10 Karakter Guru Terkeren di Video Game!

Reading time:
November 25, 2015
toplist-guru-jagatplay

Selamat Hari Guru Nasional! Sebuah hari yang sayangnya, tak terasa terlalu istimewa. Jasa para pahlawan tanpa tanda jasa ini seringkali berakhir jadi sekedar perayaan klise dengan upacara di sekolah, namun tak berakhir jadi sesuatu yang punya kontribusi positif untuk kehidupan mereka. Kehidupan para pengajar dan pendidik yang jadi benteng kedua setelah keluarga untuk membangun generasi masa depan bangsa memang terus jadi bahan perbincangan hangat, terlepas dari kekuasaan yang terus berganti. Tribute terbesar tentu saja mengarah kepada guru yang mendedikasikan ilmu mereka untuk mengajari anak-anak di pelosok Nusantara tanpa menjadikan pendapatan sebagai fokus utama. Sebuah dedikasi yang tak bisa dilakukan semua orang, termasuk kami.

Guru juga jadi bagian yang tidak terpisahkan dari banyak franchise raksasa video game. Walaupun tak selalu mengajarkan sesuatu yang positif, karakter Guru atau mentor ini biasanya diproyeksikan sebagai karakter lebih tua yang punya fungsi membimbing atau mengajarkan sesuatu yang esensial kepada karakter utama. Pengaruh mereka yang lah membuat karakter utama kita melakukan banyak aksi ikonik dan berperan seperti apa yang kita  inginkan, walaupun beberapa di antaranya berujung klise dan justru berbalik menjadi sosok yang harus kita taklukkan di akhir cerita. Mereka mengajarkan tak hanya kemampuan bertarung, tetapi juga beragam ideologi yang jadi landasan pemikiran. Karakter-karakter yang selalu menawarkan sesuatu yang menarik.

Dari semua karakter guru / mentor yang sempat muncul di semua video game yang ada, siapa sajakah yang pantas untuk mendapatkan predikat sebagai yang paling keren? Berikut adalah list versi JagatPlay:

  1. Van Grants [Tales of the Abyss]

van grants

Menjadi salah satu ahli pedang terbaik di semesta Tales of the Abyss sekaligus diperkuat sebagai karakter yang punya kemampuan kepemimpinan yang tiada duanya, Van Grants adalah sebuah bukti nyawa bahwa guru tak selamanya akan berakhir jadi karakter yang bisa diikuti sepak terjangnya di video game. Ia jadi tumpuan karakter utama kita – Luke fon Fabre untuk belajar kemampuan pedang pas-pasannya, sekaligus jadi tumpuan tokoh idola yang selalu ia junjung tinggi. Van Grants terasa spesial sebagai sosok seorang guru, karena terlepas dari semua rencana gila yang ia lemparkan, ia hidup dengan nilai dan ideologi yang ia pegang teguh, layaknya seharusnya seorang pendidik.

  1. Landon Ricketts [Red Dead Redemption]

landon ricketts

Apa yang membuat karakter John Marston tampil sebagai salah satu karakter paling badass di sepanjang sejarah industri game? Bukan hanya karena kemampuannya untuk secara intensif “menyelesaikan” masalah di dunia Barat yang liar dengan senjata dan laso “saktinya”, tetapi juga karena akurasinya yang siap untuk membuat kepala siapapun yang mengarahkan senjata kepadanya berakhir pecah dengan isi yang terburai keluar. Dan siapa yang mengajarkan hal tersebut kepadanya? Benar sekali, Landon Ricketss. Walaupun lebih tepat untuk disebut sebagai  rekanan daripada seorang mentor, Landon lah yang mengajarkan Dead-Eye kepada Marston dan sekaligus memberikannya varian senjata yang lebih baik. Kecepatan menembak Marston yang legendaris menurun dari Landon yang punya sepak terjang luar biasa di masa lalu.

  1. Ezio Auditore da Firenze [Assassin’s Creed Chronicles: China]

ezio embers

Ezio? Benar sekali, sebagian besar dari kita mungkin lebih mengenal sosok Ezio sebagai karakter Assassin terbaik di sepanjang sejarah eksistensi franchise open-world andalan Ubisoft – Assassin’s Creed. Lewat tiga seri – AC 2, AC Brotherhood, dan AC Revelation, kisahnya akhirnya selesai dengan misteri yang lebih besar namun dengan jalinan cerita yang begitu padat dan cukup membuat penasaran. Namun Ezio tak selalu muda. Ketika menua dan mulai berkeluarga, Ezio yang lalu dikenal sebagai Master Assassin legendaris ini akhirnya menjadi guru. Ia lah yang mengajarkan Shao Jun – Assassin wanita asal negeri Tiongkok yang hendak menggulingkan kekuasaan Templar di sana. Peran Ezio sebagai guru sendiri dimulai dari versi film CGI – Assassin’s Creed Ember  dan kemudian diperkuat di seri game spin-off, Assassin’s Creed Chronicles: China. Walaupun tak lagi seaktif ketika ia muda, Ezio punya pemikiran dan peran sebagai seorang Assassin yang tidak tergantikan.

  1. Victor Sullivan [Uncharted]

sullivan

Guru yang baik adalah mereka yang tak sekedar mengajar Anda dengan kata-kata, tetapi juga membimbing Anda lewat perbuatan nyata. Ini mungkin tipe pengajaran yang dilakukan Victor Sullivan ketika ia “mengangkat” Nathan  Drake – karakter utama Uncharted sebagai muridnya. Sullivan tak hanya mengasah kemampuan Drake untuk jadi penjelajah yang jauh lebih baik, tetapi juga menjadi suara yang lebih berimbang selayaknya seorang ayah. Kerennya lagi? Terlepas dari usianya yang kian menua dengan fisik yang tak lagi banyak mendukung dan ancaman yang secara konsisten hadir, Sullivan tak pernah meninggalkan sisi Nathan Drake sekalipun, baik ketika bahagia ataupun sulit. Ia jadi sosok guru yang selalu bisa diandalkan.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…