30 Game NES Terbaik Sepanjang Masa!

Reading time:
October 21, 2015
  1. Mighty Final Fight

mighty final fight

Sebagian besar dari Anda mungkin lebih mengenal Double Dragon atau Final Fight itu sendiri ketika kita membicarkan game beat’em up paling populer di era NES. Namun bagi kami? Ada satu ekstra game lainnya yang keren, namun mungkin seringkali dilewatkan oleh banyak orang. Benar sekali, kami membicarakan Mighty Final Fight! Secara sederhana, Anda bisa menyebutnya sebagai Final Fight – lengkap dengan tiga karakter utamanya: Guy, Cody, dan Haggar namun dalam bentuk super deformed (SD). Tiap karakter ini hadir dengan moveset gerakan serangan biasa dan spesial berbeda. Dengan nyawa yang terbatas, butuh perjuangan ekstra menundukkan game ini, apalagi dengan semua boss unik yang ia tawarkan.

  1. Wild Gunman

wild gunman

Zapper? Apa nama yang satu ini langsung memicu memori tertentu di otak Anda? Benar sekali, kita tengah membicarakan perangkat tambahan yang tampaknya banyak dimiliki oleh gamer pemilik NES di masa lalu untuk ekstra pengalaman gaming yang terhitung revolusioner di kala itu. Tanpa sensor tambahan apapun, Zapper berfungsi layaknya pistol “biasa” yang Anda arahkan dan tembak ke layar televisi Anda. Beberapa game eksklusif yang memanfaatkan maksimal perangkat ini pun dirilis, seperti Duck Hunt, misalnya. Namun bagi pribadi? Pesona game Zapper terbaik tetap ditawarkan oleh Wild Gunman! Berperan tak ubahnya koboi yang tengah terlibat aksi tembak menembak melawan para bandit dengan beragam bentuk, Wild Gunman terasa lebih sulit dan dinamis dibandingkan Duck Hunt karena kemampuan mereka untuk “mencedarai” Anda. Apalagi tiap koboi musuh ini juga hadir dengan karakteristik yang berbeda pula. Seberapa cepat Anda bisa menembak?

  1. Legend of Zelda

zelda nes

Awal dari segalanya. Permulaan dari franchise yang berakhir menjadi salah satu poros kekuatan utama Nintendo, bahkan hingga saat ini. Legend of Zelda memang menawarkan salah satu pengalaman action yang terhitung kompleks di kala itu. Tak hanya sekedar memukul musuh membabi buta, Anda berhadapan dengan variasi item, puzzle, dan beragam tantangan yang muncul dari satu layar ke layar lainnya. Walaupun tak pernah menyelesaikan seri perdana ini hingga akhir, namun sensasi unik yang ia tawarkan dibandingkan game NES di kala itu harus diakui, cukup melekat hingga saat ini.

  1. Ice Climber

ice climber

Kacau, menegangkan, dan menyenangkan di saat yang sama, ketiga kata yang satu ini tampaknya cukup mendeskripsikan pengalaman ketika memainkan Ice Climber. Seperti namanya, game ini sebenarnya sederhana – hanya meminta Anda menghancurkan keping es yang ada dan mencapai puncak tertinggi yang ada. Kesulitan muncul dari beragam musuh dan licinnya jalan yang siap untuk membuat Anda salah langkah jika tak awas. Memainkannya bersama dengan teman yang lain? Di sinilah Ice Climber baru tampil menarik! Anda bisa memainkan game ini secara kooperatif ataupun kompetitif. Opsi untuk menghalangi teman Anda agar tak mencapai puncak lebih cepat daripada Anda terkadang menghasilkan atmosfer yang menyenangkan, tetapi juga menimbulkan rasa frustrasi tersendiri. Tidak ada sensasi lebih ingin melemparkan kontroler kotak NES lebih besar daripada berhadapan dengan teman Anda yang tak pernah mau mengalah di Ice Climber.

  1. Galaga

galaga nes

Berapa banyak dari Anda yang sempat menyelesaikan Galaga? Kami jujur, tak pernah menyelesaikan game shooter yang satu ini hingga akhir. Padahal secara rasional, seharusnya tak ada yang sulit dengan game yang hanya sekedar meminta Anda menembak lurus dan menghindari beragam serangan kapal alien yang mendekat ini.  Suara tembakan yang khas tampaknya jadi hal yang paling membuat Galaga terasa memorable. Momen paling keren lainnya? Ketika Anda membiarkan pesawat yang tengah Anda gunakan saat ini diculik dan disimpan sang pesawat alien di barisan paling belakang. Dan begitu Anda berhasil membebaskannya? BOOM! Anda langsug memainkan dua pesawat sekaligus, yang menawarkan ekstra firepower yang bisa dibilang, cukup signifikan. Mm… kenapa banyak dari kita tidak pernah menyelesaikan game yang satu ini ya?

  1. Teenage Mutant Ninja Turtles III: The Manhattan Project

manhattan project

Di era NES, sebagian besar game-game adaptasi film kartun, seri, atau layar lebar berakhir menjadi proyek yang cukup menarik untuk dinikmati. Banyak developer yang juga menangani franchise raksasa ini dengan baik, melahirkan game action yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Salah satu yang pantas dikategorikan terbaik? TMNT 3: The Manhattan Project. Sebagai salah satu gamer yang sempat mencicipi dua seri sebelumnya, kehadiran seri ketiga ini menawarkan pengalaman yang lebih sempurna. Animasi gerakan, desain musuh, desain level, hingga beragam aksi yang pantas menjadikannya sebagai salah satu game multiplayer kooperatif terbaik di era NES. Aksi Donatello, Leonardo, Raphael, dan Michaelangelo ini jadi seri klasik yang tak bisa diabaikan begitu saja.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 28, 2021 - 0

Review Fatal Frame – Maiden of Black Water: Mengkilap, Menegangkan!

Apakah Koei Tecmo akan mengeksplorasi kembali Fatal Frame sebagai sebuah…
October 27, 2021 - 0

Review House of Ashes: Selangkah Lebih Baik!

Ambisius adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang tengah…
October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…