Konami Menggila! Tawarkan Asuransi Uang Nyata di MGS V!

Reading time:
October 6, 2015
METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN_20150906002649

Gila uang, dua kata ini memang terdengar kasar, namun tampaknya menjelaskan posisi Konami di industri game saat ini dengan sangat lugas. Kita tidak hanya membicarakan bagaimana mereka memutuskan untuk mulai berfokus di pasar mesin judi dan game mobile dengan mengesampingkan kualitas dan citra franchise raksasa mereka di masa lalu, tetapi juga kebijakan yang mereka terapkan untuk game-game teranyar racikan mereka. Microtransactions adalah salah satunya. Kesempatan untuk mempercepat atau meningkatan kualitas “permainan” Anda secara instan ini memang bukan barang baru lagi di industri game. Namun apa yang dilakukan Konami saat ini bahkan melewati batas tersebut dan bisa dibilang, lebih gila.

Bagi Anda yang belum tahu, Metal Gear Online memang tengah bersiap diluncurkan untuk pasar konsol saat berita ini ditulis. Update awal dan game data untuk mencicipi mode yang diantisipasi ini sudah mulai digulirkan. Konami juga memberikan tambahan beberapa update untuk memastikan pengalaman online yang lebih maksimal, termasuk fungsi FOB  – meta game andalan MGS V: The Phantom Pain. Berita buruknya? Microtransactions yang diklaim tak akan berpengaruh pada permainan secara langsung kini mulai berubah. Konami menawarkan sebuah Asuransi berbayar dengan uang nyata bagi Anda yang takut markas Anda luluh lantak “dijarah” massa.

Takut resource markas Anda dicolong player lain? Konami kini menawarkan asuransi yang bisa dibayar dengan uang nyata untuk ekstra keamanan. Asuransi ini akan berdurasi 30 hari!
Takut resource markas Anda dicolong player lain? Konami kini menawarkan asuransi yang bisa dibayar dengan uang nyata untuk ekstra keamanan. Asuransi ini akan berdurasi 30 hari!

Asuransi berdurasi 30 hari yang bisa dibeli dengan Motherbase Coin – yang notabene hanya bisa didapatkan lewat uang nyata atau bonus harian – ini akan memastikan bahwa resource dan prajurit andalan Anda yang dicuri tetap akan bertahan di markas Anda, apapun yang terjadi.

Alih-alih kehilangan mereka, prajurit FOB dan resource yang dicuri ini akan “digandakan” secara instan. Ini berarti, gamer manapun yang mencuri resource Anda akan mendapatkan hak mereka sementara dari sudut pandang Anda, resource tersebut akan bertahan di markas. Sebut saja jika FOB Anda berhasil diinfiltrasi dan seorang gamer berhasil mencuri 5.000 fuel. Ia tetap akan mendapatkan 5.000 fuel ketika misi berakhir dan 5.000 fuel yang sama tetap akan bertahan di tempat Anda. Hal yang sama juga berlaku untuk staff yang terluka, diculik, atau tewas ketika mempertahankan markas Anda. Mereka akan kembali.

Ini tentu saja sangat disayangkan. Mengapa? Karena mekanisme seperti ini bisa disebut sebagai sistem “pay to win” di dalam sebuah game berbayar penuh. Gamer yang punya uang lebih banyak dan berniat untuk menginvestasikannya di sistem asuransi seperti ini menjadi tak bisa “ditundukkan”. Parahnya lagi? Kini mereka juga bisa melenggang bebas masuk ke dalam markas player lain, mengacaukan dan mencuri resource mereka, tanpa perlu takut berhadapan dengan konsekuensi apapun. Seriously, Konami.. Seriously..

 

Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…