Beda Dengan Konami, SNK Justru Tinggalkan Bisnis Mesin Judi

Reading time:
November 5, 2015

Sudah bukan rahasia lagi tampaknya kalau Konami saat ini memang bukan lagi Konami sama yang melahirkan lusinan game-game keren di era kejayaan Playstation pertama di masa lalu. Konami sekarang adalah Konami yang bertindak dan berpikir layaknya sebuah bisnis raksasa, sebuah industri yang hanya memikirkan satu kata – keuntungan. Semua hal yang mereka anggap menguntungkan jadi fokus, sementara yang berujung pada investasi besar dan  butuh waktu balik modal yang lama ditinggalkan. Sayangnya, video game termasuk kategori kedua ini. Sebagai solusi untuk mengejar uang lebih cepat, Konami berfokus di game mobile dan mesin judi pachinko. Sesuatu yang juga tengah ditempuh SEGA.

Namun siapa yang menyangka, di tengah godaan perputaran uang miliaran USD tiap tahunnya di mesin judi Pachinko untuk wilayah Jepang, salah satu developer game klasik yang juga sempat terjun di bisnis yang sama justru memilih untuk menyudahinya. Benar sekali, kita tengah membicarakan SNK Playmore – otak di balik franchise sekelas King of Fighters dan Metal Slug. Perusahaan Jepang ini secara resmi mengumumkan perubahan fokus bisnis, dari mesin pachinko yang sudah mereka giati sejak tahun 2004 silam, kembali ke video game! Mereka akan mulai mengembangkan lebih banyak game konsol dan smartphone di masa depan.

Berbeda dengan Konami yang fokus ke mesin pachinko, SNK Playmore justru memutuskan untuk menyudahinya dan kembali menciptakan video game.
Berbeda dengan Konami yang fokus ke mesin pachinko, SNK Playmore justru memutuskan untuk menyudahinya dan kembali menciptakan video game.

SNK sendiri menyebut bahwa pasar pachinko saat ini memang tidak stabil. Tak hanya penurunan permintaan, namun perubahan peraturan yang terus dilakukan pemerintah Jepang membuat bisnis ini tak pasti. Oleh karena itu, mereka lebih memilih untuk mematikan semua usaha terkait mesin judi yang satu ini.

Seperti yang kita tahun, SNK Playmore saat ini memang tengah mengembangkan The King of Fighters XIV yang rencananya akan meluncur tahun 2016 mendatang untuk Playstation 4. Well, welcome back SNK..

Source: Siliconera

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

February 26, 2021 - 0

Review NBA 2K21 (Next-Gen): Nombok Dong! Nombok Dong!

Anda yang secara aktif mengikuti JagatPlay sepertinya sudah mengetahui bagaimana…
February 25, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Hardware): Si Bongsor yang Buas!

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat soal kekhawatiran tidak…
February 20, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Software): Indah, Elegan, Cepat!

Diskusi terkait konsol generasi terbaru memang lebih banyak didominasi soal…
February 17, 2021 - 0

Menjajal BETA Guilty Gear Strive: Siap Menjadi yang Terbaik!

Seperti halnya posisi Codemasters di dunia game racing, nama Arc…

Nintendo

March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.