Konami Menggila! Tawarkan Asuransi Uang Nyata di MGS V!

Reading time:
October 6, 2015
METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN_20150906002649

Gila uang, dua kata ini memang terdengar kasar, namun tampaknya menjelaskan posisi Konami di industri game saat ini dengan sangat lugas. Kita tidak hanya membicarakan bagaimana mereka memutuskan untuk mulai berfokus di pasar mesin judi dan game mobile dengan mengesampingkan kualitas dan citra franchise raksasa mereka di masa lalu, tetapi juga kebijakan yang mereka terapkan untuk game-game teranyar racikan mereka. Microtransactions adalah salah satunya. Kesempatan untuk mempercepat atau meningkatan kualitas “permainan” Anda secara instan ini memang bukan barang baru lagi di industri game. Namun apa yang dilakukan Konami saat ini bahkan melewati batas tersebut dan bisa dibilang, lebih gila.

Bagi Anda yang belum tahu, Metal Gear Online memang tengah bersiap diluncurkan untuk pasar konsol saat berita ini ditulis. Update awal dan game data untuk mencicipi mode yang diantisipasi ini sudah mulai digulirkan. Konami juga memberikan tambahan beberapa update untuk memastikan pengalaman online yang lebih maksimal, termasuk fungsi FOB  – meta game andalan MGS V: The Phantom Pain. Berita buruknya? Microtransactions yang diklaim tak akan berpengaruh pada permainan secara langsung kini mulai berubah. Konami menawarkan sebuah Asuransi berbayar dengan uang nyata bagi Anda yang takut markas Anda luluh lantak “dijarah” massa.

Takut resource markas Anda dicolong player lain? Konami kini menawarkan asuransi yang bisa dibayar dengan uang nyata untuk ekstra keamanan. Asuransi ini akan berdurasi 30 hari!
Takut resource markas Anda dicolong player lain? Konami kini menawarkan asuransi yang bisa dibayar dengan uang nyata untuk ekstra keamanan. Asuransi ini akan berdurasi 30 hari!

Asuransi berdurasi 30 hari yang bisa dibeli dengan Motherbase Coin – yang notabene hanya bisa didapatkan lewat uang nyata atau bonus harian – ini akan memastikan bahwa resource dan prajurit andalan Anda yang dicuri tetap akan bertahan di markas Anda, apapun yang terjadi.

Alih-alih kehilangan mereka, prajurit FOB dan resource yang dicuri ini akan “digandakan” secara instan. Ini berarti, gamer manapun yang mencuri resource Anda akan mendapatkan hak mereka sementara dari sudut pandang Anda, resource tersebut akan bertahan di markas. Sebut saja jika FOB Anda berhasil diinfiltrasi dan seorang gamer berhasil mencuri 5.000 fuel. Ia tetap akan mendapatkan 5.000 fuel ketika misi berakhir dan 5.000 fuel yang sama tetap akan bertahan di tempat Anda. Hal yang sama juga berlaku untuk staff yang terluka, diculik, atau tewas ketika mempertahankan markas Anda. Mereka akan kembali.

Ini tentu saja sangat disayangkan. Mengapa? Karena mekanisme seperti ini bisa disebut sebagai sistem “pay to win” di dalam sebuah game berbayar penuh. Gamer yang punya uang lebih banyak dan berniat untuk menginvestasikannya di sistem asuransi seperti ini menjadi tak bisa “ditundukkan”. Parahnya lagi? Kini mereka juga bisa melenggang bebas masuk ke dalam markas player lain, mengacaukan dan mencuri resource mereka, tanpa perlu takut berhadapan dengan konsekuensi apapun. Seriously, Konami.. Seriously..

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…