Sistem Battle Final Fantasy XV Kembali Berubah!

Reading time:
October 1, 2015
FINAL FANTASY XV EPISODE DUSCAE_20150610084902

Ada sedikit rasa tenang ketika Hajime Tataba mulai memegang kendali proses pengembangan Final Fantasy XV dari tangan Testuya Nomura beberapa tahun yang lalu. Mengapa? Karena terlepas dari seberapa luar biasanya visi seorang Nomura, ia memang butuh waktu yang cukup lama untuk mewujudkannya. Hasilnya? Hampir 7 tahun penantian dengan informasi minim, proyek yang sempat mengambil nama “FF XIII Versus” tersebut bahkan sempat dirumorkan telah tewas. Kehadiran Tabata memberikan angin segar, apalagi ia secara konsisten melemparkan update soal proses pengembangan yang tengah berjalan, dari karakter, cerita, fitur, hingga beragam implementasi sistem baru yang ia terapkan. Hadirnya versi demo – Ep. Duscae yang bisa dicicipi gamer secara langsung adalah puncaknya.

Walaupun demikian, di sisi yang lain, ada kekhawatiran besar bahwa Square Enix tidak akan mampu memenuhi target rilis Final Fantasy XV sebelum tahun 2017 mendatang. Apa pasal? Karena  Tabata tampaknya terus menerus membenahi elemen permainan esensial yang seharusnya sudah final di tahap pengembangan seperti ini. Informasi terbaru mengkonfirmasikan bahwa Square Enix baru saja mengubah sistem pertarungan Noctis dkk dengan sesuatu yang baru. Ia tetap tampil seperti game action RPG open-world yang selama ini didengungkan, namun kini dengan penerapan sistem senjata dan serangan yang berbeda.

Hal ini dikonfirmasikan oleh Tabata sendiri di dalam forum resmi Final Fantasy XV. Anda yang sempat membaca impresi demo FF XV kami mungkin sudah punya gambaran soal sistem pertarungan yang ada. Dengan hanya dengan menahan tombol  kotak saja, Anda bisa melemparkan kombo serangan selama Anda menahannya. Beragam pedang dengan beragam efek disematkan di dalam sebuah sistem kombo serangan yang akan secara otomatis berganti ketika tiba di kombo tertentu. Hal ini tampaknya tidak akan kita temukan lagi di versi final FF XV nanti. Tabata memutuskan untuk membuang sistem pertukaran senjata otomatis ini.

Tidak lagi terjadi secara otomatis, sistem pertukaran senjata di dalam kombo serangan kini akan diserahkan sepenuhnya ke tangan gamer lewat d-pad sebagai perintah.
Tidak lagi terjadi secara otomatis, sistem pertukaran senjata di dalam kombo serangan kini akan diserahkan sepenuhnya ke tangan gamer lewat d-pad sebagai perintah.

Kini, gamer punya kebebasan untuk mengubah jenis senjata mereka di dalam kombo serangan secara manual, kapanpun dan dimanapun. Dengan menggunakan keempat tombol D-pad yang ada, senjata yang sudah Anda equip bisa diganti sesuai dengan keinginan Anda. Tabata menyebut bahwa sistem baru ini akan mencegah gamer harus berhadapan dengan pergantian sistem senjata di timing yang tidak tepat. Sistem seperti ini juga akan membuka peluang jauh lebih besar kepada gamer untuk menciptakan kombinasi sistem serangan mereka sendiri lewat pergantian senjata manual ini. Sebagai tambahan, serangan khusus seperti “Counter Attack” dan “Raid” juga akan beradaptasi dengan jenis senjata yang tengah digunakan oleh Noctis.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah perubahan sistem pergantian senjata dari otomatis menjadi manual ini adalah fitur yang sudah Anda tunggu-tunggu? Final Fantasy XV sendiri rencananya akan dirilis tahun 2016 mendatang, untuk Playstation 4 dan Xbox One.

Source: NovaCrystallis

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 28, 2021 - 0

Review Fatal Frame – Maiden of Black Water: Mengkilap, Menegangkan!

Apakah Koei Tecmo akan mengeksplorasi kembali Fatal Frame sebagai sebuah…
October 27, 2021 - 0

Review House of Ashes: Selangkah Lebih Baik!

Ambisius adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang tengah…
October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…