasa Takut dan Penasaran!

Author
David Novan
Reading time:
September 25, 2015

Eksplorasi Dengan Nuansa Mencekam

Menjelajahi dunia yang gelap dan memiliki ancaman yang bisa datang kapan saja merupakan satu-satunya cara untuk menyelesaikan permainan. Untuk melakukan itu, Anda akan dilengkapi dengan beberapa fitur permainan yang cukup menarik dan interaktif. Jadi, Anda bukan hanya menekan tombol saja untuk mengaktifkan beragam petunjuk atau membuka pintu, tetapi game ini membuatnya menjadi lebih membutuhkan keterlibatan Anda.

Anda hanya memiliki alat untuk membuka pintu saja, bukan senjata
Anda hanya memiliki alat untuk membuka pintu saja, bukan senjata

Contoh paling menarik dari interaksi Anda dengan lingkungan adalah dari cara membuka pintu dan mengaktifkan beragam tuas. Pada game lain, Anda hanya cukup menekan tombol saja. Namun, pada game ini Anda harus menahan tombol klik kiri mouse sambil menggerakkan mouse ke arah yang tepat. Misalnya, Anda ingin membuka pintu, maka tahan klik kiri mouse sambil mengayunkannya ke arah pintu terbuka. Begitu juga dengan tuas atau lever untuk membuka beragam pintu yang diperkuat.

Elemen permainan yang dapat berinteraksi dengan Anda bukan hanya terbatas pada pintu dan tuas belaka. Beragam benda di lingkungan juga dapat Anda ambil dan angkat sesuka hati. Sayangnya, semua itu tidak banyak berguna dalam game, karena mereka hanya sebagai pemanis belaka. Namun, beragam buku, potongan kertas, serta foto dapat Anda lihat lebih seksama bahkan dapat diputar untuk melihat bagian belakangnya.

Beragam switch harus diinteraksi dengan gerakan mouse
Beragam switch harus diinteraksi dengan gerakan mouse

Kemampuan berinteraksi dengan beragam obyek dalam permainan adalah salah satu cara untuk menemukan beragam petunjuk untuk menyelesaikan masalah. Pada satu kesempatan, Anda perlu mencari petunjuk mengenai kode untuk membuka pintu yang terkunci di dalam buku catatan. Terkadang Anda juga perlu mengaktifkan beragam layar komputer untuk membuka pintu atau bahkan menemukan beragam file berisi memento dari manusia lain. Melalui beragam memento tersebut, Anda akan dibawa menuju pengertian mengenai keadaan dunia.

Terkadang Anda dapat menemukan teka-teki untuk dipecahkan
Terkadang Anda dapat menemukan teka-teki untuk dipecahkan

Kesempatan untuk berinteraksi dengan obyek lain bukan hanya terbatas sampai di situ saja. Anda juga dapat menemukan momen yang cukup menyedihkan atau kejam. Misalnya ketika Anda perlu mengembalikan sumber listrik untuk menjalankan kereta. Ternyata, listrik yang Anda butuhkan digunakan oleh orang yang terluka untuk bertahan hidup dengan bantuan mesin. Lebih parahnya, orang ini sudah cukup Anda kenal berkat beragam pesan suara yang Anda temui di perjalanan menuju ke sana. Ketika Anda menarik sumber listrik dari mesin yang digunakannya supaya ia dapat mengalir ke kereta yang ingin Anda jalankan, ia akan kesakitan dan mengemis ketakutan supaya jangan dicabut sumber listriknya!

Tanpa adanya peta, Anda harus mengandalkan insting dan cahaya untuk menemukan jalan
Tanpa adanya peta, Anda harus mengandalkan insting dan cahaya untuk menemukan jalan

Bersembunyi, Kunci Bertahan Hidup

Tidak mampu melawan balik musuh Anda berarti satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah dengan menghindari bertemu dengannya. Untungnya, sebelum Anda bertemu dengan musuh, Anda akan mendapatkan peringatan berupa suara dan fluktuasi di layar permainan, seperti ketika sinyal televisi memburuk. Bila Anda menggunakan bantuan headphone atau speaker 5.1 untuk bermain, maka efek suara yang dihasilkan akan memberikan dampak lebih dahsyat untuk ketegangan ketika bermain!

Anda dapat mengintip dari posisi tersembunyi supaya mengetahui lokasi musuh
Anda dapat mengintip dari posisi tersembunyi supaya mengetahui lokasi musuh

Efek suara pada game ini jelas sekali mendapatkan perhatian lebih. Bukan hanya lokasinya saja yang dapat diketahui melalui suara, terutama bila Anda menggunakan perangkat suara kelas atas, tetapi variasinya juga beragam. Terkadang Anda dapat mendengar suara pipa besi jatuh di ujung lorong, uap bocor, atau hanya tetesan air. Kemampuan game ini untuk membuat game begitu sepi untuk kemudian menyisipkan suara mengagetkan mampu membuat adrenalin terpacu. Nah, hal inilah yang kami alami ketika memainkan game ini; sendirian di kantor nan gelap, tengah malam, dan ditambah lagi malam Jum’at.

Ketika diserang musuh, Anda tidak langsung mati
Ketika diserang musuh, Anda tidak langsung mati

Untuk mendukung kemampuan Anda untuk bersembunyi, game ini memberikan kemampuan untuk mengintip dari tempat persembunyian. Jadi, dengan menggunakan fungsi mengintip tersebut, Anda tidak memunculkan semua bagian tubuh Anda untuk melihat posisi musuh. Sebab, ada beberapa musuh yang mampu membuat layar permainan kacau balau hanya akibat ia melihat ke arah Anda saja! Seringkali langkah terbaik untuk menghindari musuh adalah dengan lari sekencangnya. Kebanyakan musuh tidak akan mengejar Anda bila dihalangi oleh pintu.

Kondisi terluka dapat disembuhkan dengan memasukkan jari ke dalam alat mencurigakan ini
Kondisi terluka dapat disembuhkan dengan memasukkan jari ke dalam alat mencurigakan ini

Satu hal yang sangat penting untuk diingat dalam game ini adalah perlunya meningkatkan kemampuan mengingat. Sebab, game ini sama sekali tidak menyediakan peta! Bila Anda sedang bergerak di daerah yang sempit, seperti koridor dan ruangan, hal ini tidak begitu berpengaruh. Lain lagi ketika Anda bergerak di daerah luas di tengah kegelapan! Satu-satunya petunjuk hanyalah lampu di kejauhan, entah itu memang tujuan Anda atau lampu milik musuh!

Interaksi dengan lingkungan dapat membuat Anda lebih mengerti jalannya cerita
Interaksi dengan lingkungan dapat membuat Anda lebih mengerti jalannya cerita

Satu hal yang disayangkan adalah kurangnya resiko yang didapatkan ketika bertemu musuh. Serangan musuh tidak langsung membuat game over. Ternyata Anda masih dapat bergerak menjauh dari musuh setelah sekali terkena serangan, dengan penalti layar menjadi buram. Kondisi ini dapat disembuhkan dengan menemukan sebuah alat aneh yang terbuah dari setengah mesin dan setengah biologis. Setelah itu, Anda dapat dengan leluasa kembali berpetualang.

Ada kalanya Anda diberikan pilihan berat, seperti mencabut listrik yang menopang hidup orang sekarat demi keperluan Anda sendiri!
Ada kalanya Anda diberikan pilihan berat, seperti mencabut listrik yang menopang hidup orang sekarat demi keperluan Anda sendiri!
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…