30 Game NES Terbaik Sepanjang Masa!

Reading time:
October 21, 2015
ninja gaiden nes

Selamat ulang tahun yang ke-30 NES! Kita bukan sekedar merayakan beragam momen nostalgia yang mungkin sempat dihabiskan banyak gamer “tua” bersama dengan konsol jadul yang satu ini. Sebagai gamer secara keseluruhan, kita merayakan sebuah produk yang merupakan manifestasi mimpi dan keberanian untuk masuk ke dalam pasar yang begitu asing dan aneh di kala itu. Sebuah langkah awal Nintendo untuk membangun jalan bagi masuknya industri game sebagian bagian dari bisnis hiburan mainstream seperti yang kenal kita saat ini. Kita merayakan sebuah produk yang juga jadi salah satu sumber inspirasi bagi banyak developer yang akhirnya tumbuh besar dan memutuskan untuk menciptakan lebih banyak game keren yang berakhir kita nikmati di platform dengan performa ratusan kali lipat. Kita tak hanya mengucapkan selamat ulang tahun untuk sebuah produk, tetapi simbol dari industri game itu sendiri.

Bagi saya pribadi, NES bahkan terasa lebih personal. Ketika masih mengenyam bangku Sekolah Dasar, adalah ayah – sosok yang selama ini selalu saya pribadi asosiasikan gagap teknologi dan tak mengerti banyak soal tren di luar lah yang memperkenalkan konsol ini. Masih berjuang dengan catridge “1001 in 1” yang berisikan banyak game sama rasa tapi beda rupa, NES membuat saya pribadi, jatuh hati pada industri game. Sama seperti jutaan orang lainnya, NES membuka sebuah dunia yang tak pernah diketahui sempat ada, sebuah dunia menyenangkan dengan probabilitas yang terlihat tak terbatas. Sebuah kesempatan untuk bermain peran menjadi pahlawan yang berusaha menyelamatkan dunia dari kehancuran. Pengalaman yang akhirnya membuat banyak dari kita, bertahan menjadi gamer terlepas dari usia yang kian menua.

Untuk merayakan rilis NES di pasar Amerika yang berakhir menjadi konsol sama yang terus kita mainkan, izinkan kami melemparkan sebuah artikel toplist berisi game-game NES yang menurut kami pribadi, terbaik sepanjang masa. Sementara bagi gamer yang tidak pernah mengenal NES sama sekali, artikel ini bisa dijadikan sebagai rujukan game lawas untuk dicicipi mengingat ROM NES dan program emulator yang sangat mudah ditemukan di dunia maya. Walaupun beberapa di antaranya tak menua dengan manis, namun porsi masa menyenangkan yang mereka tawarkan di masa lalu memang tak terbantahkan.

  1. Batman: The Video Game

batman video game

Sudah jadi mimpi semua anak kecil tampaknya, untuk bisa berperan sebagai superhero, membasmi kejahatan, dan kembali menyelamatkan kota dari kekacauan apapun yang hampir terjadi. NES benar-benar mewujudkan hal tersebut. Menjadi salah satu karakter terfavorit di masa kecil kami, tidak heran betapa gembiranya kami ketika tempat penyewaan catridge di masa itu memuat Batman: The Video Game. Memukul setiap penjahat yang Anda temui di layar sembari melompat dari platformer yang satu ke yang lainnya, Batman: The Video Game mungkin terlihat “sampah” saat ini jika dibandingkan dengan variasi yang mampu dilakukan Batman di seri Arkham, misalnya. 20 tahun yang lalu, aksi sang ksatria kegelapan ini tak bisa lagi lebih sempurna.

  1. Bomberman

bomberman nes

Hampir sebagian besar game NES bisa dinikmati bersama dengan teman yang lain. Beberapa mengusung sistem multiplayer ini dengan cara bergantian. Jadi alih-alih bermain bersama-sama langsung di dalam satu layar, Player 2 harus menunggu hingga Player 1 tewas sebelum bisa terjun ke dalam aksi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika game-game multiplayer, apalagi yang kompetitif, cukup populer di kala itu. Salah satu yang terbaik? Tentu saja Bomberman. Terperangkap di satu ruang dengan begitu banyak dinding untuk dihancurkan, Bomberman senantiasa mengundang tawa. Apalagi jika kematian terjadi bukan karena aksi pintar teman Anda, tetapi karena kebodohan Anda sendiri. Ketika Anda dengan santainya menaruh bomb dengan power penuh di depan muka lalu lupa memikirkan jalan keluar. 1 detik penuh penyesalan.

  1. Karateka

karateka nes

Jurus tendangan memutar, salto di udara, hingga serangan bola-bola bersinar dari dua arah, hal ini yang mungkin Anda pikirkan ketika membicarakan game fighting. Di masa lalu, terutama di era NES, game dengan tema bela diri seperti ini jauh lebih sederhana dalam hadir dalam format berbeda. Benar sekali, kita tengah membicarakan Karateka! Musik yang ikonik akan mengiringi aksi karakter utama Anda yang harus berjuang untuk mengalahkan setiap musuh yang menghadang dengan aksi Karate super sederhananya. Tidak ada gerakan keren absurd layaknya game fighting saat ini. Anda hanya bisa mengandalkan pukulan dan tendangan biasa, untuk bagian tubuh bagian atas maupun bawah, sembari berusaha menjaga jarak. Sederhana? Hampir sebagian besar gamer yang sempat mencicipi game ini tampaknya tak pernah menamatkannya.

  1. Sky Destroyer

sky destroyer

1942? Sebagian besar gamer NES tampaknya sudah pasti pernah mencicipi game NES yang membawa Anda pada pertempuran perang dunia kedua dengan musik ikonik memorable tersebut. Namun bagi kami pribadi, game pesawat terbaik dan terkeren di era NES tampaknya masih pantas disandang oleh satu nama – Sky Destroyer. Di tengah limitasi 8 bit NES yang lemah, Sky Destroyer hadir dengan perspektif tiga dimensi – dimana Anda harus menembak jatuh pesawat yang terbang mendekati layar. Kerennya lagi?  Ada perpindahan siang ke malam, lengkap dengan pertempuran boss dan aksi melemparkan torpedo ke kapal di game ini. Satu yang mungkin tidak Anda sadari, Anda justru berperan sebagai “orang jahat” di Sky Destroyer. Benar sekali, pesawat yang Anda gunakan adalah pesawat milik tentara Jepang yang berusaha “membersihkan” udara dan laut dari pasukan sekutu – yang selalu jadi protagonis. Sebuah perspektif yang sangat jarang ditemukan di industri game saat ini.

  1. Excitebike

Semua memori masa kecil Anda tampaknya siap untuk mengemuka kembali ketika Anda memainkan Excitebike. Tak perlu menunggu hingga Anda mencicipi balap dua dimensi dengan beragam rintangannya ini, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mencicipi musik pembukanya yang begitu ikonik dan tak mudah dilupakan begitu saja. Bergerak dari satu gundukan, tantangan, limpahan pasir ke rintangan lain sembari berusaha bertahan di atas motor hanyalah sedikit daya tarik game ini. Siapa yang masih ingat bagaimana Anda harus menekan tombol tertentu agar bisa cepat naik ke atas motor ketika jatuh? Atau ketika Anda harus berhadapan dengan  motor yang kepanasan ketika berusaha sedikit meningkatkan kecepatan? Atau ketika Anda mulai bereksperimen dan menciptakan track sulit Anda sendiri sembari meminta teman lain untuk mengujinya? Cukup menakjubkan bagaimana game setua Excitebike mampu menawarkan sensasi game racing yang mungkin tak lagi bisa Anda temukan saat ini.

  1. Punch-Out!

punch out

Punch-Out adalah game super sederhana. Ada lawan di depan mata Anda, dan tujuan Anda hanya satu – memastikan dua tinju Anda cukup efektif untuk menundukkan setiap dari mereka. Kerennya lagi? Ia tak bisa dicapai dengan hanya sekedar menekan tombol secepat mungkin dan berharap setiap darinya menghasilkan damage tertentu. Punch Out adalah game soal strategi, timing, dan observasi. Bahwa Anda harus membaca pola gerakan musuh, menghindari, mengambil celah untuk menyerang, dan kemudian menahan diri untuk melakukan hal apapun di luar rencana tersebut. Strategi yang akan cukup untuk membuat Anda menyelesaikan game yang satu ini. Ya setidaknya, sampai Anda bertemu dengan Mike Tyson.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…