Review Kingston HyperX Cloud Core: Headphone Gaming dengan Suara Akurat!

Author
David Novan
Reading time:
October 21, 2015
HyperX Cloud Core, kokoh dan mampu menghasilkan suara yang akurat
HyperX Cloud Core, kokoh dan mampu menghasilkan suara yang akurat

Keseriusan Kingston dalam menjajaki bisnis di dunia gaming belakangan ini semakin kentara. Setelah mulai melibatkan dirinya dalam memproduksi beragam perangkat gaming, mulai dari RAM gaming grade hingga mouse pad, Kingston juga tidak mau ketinggalan untuk bermain di pasar perangkat audio gaming grade. Hal ini terlihat jelas dengan dirilisnya HyperX Cloud Core, headphone gaming yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bermain gamer profesional.

Standar yang cukup tinggi tersebut disertai juga dengan dukungan dari beberapa tim gamer profesional, seperti SK Gaming, Team Liquid, dan VICI Gaming. Selain itu, headphone gaming ini juga dipersiapkan untuk memiliki kompatibel tinggi ketika digunakan untuk Voice Over Internet, seperti melalui Skype, Teamspeak, Ventrilo, Mumble, dan Raidcall. Seperti yang mungkin juga Anda ketahui, beberapa program tersebut memang dirancang untuk digunakan sebagai media komunikasi gamer ketika bermain game, baik pada shooter online maupun MMORPG.

Perpaduan logam dan karet pada komposisi yang tepat
Perpaduan logam dan karet pada komposisi yang tepat

Setelah Cloud Core memoles permukaannya dengan beragam dukungan tersebut, kini tinggal tersisa kinerjanya sendiri. Sebab, apalah artinya bila headphone-nya sendiri justru tidak mampu mengimbangi semua nama besar yang ada di labelnya. Untungnya, headphone gaming grade seharga hampir 800 ribuan ini mampu memberikan pengalaman mendengar yang tidak kalah dari sisi kualitasnya.

Hampir semua sisi headphone ini dipoles sedemikian rupa supaya ia mampu memberikan kenyamanan, mulai dari eksterior hingga interiornya. Ia begitu nyaman digunakan dan di saat bersamaan mampu memberikan suara yang seimbang; tidak ada yang berlebihan ketika ia digunakan di beragam kondisi, baik ketika bermain maupun mendengarkan musik. Faktor ini tentunya sangat penting untuk perangkat suara dengan harga di bawah satu jutaan.

Lengan penahan driver dari besi menjamin kekuatannya dan tahan lama
Lengan penahan driver dari besi menjamin kekuatannya dan tahan lama

Kokoh dan Tegas

Bentuk dari Cloud Core sendiri merupakan salah satu kelebihannya. Meskipun untuk ukuran perangkat gaming yang biasanya dilengkapi dengan beragam lampu di semua sudutnya, headphone ini terlihat begitu sederhana, tetapi hal itu tidak mengurangi nilai penampilannya. Bukan hanya warnanya saja yang membuatnya terlihat profesional, bahan permukaannya juga turut serta dalam mengukuhkan kesan tersebut.

Headband ditopang oleh busa yang lembut dan nyaman
Headband ditopang oleh busa yang lembut dan nyaman

Headphone gaming berwarna dominan hitam ini diselimuti oleh perpaduan bahan karet dan besi yang diwarnai dominan hitam. Seakan berfungsi untuk memperkuat perlindungan terhadap bagian yang sensitif, bahan besi digunakan pada posisi driver headphone dan perpanjangan dari headband. Bagian yang menghubungkan driver headphone dengan headband juga dibuat dengan bahan besi.

Driver dan headband dihubungkan dengan kabel
Driver dan headband dihubungkan dengan kabel

Penggunaan bahan besi di lokasi tersebut membuat headphone ini begitu kokoh dan kuat. Bahkan, Anda tidak perlu takut untuk menjatuhkan headphone ini ke lantai, meskipun tindakan ini sama sekali tidak kami sarankan. Namun, dari sisi kekuatannya sendiri, bahan tersebut memang membuatnya menjadi lebih dapat diandalkan, terutama dari ekspektasi umur penggunaannya. Sebab, seringkali kerusakan pertama dari headphone berawal pada bagian perpanjangan dari headband. Harus diakui, daerah inilah yang paling sering ditarik untuk disesuaikan dengan ukuran lingkar kepala penggunanya.

Akan tetapi, kekuatan tersebut juga membawa sedikit kekurangan. Akibat penggunaan bahan besi pada ekstender headband tersebut, bagian itu menjadi kaku. Jadi, Anda tidak dapat menekuknya ketika membawa headphone ini di dalam tas berukuran kecil. Bagian driver juga tidak dapat diputar mengarah ke depan. Hal ini tentunya akan mengambil ruang lebih banyak di dalam tas Anda.

Earcup berukuran besar dilengkapi oleh busa empuk dan kulit lembut
Earcup berukuran besar dilengkapi oleh busa empuk dan kulit lembut

Kenyamanan Maksimal

Perangkat suara tanpa kenyamanan untuk penggunanya tentu saja haram terjadi. Apalagi untuk perangkat suara dengan gaming grade. Alasannya sederhana saja, gamer menggunakan headphone selama bermain. Jadi, bila ia bermain selama 5 jam sehari, maka permukaan headphone yang menempel pada kulit akan terus ada di posisi yang sama selama 5 jam pula. Itu sebabnya kenyamanan menjadi elemen penting untuk perangkat suara gaming.

Panjang headband dapat dengan mudah diketahui dari tanda titik
Panjang headband dapat dengan mudah diketahui dari tanda titik

Cloud Core tampaknya sangat memerhatikan faktor yang biasanya terlupakan tersebut. Itu sebabnya headphone ini disertai dengan busa yang sangat empuk di bagian telinga. Selain itu, ukurannya juga cukup besar dan tinggi. Jadi, daun telinga Anda tidak akan menempel pada permukaan driver headphone yang dilapisi dengan kain. Sebagai catatan, daun telinga yang tertekan cukup lama di dalam earcup headphone dapat menyebabkan sakit yang cukup menyengat.

Mic dapat dilepas untuk mendukung estetika
Mic dapat dilepas untuk mendukung estetika

Lapisan luar dari earcup tersebut juga tidak luput dari perhatian Cloud Core. Untuk menjaga kenyamanan ketika digunakan dalam waktu lama, earcup tersebut dilapisi oleh kulit halus. Penggunaan dalam waktu lama juga telah terbukti tidak menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar telinga. Bahan kulit tersebut juga terasa cukup nyaman ketika terkena keringat.

Bagian headband juga tidak luput dari faktor kenyamanan Cloud Core. Pada bagian headband tersebut, Anda dapat menemukan busa empuk dengan tipe yang sama seperti pada bagian earcup. Selain itu, bagian ini juga dilapisi oleh bahan kulit yang sama nyamannya dengan earcup. Jadi, bisa disimpulkan bahwa headphone ini sangat memperhatikan kenyamanan penggunanya, terutama ketika digunakan untuk waktu lama.

Arsitektur Mic membuat suara yang Anda ucapkan dapat ditangkap dengan jelas
Arsitektur Mic membuat suara yang Anda ucapkan dapat ditangkap dengan jelas
Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…